Laris Manis, Bus Listrik Karya Anak Bangsa Kebanjiran Pesanan Hingga 200 Unit

Oleh : Ridwan | Selasa, 06 Maret 2018 - 09:40 WIB

PT Mobil Anak Bangsa segera produksi massal bus listrik merek MAB (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)
PT Mobil Anak Bangsa segera produksi massal bus listrik merek MAB (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Bus listrik besutan Jendral TNI (Purn) Moeldoko yang disebut bakal menjadi transportasi massal Indonesia masa depan akan semakin terwujud. Hal ini menyusul ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dengan sejumlah pihak.

Nota Kesepahaman tersebut diantaranya dilakukan dengan China Trustfull Group Limited, yang akan bekerja sama dalam hal kendaraan listrik termasuk produksi kendaraan dengan energi terbarukan.

Penandatanganan kerja sama juga dilakukan antara PT MAB dengan PT. Angkasa Pura II (Persero). Kerja sama ini mengenai perencanaan kerja sama uji coba layanan operasi bus listrik MAB di Bandara Soekarno-Hatta.

Tidak hanya kerja sama untuk penyempurnaan prototype bus listrik Mobil Anak Bangsa dan uji coba, pada ajang GIICOMVEC 2018 juga dilakukan penandatanganan MoU dengan sejumlah Perusahaan Organda yang melakukan pemesanan unit Bus Listrik MAB.

Adapun Perusahaan Organda yang melakukan penandatanganan pemesanan unit Bus Listrik adalah dari PT Steady Safe TBK dan PT. Infinity Mitra Utama. Penanda tanganan yang dilakukan oleh PT Steady Safe TBK adalah pemesanan Bus Listrik MAB, sedangkan untuk PT. Infinity Mitra Utama adalah kerja sama penjualan dealership MAB.

Selain Steady Safe, pemesanan unit juga dilakukan oleh PT. Pahala Kencana yang memesan 150 unit Bus Listrik MAB serta PO. Sabar Subur yang memesan 50 unit Bus Listrik MAB.

Terkait perjanjian kerja sama dan pemesanan 200 unit Bus Listrik dari berbagai pihak disambut gembira oleh Jenderal (Purn) Moeldoko selaku Founder PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Hal ini dikatakannya menunjukkan bukti bahwa bangsa Indonesia bisa mewujudkan sebuah impian bersama.

"Saya kira hari ini adalah hari yang sangat berbahagia. Sebuah impian kita bersama untuk dapat menghadirkan Mobil Anak Bangsa yang sepenuhnya 100 persen menggunakan listrik. Teknologinya sudah kita kuasai karena kita sudah melakukan transfer of technology dan transfer of knowledge yang dilakukan beberapa waktu lalu. Sehingga anak-anak kita ini sudah bisa kawal secara mandiri untuk menjalankan Mobil Anak Bangsa," ujar Moeldoko yang juga menjabat Kepala Staf Presiden (KSP) di Jakarta, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan sangat bersungguh-sungguh untuk menghadirkan mobil anak bangsa yang dapat menjadi milik bersama. Untuk itu ia mengajak berbagai pihak, menantang anak muda Indonesia untuk ikut berkontribusi dan berpartisipasi dalam menghadirkan inovasi dalam pengembangan mobl anak bangsa.

"Saya siapkan 5 persen saham untuk siapapun yang ikut berpartisipasi, bergabung bersama kami. Apapun itu, baik untuk desain, pengembangan teknologi dan lainnya. Saya yakin kalian punya semangat yang sama untuk membangun bagi bangsa Indonesia, ujarnya.

Jika dibandingkan dengan bus konvensional pada umumnya, Bus Listrik memiliki efisiensi yang tinggi. Jika bus yang menggunakan bahan bakar minyak bisa mencapai Rp 2.000 untuk per kilometernya,maka bus listrik hanya Rp 800 per kilometer. Efek emisi juga berbanding jauh. Bahkan bus listrik nol emisi. Dan yang ketiga, bus listrik juga zero maintenance.

"Karena bus listrik tidak menggunakan oli, sehingga efisiensi tinggi. Kita harapkan dengan ini kota akan semakin clean, bersih," katanya.

Saat ini, ujar Moeldoko, PT MAB masih akan fokus pada pengembangan bus listrik. Namun ke depannya juga akan menghadirkan mobil dan lainnya. Termasuk mobil listrik murah yang diperuntukkan bagi petani.

"Nantinya bus listrik ini kita targetkan dapat digunakan di perhelatan IMF World Bank dan juga Asian Games sebagian menggunakan bus listrik," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…