Bikin Ngiler! Ini, Tiga Rekomendasi Rujak Khas Nusantara yang Wajib Kamu Coba

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 13:00 WIB

Rujak Shanghai (Ist)
Rujak Shanghai (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rujak, adalah salah satu kuliner Indonesia yang memiliki berbagai cita rasa yang nikmat dan segar. Kuliner ini, merupakan makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi dengan bumbu atau kuah yang dicampuri cabe.

Diketahui, rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura tetapi, di sana disebut dengan "rojak". Nah, siang hari gini, kayaknya cocok banget deh untuk membuat rujak yang pedas dan segar. Ini tiga resep rujak dari berbagai wilayah di Indonesia.

1. Rujak Rambutan

Bahan-bahan :

30 buah rambutan
3 buah jeruk nipis
5 buah cabe rawit
secukupnya garam
secukupnya gula
secukupnya air

Langkah-langkah :

Kupas buah rambutan lalu dipotong menjadi dua bagian. Dan, jangan lupa buang bijinya. Kemudian, iris tipis jeruk nipis dan iris tipis cabe rawit.

Lalu, campurkan semua bahan dan jangan lupa untuk memasukkan garam dan gula. Setelah diaduk, lalu dinginkan sebentar ke dalam lemari pendingin dan tunggu sampai 30 menit agar lebih segar.

2. Rujak Cingur

ujak Cingur dari Surabaya, Jawa Timur. Cingur adalah mulut atau moncong sapi yang direbus dan diiris menjadi campuran bersama timun, bendoyo, bengkuang, lontong, tahu, tempe, kecambah, kangkung, dan sayur alur. Gurihnya kacang yang diuleg bersama petis, cabai, dan pisang klutuk menjadikan Rujak Cingur sebagai salah satu rujak terbaik yang pernah ada.

3.  Rujak Shanghai

di Jakarta, ada Rujak Shanghai dari Petak Sembilan yang memiliki rasa hampir mirip dengan asinan pada umumnya. mirip dengan asinan. Uniknya, Rujak Shanghai ini menggunakan irisan lobak, cumi, serta ubur-ubur sebagai isian, lalu diguyur saus tomat dan bubuk koya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi melantik Siwi Sukma Adji sebagai KSAL, dan menaikkan pangkat jadi Laksamana, di Istana Negara (Foto: Rahmat/Humas)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:45 WIB

DPR Harap KASAL Tingkatkan Profesionalisme Prajurit

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji mampu meningkatkan profesionalisme para prajuritnya agar mampu menghadapi…

Ketua Umum Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan Nasional (KTNA Nasional), saat berbicara di acara Forum Promoter 2018 Polri yang membahas tema Solusi Menuju Indonesia yang Berdaulat Adil dan Makmur Melalui Ketahanan Pangan, Rabu, 23 Mei 2018

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:35 WIB

Indonesia Bisa Menjadi Lumbung Pangan Dunia Pada 2045

Pangan tidak hanya merupakan komoditas dan kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Tetapi pangan juga menjadi kepentingan nasional dan keamanan nasional bagi sebuah negara. Pangan memiliki…

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:33 WIB

Universitas Prasetiya Mulya Optimis Lulusan Lokal Mampu Bersaing di Era Global

Era globalisasi dan makin terbukanya Indonesia bagi pasar asing menuntut lulusan perguruan tinggi di Indonesia memahami tantangan dan tuntutan bisnis saat ini sehingga mampu bersaing. Potensi…

PT.Bumi Serpong Damai Tbk. (PTBSD)

Rabu, 23 Mei 2018 - 19:00 WIB

BSDE Anggarkan Belanja Modal Rp6 Triliun di 2018

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) menganggarkan Capital Expenditure (Capex) atau belanja modal sebesar Rp4 triliun-Rp6 triliun pada tahun 2018.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Rabu, 23 Mei 2018 - 18:45 WIB

Harga Minyak Mentah Global Naik, CPO Malaysia Lanjutkan Penguatan Harga Pekan ini

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada perdagangan Rabu (23/05/18) dibuka pada level RM2.468 per ton, atau lebih rendah 0,36% dibandingkan harga pada penutupan sesi perdagangan…