Perkebunan Bentuk NTP Bali Turun 0,44 Persen

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Januari 2017 - 12:58 WIB

Kebun Tembakau
Kebun Tembakau

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Peranan subsektor tanaman perkebunan rakyat (NTP-Pr) dalam membentuk nilai tukar petani (NTP) di Bali sebesar 105,74 persen pada bulan Desember 2016, turun 0,44 persen dibanding bulan sebelumnya tercatat 106,20 persen.

"Menurunnya subsektor tanaman perkebunan tersebut dipicu oleh indeks harga yang diterima petani (lt) merosot sebesar 0,37 persen," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho di Denpasar, Sabtu (14/1/2017).

Ia mengatakan indeks yang dibayar petani (lb) mengalami kenaikan sebesar 0,06 persen. Beberapa komoditas perkebunan yang memberikan andil atas menurunnya indeks yang diterima petani yakni kakao, tembakau dan cengkeh.

Di sisi lain indeks yang dibayar petani (lb) dipengaruhi oleh naiknya indeks konsumsi rumah tangga sebesar 0,07 persen serta biaya produksi dan penambahan barang modal(BPPBM) 0,03 persen, ujar Adi Nugroho.

Anggota DPRD Bali Ketut Gede Nugraha Pendit kepada Antara dalam kesempatan terpisah mengatakan, para petani masih mengeluhkan pemasaran komonitas perkebunan dan pertanian, dan pihaknya meminta pemerintah daerah untuk mencarikan jalan keluarnya.

Ia mengaku saat melakukan reses ke sejumlah kabupaten di Bali mendapat keluhan dari para petani bahwa pemasaran komoditas perkebunan mengalami kendala, seperti kelapa, kopi dan kakao.

Oleh sebab itu pemerintah daerah melalui dinas terkait untuk mencarikan jalan keluar, sehingga petani tidak kesulitan melakukan transaksi penjualan komoditas perkebunan.

"Jika dibiarkan para petani menghadapi permasalahan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan pendapatan mereka akan mengalami penurunan, sehingga berpengaruh terhadap tingkat kesejahteraan keluarga," ujarnya.

Adi Nugroho menambahkan subsektor tanaman perkebunan merupakan salah satu dari lima subsektor yang menentukan pembentukan NTP Bali yang terdiri atas tiga subsektor mengalami penurunan dan dua subsektor mengalami kenaikan.

Ketiga subsektor mengalami penurunan selain tanaman perkebunan juga peternakan 0,12 persen dan tanaman pangan 1,21 persen.

Sedangkan kedua subsektor yang mengalami kenaikan meliputi subsektor perikanan sebesar 0,31 pesen dan sektor hortikultura 0,32 persen, ujar Adi Nugroho.(Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…