Bikin Ngiler! Ini, Tiga Rekomendasi Rujak Khas Nusantara yang Wajib Kamu Coba

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 13:00 WIB

Rujak Shanghai (Ist)
Rujak Shanghai (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Rujak, adalah salah satu kuliner Indonesia yang memiliki berbagai cita rasa yang nikmat dan segar. Kuliner ini, merupakan makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi dengan bumbu atau kuah yang dicampuri cabe.

Diketahui, rujak mudah ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura tetapi, di sana disebut dengan "rojak". Nah, siang hari gini, kayaknya cocok banget deh untuk membuat rujak yang pedas dan segar. Ini tiga resep rujak dari berbagai wilayah di Indonesia.

1. Rujak Rambutan

Bahan-bahan :

30 buah rambutan
3 buah jeruk nipis
5 buah cabe rawit
secukupnya garam
secukupnya gula
secukupnya air

Langkah-langkah :

Kupas buah rambutan lalu dipotong menjadi dua bagian. Dan, jangan lupa buang bijinya. Kemudian, iris tipis jeruk nipis dan iris tipis cabe rawit.

Lalu, campurkan semua bahan dan jangan lupa untuk memasukkan garam dan gula. Setelah diaduk, lalu dinginkan sebentar ke dalam lemari pendingin dan tunggu sampai 30 menit agar lebih segar.

2. Rujak Cingur

ujak Cingur dari Surabaya, Jawa Timur. Cingur adalah mulut atau moncong sapi yang direbus dan diiris menjadi campuran bersama timun, bendoyo, bengkuang, lontong, tahu, tempe, kecambah, kangkung, dan sayur alur. Gurihnya kacang yang diuleg bersama petis, cabai, dan pisang klutuk menjadikan Rujak Cingur sebagai salah satu rujak terbaik yang pernah ada.

3.  Rujak Shanghai

di Jakarta, ada Rujak Shanghai dari Petak Sembilan yang memiliki rasa hampir mirip dengan asinan pada umumnya. mirip dengan asinan. Uniknya, Rujak Shanghai ini menggunakan irisan lobak, cumi, serta ubur-ubur sebagai isian, lalu diguyur saus tomat dan bubuk koya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Kabinet Pramono Anung (Foto Ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB

Ini Nama-Nama Menteri Kabinet Kerja Berpartisipasi Nyaleg

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat di lingkungan kepresidenan akan ikut berpartisipasi sebagai calon anggota legislatif pada pemilihan…

Wapres Jusuf Kalla (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:35 WIB

Cawapres Jokowi 2019 Harus Mampu Tingkatkan 15 Persen Suara

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan calon pendamping Joko Widodo dalam Pemilu 2019 harus dapat mendongkrak perolehan suara minimal 15 persen.

Danu Wicaksana, CEO TCASH (kiri) - (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Selasa, 17 Juli 2018 - 19:09 WIB

Buka Layanan Lintas Operator, Ini Tiga Keunggulan TCASH Wallet

TCASH secara resmi telah membuka layanan aplikasi TCASH wallet untuk seluruh operator telekomunikasi. Pelanggan lintas operator dapat menikmati beragam layanan transaksi non-tunai TCASH dengan…

Ilustrasi Jalan Tol (ist)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:55 WIB

BNI Beri Tambahan Kredit Jalan Tol Manado-Bitung

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk turut membiayai Proyek Jalan Tol Ruas Manado-Bitung, Sulawesi Utara, dengan memberikan tambahan fasilitas kredit modal kerja (KMK) dana talangan tanah…

BTPN Syariah (Foto MediaIndonesia)

Selasa, 17 Juli 2018 - 18:40 WIB

Pembiayaan BTPN Syariah Tumbuh 19,1 Persen

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPN Syariah) hingga akhir Juni 2018 membukukan pembiayaan Rp6,87 triliun, tumbuh 19,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya…