Bikin Ngiler! Ini, Tiga Rekomendasi Rujak Khas Nusantara yang Wajib Kamu Coba

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 13:00 WIB

Rujak Shanghai (Ist)
Rujak Shanghai (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rujak, adalah salah satu kuliner Indonesia yang memiliki berbagai cita rasa yang nikmat dan segar. Kuliner ini, merupakan makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi dengan bumbu atau kuah yang dicampuri cabe.

Diketahui, rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura tetapi, di sana disebut dengan "rojak". Nah, siang hari gini, kayaknya cocok banget deh untuk membuat rujak yang pedas dan segar. Ini tiga resep rujak dari berbagai wilayah di Indonesia.

1. Rujak Rambutan

Bahan-bahan :

30 buah rambutan
3 buah jeruk nipis
5 buah cabe rawit
secukupnya garam
secukupnya gula
secukupnya air

Langkah-langkah :

Kupas buah rambutan lalu dipotong menjadi dua bagian. Dan, jangan lupa buang bijinya. Kemudian, iris tipis jeruk nipis dan iris tipis cabe rawit.

Lalu, campurkan semua bahan dan jangan lupa untuk memasukkan garam dan gula. Setelah diaduk, lalu dinginkan sebentar ke dalam lemari pendingin dan tunggu sampai 30 menit agar lebih segar.

2. Rujak Cingur

ujak Cingur dari Surabaya, Jawa Timur. Cingur adalah mulut atau moncong sapi yang direbus dan diiris menjadi campuran bersama timun, bendoyo, bengkuang, lontong, tahu, tempe, kecambah, kangkung, dan sayur alur. Gurihnya kacang yang diuleg bersama petis, cabai, dan pisang klutuk menjadikan Rujak Cingur sebagai salah satu rujak terbaik yang pernah ada.

3.  Rujak Shanghai

di Jakarta, ada Rujak Shanghai dari Petak Sembilan yang memiliki rasa hampir mirip dengan asinan pada umumnya. mirip dengan asinan. Uniknya, Rujak Shanghai ini menggunakan irisan lobak, cumi, serta ubur-ubur sebagai isian, lalu diguyur saus tomat dan bubuk koya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).