23 Turbin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap Siap Beroperasi

Oleh : Hariyanto | Senin, 05 Maret 2018 - 08:36 WIB

PLTB Sidrap
PLTB Sidrap

INDUSTRY.co.id -Jakarta - Sebanyak 23 dari 30 turbin/kincir angin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap telah siap beroperasi. Listrik yang di hasilkan ini nantinya akan di alirkan ke pelanggan oleh PLN melalui jaringan PLN on grid.

Dikutip dari laman resmi kementerian ESDM, Senin (5/3/2018) menyebutkan, dengan kapasitas 75 MW dari total 30 turbin, listrik yang dihasilkan dapat mengaliri kurang lebih 6.700 s.d 7.200 pelanggan listrik 1300 VA.

Data PLN menyebutkan, listrik yang dihasilkan PLTB Sidrap ini akan menopang 6% kebutuhan listrik wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Palu.

Disamping itu, dengan bertambahnya pembangkit baru termasuk PLTB Sidrap, cadangan listrik PLN di Sulawesi Bagian Selatan ini bertambah menjadi 500 MW. Dengan daya mampu PLN sebesar 1.300 MW dan beban puncak sebesar 1.0050 MW

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana menyambut baik progress ketenagalistrikan PLTB Sidrap ini. Dalam kunjungannya, Rida menilai PLTB Sidrap merupakan bentuk wujud nyata komitmen pemerintah mewujudkan energi mix sebesar 23% pada tahun 2020.

"Jadi ini jadi kebanggaan kita juga dan sekaligus juga menjadi bukti bahwa pemerintah serius mengembangkan energi baru terbarukan," ungkap Rida.

Rida menambahkan, saat ini pengembangan PLTB Sidrap di luas lahan 100 ha ini merupakan tahap pertama. Tahap kedua juga akan dibangun PLTB serupa dengan kapasitas 50 MW yang lokasinya tidak jauh dari lokasi tahap pertama ini.

Rida juga berharap daerah lain juga dapat segera mengembangkan potensi EBT nya, mengingat potensi EBT di Indonesia masih sangat besar. "Wind ini potensinya itu lebih dari 60 GW, bandingkan ini hanya 75 MW. Jadi masih begitu banyak tempat di Indonesia yang bisa dikembangkan seperti halnya di Sidrap ini," jelas Rida

Sementara, salah satu kontraktor PLTB sidrap, Niko Priyambada yang merupakan Senior Project Developer PT UPC Renewable mengungkapkan, selama masa pembangunan PLTB Sidrap tidak ada permasalah berarti. Penerimaan masyarakat terhadap pembangunan PLTB Sidrap sangat baik, dan proses pembebasan lahan berjalan dengan lancar.

Niko mengatakan, dengan adanya PLTB Sidrap ini perekonomian masyarakat sekitar menjadi semakin meningkat. "Dengan tambahan listrik di jaringan Sulawesi Selatan ini diharapkan akan masuk investor-investor baru yang mendapat keyakinan yang lebih tinggi lagi akan adanya pasokan listrik yang bertambah dan stabil di kawasan Sulawesi Selatan. Dan bisa menggerakkan roda pembangunan dan investasi yang selama ini terpusat di bagian barat Indonesia bergeser ke arah timur" katanya.

PLTB Sidrap merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu komersial pertama dan terbesar di Indonesia. PLTB Sidrap kini memiliki 30 turbin dengan masing-masing turbin berkapasitas 2,5 MW. PLTB ini dibangun di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sindendreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…