Pentas WO Sriwedari Trisara Tinayuh Sarat Pesan Bagi Pemimpin Masa Kini

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 05 Maret 2018 - 10:27 WIB

Adegan Pentas wayang Orang Sriwedari Solo dengan Lakon "Trisara Tinayuh" di Teater Kautaman Pd Gede Minggu, 4/3 '18
Adegan Pentas wayang Orang Sriwedari Solo dengan Lakon "Trisara Tinayuh" di Teater Kautaman Pd Gede Minggu, 4/3 '18

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Para pemimpin negara kita yang saat ini tengah dipuncak kekuasaan diharapkan untuk tidak melupakan tugasnya sebagai pemimpin yang harus mengayomi seluruh masyarakatnya. Sebab jika sudah lupa, maka bukan tidak mungkin akan terjadi kekacauan dan juga pemberontakan bagi mereka yang tertindas. Demikian pesan moral yang disampaikan lewat pergelaran wayang orang Sriwedari dari Solo yang berpentas di Teater Kautaman, Museum Pewayangan, TMII, Minggu, 4 Maret 2018.

Agus Prasetyo S.Sn selaku sutradara pementasan mengaku bahwa cerita Trisara Tinayuh merupakan Carangan (pengembangan) dari berbagai cerita pakem pewayangan yang sudah dikenal selama ini. “Ini memang carangan, tetapi kita pentaskan karena konstekstual dengan keadaan saat ini dimana banyak pemimpin yang lupa diri ketika sudah menjabat,” kata Agus yang dalam pentas berperan sebagai Prabu Kresna.

Agus lantas mengisahkan bahwa cerita bertolak dari saat Arjuna telah memiliki tiga pusaka utama (Trisara) yakni Pasopati, Pulanggeni, dan Sarotama yang berarti telah memiliki Jati diri, Kebijaksanaan dan Keteguhan. “Namun ada masa Arjuna yang merasa telah mencapai titik kemuliaannya menjadi lupa diri. Dan ini membuat banyak yang mendendam dan berusaha menghancurkan kerajaan ksatria Madukara.”

Parahnya, lanjut sang Sutradara muda lulusan ISI ini, saat tiga pusaka ini raib, Arjuna malah menyalahkan orang-orang disekellingnya. “ Dan tentu saja akhirnya terjadi kekacauan di dalam ksatria. Apalagi ditambah dengan kehadiran Gondang Jagad dan Gondang Buwana yang terus mencari Arjuna yang diakui sebagai ayah kandungnya.”

Pementasan yang berangsung 2,5 jam ini menampilkan koreografi yang apik dan rapih. Harus diakui bahwa wayang orang Sriwedari yang tekun mengadakan pertunjukan menjadi salah satu kelompok wayang orang yang sudah mapan.

Di tambah dukungan dari wanita pengusaha dan pencinta seni, Eny Sulistyowati Spd, SE, MM di bawah bendera Tri Ardhika Production pertunjukan semakin berkualitas. “Pergelaran ini melibatkan sebagian besar tim kreatif dan pemain dari kelompok seni Wayang Orang (WO) Sriwedari dari Solo, dan para seniman alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Ada sekitar 150 seniman, dari mulai tim kreatif, Dalang, Sutradara, aktor dan aktris panggung, Pengrawit (Pemusik), Swarawati (penyanyi), dan pendukung lainnya, terlibat dalam pementasan ini,” terang Eny Sulistyowati, yang juga berperan sebagai Dewi Sembadra.

Eny yang juga menjabat sebagai kepala Humas Senawangi (Sekertariat Nasional Pewayangan Indonesia) mengatakan bahwa kegiatan pementasan wayang, apapun bentuknya, harus mendapat dukungan dari pemerintah. “Beruntung pemda Kota Solo memiliki perhatian penuh terhadap WO Sriwedari yang sudah dianggap salah ikon kota Solo. Apalagi disana juga ada Institut Seni Indonesia yang melahirkan banyak seniman yang  harus disalurkan bakatnya,” ujar Eny. (AMZ)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.