Indonesia Akan Menjadi Tuan Rumah di Indonesia International Welding Forum 2018

Oleh : Hariyanto | Selasa, 06 Maret 2018 - 08:54 WIB

Ilustrasi pengelasan
Ilustrasi pengelasan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan dari publik internasional dengan terpilih menjadi tuan rumah The 71st IIW Annual Assembly & International Conference 2018 (IIW 2018). 

Kegiatan ini merupakan program tahunan International Institute of Welding (IIW) yang mempertemukan para pelaku industri pengelasan di seluruh dunia. 

IIW 2018 akan dilaksanakan pada 15 – 20 Juli 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali. Tema yang diangkat pada IIW 2018 kali ini adalah, Advanced Welding and Smart Fabrication Technologies for Efficient Manufacturing Processes.

Terpilihnya Indonesia juga menjadi pengakuan atas kemampuan para pelaku industri pengelasan Indonesia di mata dunia. 

“Ini merupakan kesempatan yang baik untuk memperkenalkan kemampuan para pengelas Indonesia ke mata dunia sekaligus menunjukkan perkembangan industri pengelasan kita ke publik internasional," kata Presiden Asosiasi Pengelasan Indonesia (API), Achdiat Atmawinata melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (6/3/2018).

API merupakan organisasi yang menaungi seluruh pekerja, lembaga, industri atau perusahaan yang bergerak di bidang pengelasan. "Para pengelas Indonesia sejak lama telah dikenal sebagai salah satu yang terbaik, atau bahkan yang terbaik, di dunia,” kata Achdiat.
 
Achdiat mengatakan bahwa dipilihnya Bali sebagai tempat acara menunjukkan kepercayaan publik internasional atas keamanan kondisi di Bali di tengah kekhawatiran akan erupsi Gunung Agung. 

Ia menyatakan pihak panitia terus berkoordinasi dengan badan-badan terkait untuk memastikan kelancaran acara dan kenyamanan para delegasi peserta IIW 2018. Pihak panitia juga telah menyiapkan contingency plan yang cukup komprehensif.

IIW 2018 akan menghadirkan berbagai pembicara dari seluruh dunia untuk membahas teknologi dan tren terkini di bidang pengelasan. 

Selain Annual Assembly, IIW 2018 juga akan mengelar konferensi internasional sebagai forum untuk menjalin jejaring dan saling bertukar pengetahuan antar para pelaku industri pengelasan. 

Beberapa topik yang akan dibahas pada sesi konferensi antara lain: Advanced Welding Processes and Technologies, Welding Automation and Simulations, Design and Fabrication, Inspection and Quality Assurance of Welded Products, Corrosion and Surface Protection of Welding, Personnel Development and Qualifications, Bussiness Aspect of Welding, Special Sessions in Maritime, dan Transportation and Offshore Industries. 

Saat ini panitia masih membuka kesempatan kepada para peserta/calon pembicara untuk mengirimkan makalah mereka terkait industri pengelasan, khususnya terkait bidang-bidang di atas.

Menurut Achdiat peluang kerja di bidang pengelasan masih sangat terbuka lebar. Masih banyak perusahaan dalam dan luar negeri yang mencari ahli pengelasan berkualitas. Di Indonesia sendiri sektor industri diperkirakan membutuhkan 5 ribu tenaga pengelas setiap tahunnya. Upaya menambah jumlah dan kualitas tenaga kerja pengelasan di Indonesia terus dilakukan oleh pemerintah serta organisasi terkait.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…