BJB Optimis Masuk 10 Bank Terbaik Indonesia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Januari 2017 - 13:29 WIB

Gedung PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) (cikalnews.com)
Gedung PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) (cikalnews.com)

INDUSTRY.co.id - Bandung-Bank  bjb Tbk terus menggenjot pembenahan sumber daya manusianya sebagai salah satu strategi untuk bisa menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja terbaik di Indonesia.

"Saat ini bank bjb masih berada dalam posisi 14 bank terbesar di Indonesia. Dan kami optimistis bisa menjadi 10 bank terbesar dan berkinerja terbaik di Indonesia," kata Senior Vice President Divisi Corporate Secretary Hakim Putratama kepada Antara, Jumat. (13/1/2017)

Bank bjb yang memiliki kode emiten BJBR ini terus meningkatkan performanya dalam hal pengelolaan perusahaan yang baik, termasuk dalam hal pengembangan karyawannya.

"Bank bjb selalu menanamkan kepada seluruh karyawannya untuk berpegang teguh pada corporate values, semakin kuat sebuah corporate values semakin besar dorongan para karyawan untuk maju bersama dengan perusahaan sehingga diharapkan dapat mengawal visi dan misi perusahaan," katanya Hakim.

Ia mengatakan agar masuk 10 besar maka ank bjb telah melakukan beberapa perubahan, salah satunya perubahan budaya perusahaan dan budaya perusahaan tersebut mencerminkan semangat bank bjb dalam menghadapi persaingan perbankan yang semakin ketat dan dinamis.

Menurut dia, nilai-nilai budaya perusahaan (corporate values) yang telah dirumuskan yaitu GO SPIRIT yang merupakan perwujudan dari Service Excellence, Professionalism, Integrity, Respect, Intelligence, Trust.

"Setiap karyawan harus paham dan dapat mengaplikasikan nilai-nilai perusahaan tersebut pada seluruh kegiatan operasional perusahaan," katanya.

Sementara untuk nilai-nilai perusahaan tersebut, Hakim memaparkan ini dijabarkan dalam 14 perilaku utama yang diantaranya adalah ramah, tulus kekeluargaan, kompeten bertanggung jawab, peduli pada lingkungan, fokus pada nasabah hingga menjaga citra bank dengan tindakan dan perilaku terpuji.

"Panduan untuk pelaksanaan budaya perusahaan ini telah tersusun dalam Pedoman Budaya Perusahaan bank bjb," ujarnya.

Hakim menuturkan jika bank bjb telah melakukan beberapa langkah sebagai upaya sosialisasi corporate values dna proses sosialisasi tersebut dibantu pula oleh Change Leaders dan Change Agents yang telah ditunjuk di seluruh unit kerja untuk dapat mensosialisasikan perubahan budaya kepada unit kerjanya masing-masing.

Program-program yang telah dilaksanakan antara lain pembentukan tim internalisasi budaya yang terdiri dari change sponsors, change leaders, change agents, dan change targets, serta Divisi Change Management Office sebagai divisi yang bertanggung jawab dalam proses internalisasi budaya secara keseluruhan.

"Training dan sosialisasi kepada Change Leaders & Change Agents (Batch I,II, dan III). Sampai survei budaya perusahaan untuk mengetahui dan mengevaluasi tingkat pengetahuan, pemahaman, persepsi kepentingan, dan keyakinan para pegawai terhadap proses transformasi organisasi dan budaya perusahaan," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan agar corporate values tersebut dapat diimplementasikan oleh seluruh jajaran organisasi bank bjb dalam setiap aktivitas sehari-hari, maka akan dilakukan upaya internalisasi nilai-nilai budaya melalui program-program budaya antara lain, training lanjutan bagi change agents dan change leaders, workshop Cristalizing Concept reformulasi strategi transformasi bank bjb, lalu mendorong setiap unit kerja untuk memiliki program budaya, lalu mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam HR system.

"Dan proses perubahan budaya bukanlah suatu hal yang mudah, namun dengan adanya komitmen yang kuat dari seluruh jajaran organisasi bank bjb terutama top management, maka bank bjb optimis dapat melakukan transformasi dan mencapai visi dan misinya," kata dia.(Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…