Bikin Ngiler! Ini, Tiga Rekomendasi Rujak Khas Nusantara yang Wajib Kamu Coba

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 13:00 WIB

Rujak Shanghai (Ist)
Rujak Shanghai (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rujak, adalah salah satu kuliner Indonesia yang memiliki berbagai cita rasa yang nikmat dan segar. Kuliner ini, merupakan makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi dengan bumbu atau kuah yang dicampuri cabe.

Diketahui, rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura tetapi, di sana disebut dengan "rojak". Nah, siang hari gini, kayaknya cocok banget deh untuk membuat rujak yang pedas dan segar. Ini tiga resep rujak dari berbagai wilayah di Indonesia.

1. Rujak Rambutan

Bahan-bahan :

30 buah rambutan
3 buah jeruk nipis
5 buah cabe rawit
secukupnya garam
secukupnya gula
secukupnya air

Langkah-langkah :

Kupas buah rambutan lalu dipotong menjadi dua bagian. Dan, jangan lupa buang bijinya. Kemudian, iris tipis jeruk nipis dan iris tipis cabe rawit.

Lalu, campurkan semua bahan dan jangan lupa untuk memasukkan garam dan gula. Setelah diaduk, lalu dinginkan sebentar ke dalam lemari pendingin dan tunggu sampai 30 menit agar lebih segar.

2. Rujak Cingur

ujak Cingur dari Surabaya, Jawa Timur. Cingur adalah mulut atau moncong sapi yang direbus dan diiris menjadi campuran bersama timun, bendoyo, bengkuang, lontong, tahu, tempe, kecambah, kangkung, dan sayur alur. Gurihnya kacang yang diuleg bersama petis, cabai, dan pisang klutuk menjadikan Rujak Cingur sebagai salah satu rujak terbaik yang pernah ada.

3.  Rujak Shanghai

di Jakarta, ada Rujak Shanghai dari Petak Sembilan yang memiliki rasa hampir mirip dengan asinan pada umumnya. mirip dengan asinan. Uniknya, Rujak Shanghai ini menggunakan irisan lobak, cumi, serta ubur-ubur sebagai isian, lalu diguyur saus tomat dan bubuk koya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:48 WIB

Telkom Resmikan NeuCentrIX Manado

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

Salah satu varian baru Timberland, Brooklyn Boot, yang diluncurkan pada awal 2019 ini

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:46 WIB

Awali 2019, Timberland Luncurkan Brooklyn Boot dengan AeroCore Energy System

Mengawali 2019, Timberland meluncurkan koleksi sepatu terbaru varian Brookly Boot dengan memanfaatkan AeroCore Energy System, yakni sebuah teknologi sepatu revolusioner yang menghasilkan sol…

Dimsum All You Can Eat yang menjadi bagian dari Triple Victory pada ulang tahun ke-3 Teraskita Hotel by Dafam

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:17 WIB

Dimsum All You Can Eat Tandai Pergantian Nama Hotel Dafam Teraskita Jakarta

Tepat di usianya yang ke-3 pada 4 Januari 2019, nama dan logo Hotel Dafam Teraskita Jakarta diganti menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Salah satu package promo Dimsum All You Can Eat…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:45 WIB

Pekan Ketiga 2019, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Naik ke Posisi 6.448

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup naik 1,36% ke posisi 6.448,16 pada pekan ketiga 2019 ini dibandingkan pada pekan sebelumnya di level 6.361,46.