PHRI Papua, Pesimis Target Hunian Hotel Tahun 2018 Tercapai

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 17:00 WIB

Salah Satu Wisata di Yepase, Pantai Wasu berada di Kampung Yepase, Kecamatan Deparre, Kabupaten Jayapura, Papua (al_joef/Instagram)
Salah Satu Wisata di Yepase, Pantai Wasu berada di Kampung Yepase, Kecamatan Deparre, Kabupaten Jayapura, Papua (al_joef/Instagram)

INDUSTRY.co.id, Jayapura - Pengurus Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Papua mengaku pesimis target hunian hotel 2018 bisa tercapai meskipun merupakan tahun politik atau adanya pelaksanaan Pilkada di provinsi dan tujuh kabupaten.

"Tahun politik ada baiknya, tetapi sebentar lagi (pada Mei 2018) sudah masuk Ramadhan, setelah itu libur sekolah, itu yang mempengaruhi okupansi," ujar Sekretaris Umum PHRI Papua, Salim, di Jayapura, Jumat, (2/3/2018).

Ia menjelaskan penyelenggaraan pilkada dan menjelang Ramadhan sangat mempengaruhi kegiatan pemerintahan yang selama ini masih menjadi pangsa pasar utama bisnis perhotelan.

"Tingkat hunian hotel di Jayapura, sangat dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan pemerintah. Sektor bisnis belum mampu mensuplai tamu. 67 persen pendapatan hotel dari sektor pemerintah," kata dia.

Namun, dia berharap pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar sehingga kegiatan pemerintah bisa kembali berjalan normal.

Salim menyebut sejak Januari hingga akhir Februari 2018, rata-rata tingkat hunian hotel di Jayapura mencapai 50 persen.

Menurut dia, angka tersebut sudah cukup bagus karena dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, okupansi hotel di awal tahun selalu rendah, dibawah 50 persen.

Oleh karenanya ia berharap ke depan pemerintah bisa memberi stimulan pertumbuhan industri agar perhotelan tidak terus bergantung pada kegiatan pemerintahan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…