14 Tahun SBXbank, Siap Tancapkan Kuku di Indonesia

Oleh : Irvan AF | Sabtu, 14 Januari 2017 - 20:37 WIB

Business Development Manager Smart Banking Exchange (SBX) Farlindiani Burhanudin (dari kanan), bersama Head Of Creative Technologi Yanuar Vollyansyah mencoba membuka layanan aplikasi selepas penjelasannya, di Jakarta, Rabu (28/12). (Rizki Meirino/IN
Business Development Manager Smart Banking Exchange (SBX) Farlindiani Burhanudin (dari kanan), bersama Head Of Creative Technologi Yanuar Vollyansyah mencoba membuka layanan aplikasi selepas penjelasannya, di Jakarta, Rabu (28/12). (Rizki Meirino/IN

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Smart Banking Exchange (SBXbank) sebuah perusahaan teknologi finansial (fintech) berbasis mata uang universal berbentuk koin atau cryptocurrency diam-diam menancapkan kukunya di Indonesia.

Beberapa produk teknologi keuangan tengah digodok oleh sekira 50 pekerja Indonesia. Dengan nilai investasi sebesar Rp100 miliar, SBXbank akan mendirikan situs jual-beli online (marketplace). SBX yang telah ada di 13 negara itu berencana mengembangkan sayap di negara-negara lainnya, seperti China, Filipina, Vietnam, Kamboja, Timur Tengah, dan Eropa. Saat ini, SBX Bank telah ada di Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan negara-negara lainnya.

Melalui bendera PT Solarcity Kapital Indonesia dan merek dagang SBXbank, SBX mengklaim sebagai bank kripto-digital pertama di Indonesia. Perusahaan ini juga akan menyediakan layanan keuangan online. Saat ini SBXbank akan bekerjsama dan sbx akan kerjasama dan siap ikut peraturan Otoritas Jasa Keuangan(OJK) terkait regulasi fintech.

"SBXbank telah beroperasi di Jakarta selama tujuh bulan. Kehadiran kami di Indonesia untuk menyiapkan produk teknologi finansial yang berbeda dari yang sudah ada. Mungkin bisa dibilang ini adalah sebagai yang pertama kali di dunia," ujar Country General Manager SBXbank Indonesia Farlindiani Burhanudin kepada INDUSTRY.co.id, Sabtu (14/1/2017).

Perempuan yang akrab disapa Lindia itu mengungkapkan perusahaannya adalah bank kripto-digital pertama di dunia. SBXbank memang sudah dikenal di Eropa, Timur Tengah dan Singapura sebagai penerbit kartu dan bank tempat menyimpan mata uang kripto. Beberapa prestasi tingkat dunia bahkan pernah diraih SBXbank sejak berdirinya pada 14 Januari 2003.

"Jadi selama 14 tahun berdiri, kami telah dikenal di seluruh dunia sebagai perusahaan pertama yang menjalankan layanan keuangan digital dengan mata uang kripto."

"Kami pernah dinominasikan dalam list Forbes CEO Global 2014-2016, dan turnover bisnis kami selama 14 tahun mencapai US$500 juta," tutur Lindia usai menyerahkan santunan kepada anak yatim dalam rangka memperingati HUT ke-14 SBXbank.

Mengenai produk yang tengah disiapkannya, Lindia belum mau merincinya secara jelas.

"Situs dan aplikasi marketplace-nya sedang kami persiapkan. Seperti halnya situs toko online, nanti akan ada banyak banrang yang dijual di sana. Tidak hanya gadget dan barang grocery, kami juga akan menyediakan barang high end untuk kalangan atas. Namun bedanya, situs dan aplikasi yang akan diluncurkan akhir Februari nanti adalah sistem pembayarannya," tukas Lindia.

SBXbank memang memiliki sistem mata uang sendiri yang disebut mata uang kripto. Aktivitasi jual-beli di toko online itu nantinya akan menggunakan mata uang koin SBX.

Tidak hanya transaksi jual-beli, lanjut Lindia, di marketplace SBXbank pun para pengguna bisa melakukan aktivitas ekonomi lainnya seperti simpan-pinjam, dan kredit. Yang tentu saja menggunakan mata uang kripto.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.