Ini Alasan Rizal Ramli Siap Bersaing dengan Jokowi di Pilpres 2019

Oleh : Herry Barus | Senin, 05 Maret 2018 - 17:02 WIB

Presiden Jokowi dan Dr Rizal Ramli (Foto Dok Industry.co.id)
Presiden Jokowi dan Dr Rizal Ramli (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tokoh nasional Dr. Rizal Ramli menjadi tokoh kedua setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah mendeklarasikan sebagai bakal calon presiden pada gelaran Pilpres 2019.

Presiden Jokowi resmi diusung oleh PDIP sebagai capres di Pemilu 2019 dalam rapat kerja nasional (Rakernas) ketiga di Bali, Jumat (23/2/2018). Sebelumnya, deklarasi dukungan pencapresan Jokowi telah diberikan empat partai lain, seperti Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura. Dengan dukungan PDIP dan koalisi jumbonya, modal politik Jokowi menuju RI-1 untuk yang kedua kalinya semakin super.

Nah, deklarasi Rizal Ramli ini disampaikan dalam suasana santai di kediaman pribadinya, Jalan Bangka IX No. 49R, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (5/3/2018).

“Saya siap untuk memimpin Indonesia agar lebih baik dan lebih adil dan makmur,” tegas Rizal.

Bukan tanpa alasan Rizal meyakinkan dirinya untuk maju. Sebagai aktivis di masa mudanya, cukup banyak ide untuk bangsa yang ia sampaikan tetapi hanya dipakai untuk bahan pencitraan.

“Ide tentang perbaikan Indonesia baik dari politik, ekonomi dan kebangsaan kami jelaskan secara terbuka. Banyak yang menggunakannya hanya sebagai bahan kampanye dan pencitraan, tetapi sedikit sekali yang dilaksanakan,” paparnya.

“Untuk itulah setelah saya pertimbangkan, maka ide tersebut harus dilaksanakan sendiri dan saya siap memimpin Indonesia pada 2019-2024,” tukas Rizal menambahkan.

Rizal Ramli punya alasan kenapa berani mendeklarasikan diri menjadi bakal calon Presiden pada Pilpres 2019. Dia mengamati bagaimana kondisi bangsa saat ini di mana ekonomi tumbuh stagnan pada angka 5 persen dengan melimpahnya SDA.

Atas dasar itu lah dia yakin dengan maju sebagai pemimpin bangsa maka kesejahteraan akan kembali dirasakan rakyat Indonesia.

“Saya siap memimpin Indonesia pada 2019-2024, kami yakin ekonomi Indonesia bisa kita tingkatkan ke 10 persen 2019-2024,” tegas pria yang akrab disapa RR.

Rizal sendiri adalah Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur. Rizal menjadi menteri selama 21 bulan di pemerintah Gus Dur. Prestasi yang menjadi kebanggaan kala itu adalah keberhasilan menumbuhkan ekonomi dari minus tiga persen menjadi 4,5 persen. Termasuk juga pengurangan hutang negara sebesar 4,15 miliar dolar. Kenaikan nilai ekspor hingga dua kali lipat dan kenaikan gaji PNS dua kali atau setara 125 persen. Begitu pula catatan cemerlang gini index 0,32 atau terendah sepanjang sejarah.

Dia kemudian menjadi Menko Kemaritiman era Presiden Jokowi. RR yang dikenal sebagai tokoh yang menerapkan ekonomi kerakyatan, belakangan memang kerap melakukan blusukan dan safari politik.

Terakhir, tokoh yang dekat dengan NU-Muhammadiyah dan pernah jadi penasihat ekonomi di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini, bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat SBY dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…