Nikmatnya Khanom Bueang, Jajanan Pasar Khas Thailand

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 03 Maret 2018 - 15:00 WIB

Khanom Bueang, Jajanan Khas Thailand (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Khanom Bueang, Jajanan Khas Thailand (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Selain terkenal dengan wisata Seribu Pagoda, Thailand mempunyai berbagai kuliner ataupun jajanan yang wajib para pelancong cicipi jika berkunjung ke sana. Jika Indonesia punya jajanan pasar kue leker, Eropa punya pancake atau crepe, di Thailand juga punya jajanan pasar bernama Khanom Bueang.

Untuk kue leker, crepe dan Khanom Bueng sama-sama menggunakan kulit kering yang terbuat dari bahan telur dan tepung. Tetapi, menurut Vaneza, selaku Public Relations dari Tourism Thailand saat ditemui di Astindo Travel Fair 2018, di JCC, Jumat (2/3/2018) mengatakan, "Untuk pembuatan kulit kue ini berbahan tepung beras lalu dicampur dengan telur," katanya

Vaneza menjelaskan yang membedakannya, Khanom Bueng mempunyai isian atau topping yang memiliki cita rasa manis dan asin. Untuk rasa manis bernama Foi Thong yaitu campuran kuning telur, lalu dicampur dengan gula lalu dimasak dan menghasilkan warna oranye.

"Sementara, untuk topping asin berbahan udang kering atau ebi yang dicampur dengan kelapa parut dan koko pandan. Dan, untuk krimnya menggunakan putih telur dicampur gula," imbuhnya.

Menurut pantauan Industry.co.id, cita rasa dari Khanom Bueang ini memang mirip sekali dengan kue leker, pancake dan crepe yang biasa kita makan. Tetapi, toppingnya memang berbeda dari kue-kue tersebut. Untuk teksturnya krimnya sangat lembut, dan kulitnya renyah. Saat dimakan, menghasilkan rasa yang berebeda-beda. Ada rasa asin dan manis yang dicampur dengan lembutnya krim.

Di Thailand, jajanan pasar ini banyak sekali dijajakan ditiap pelosok jalanan, pasar tradisional ataupun pasar malam di Thailand. Untuk harganya, Khanom Bueng yang kecil-kecil dibandrol dengan harga 5 bhat atau Rp2.178 sementara, untuk Khanom Bueang yang besar seharga 100 bhat atau Rp4.3576 sudah dapat lima kue.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Kepala BNPT Tegaskan Aksi Teror Bukan Rekayasa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius menegaskan bahwa aksi teror yang beberapa kali terjadi bukanlah hasil rekayasa sebagaimana dipropagandakan di media…

Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018. Perumnas sebagai peserta dipameran IPEX 2018 distand No.24 Hall A JCC

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Hadir di IPEX 2018, Perumnas Andalkan Hunian Terintegrasi Transportasi

Pengembang plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

Apartemen di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:33 WIB

Lima Pilihan Hunian di Bawah Rp 250 Juta

Jangan pernah berhenti untuk berjuang untuk memiliki rumah, kendati harga rumah setiap tahunnya selalu naik, bagi mereka pembeli rumah pertama sebaiknya jangan pernah menunda untuk membeli rumah…

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:30 WIB

Capres Prabowo Tegaskan, Jangan Jadi Antek Asing

Calon Presiden RI nomor urut 2, Prabowo Subianto mengingatkan bahwa bangsa Indonesia harus berdaulat di negaranya sendiri dan jangan menjadi antek asing.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 06:00 WIB

Ingin Indonesia Sejahtera, 300 Purnawirawan Jenderal Dukung Prabowo-Sandiaga

Sebanyak 300 purnawirawan jenderal memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Pemilihan Presiden 2019.