Film Mata Dewa, Film Drama Olahraga Basket Pertama

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 02 Maret 2018 - 09:03 WIB

Film "Mata Dewa" film bertema Olahraga Basket Pertama.
Film "Mata Dewa" film bertema Olahraga Basket Pertama.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA.--Tema olahraga memang menjadi salah satu tema yang jarang dibuat menjadi film oleh para sineas Indonesia.  tercatat hanya ada beberapa film yang mengangkat tema olahraga. Diantaranya adalah Garuda di Dadaku (Sepak Bola), Cahaya dari Timur (Sepak bola), King (Bulu Tangkis) dan 3 Srikandi (Panahan). Dan kini siap tayang film bertema olahraga Basket berjudul Mata Dewa yang disutradari Andi Bachtiar Yusuf.

Sinopsis Mata Dewa sendiri mengisahkan Dewa (Kenny Austin) yang tinggal di rumah susun bersama pamannya (Dodit Mulyanto). Dewa yang punya hobi bermain basket memiliki keinginan untuk membawa sekolahnya, SMA Wijaya, menjadi juara Development Basketball League (DBL) untuk pertama kali. Namun dalam perjalannanya, Dewa harus menghadapi banyak hambtan. Yang hamir memusbahkan harapannya adalah saat ia kehilangan salah satu penglihatannya akibat satu insiden.

Avesena dari Sinema Imaji selaku produser dari film Mata Dewa menuturkan sangat tertarik menggarap film drama olahraga yang baru kali ini hadir di industri film Tanah Air. Terlebih film ini juga terinspirasi dari kisah nyata.“Saat diminta mengerjakan Mata Dewa, saya langsung tertarik karena ini merupakan film Indonesia pertama berlatar belakang basket yang terinspirasi dari kisah nyata dari liga basket di DBL. Basket juga populer di tanah air karena laki-laki pun perempuan menyukainya. Selain itu, olahraga ini juga mengajarkan saya tentang kerja sama tim, tujuan, presisi, dan pencapaian” ujar Aves .

Konon kisah yang hadir di film Mata Dewa terinspirasi dari sosok Hendry Cornelius Lakay, pemain asal SMA John XXIII Merauke di edisi Honda DBL Papua Series 2015. Sebuah kecelakaan saat ia masih duduk di kelas 3 SD mengakibatkan kehilangan penglihatan mata kiri. Namun berkat dukungan sang ibu, ia tak gampang menyerah bahkan terpilih sebagai salah satu pemain yang masuk skuat DBL All-Star 2015.

Developmental Basketball League (DBL) merupakan liga basket yang mengusung konsep student-athlete yang diselenggarakan di 22 provinsi Indonesia.

“Sudah belasan tahun DBL ya dan ini liga olahraga terbesar kedua setelah sepakbola. Setiap tahun kita menemukan cerita di media massa, tapi bayangkan setiap anak punya banyak cerita. Kalau diangkat akan menarik. Film ini komposit berbagai cerita dari DBL Indonesia,” ungkap Azrul Ananda selaku co produser.

Kenny Austin yang dipercaya berperan sebagai Dewa dalam film layar lebar pertamanya ini mengatakan bahwa dirinya merasa tertantang karena kebetulan ia pernah menjadi pemain basket. “Saya dikasih sinopsis dan temanya basket. Wah ini sebelumnya saya belum pernah. Dulu di tim SMA di Medan saya main basket. Saya fans berat olahraga basket, saya ikutin banget. Ini sebuah challenge yang harus saya ambil,” ungkap pemenang L-Men of The Year 2014 tersebut.

Film yang akan tayang pada 8 Maret 2018 ini juga banyak diperankan oleh atlet asli DBL. Cakrawala Irawan, salah satu pemain nasional basket U-16, yang berperan dalam film mengungkapkan pengalaman pertamanya dalam seni peran. “Ini tantangan baru. Dan ternyata mengasyikkan ya. Apalagi ini kisahnya tentang DBL yang saya ikuti terus perkembangannya sebagai pemain. Poknya seru deh,” katanya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Speaker HomePod milik Apple versi harga murah.

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:19 WIB

Speaker HomePod Versi Murah Milik Apple Tengah Dipersiapkan

Apple Inc. saat ini tengah mempersiapkan HomePod baru dengan harga yang lebih terjangkau. HomePod versi murah milik Apple ini akan diberi nama Beats. Sebelumnya, HomePod Apple sedikit tertinggal…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:15 WIB

BI: Kebutuhan Uang Tunai Lebaran Rp188,2 Triliun

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi memperkirakan kebutuhan uang tunai selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2018 mencapai Rp188,2 triliun secara nasional.

Ilustrasi Dana Haji

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:15 WIB

23 Proyek Pembangunan Pakai Skema Pembiayaan Dana Haji

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengalokasikan dana Rp13 triliun untuk investasi proyek-proyek pembangunan di dalam negeri. Proyek tersebut akan difasilitasi Center for Private Investment…

Klappertaart (Foto : Galena)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:00 WIB

Ini Dia, Resep Klappertaart Kurma Hidangan Manis untuk Berbuka Puasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta Klappertaart merupakan kue khas Manado, Sulawesi Utara, yang berbahan dasar tepung terigu, telur, dan susu. Biasanya klappertaart menjadi makan penutup hidangan. Rasanya…

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,56 triliun.

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:51 WIB

Kinerja Usaha Mikro Kabupaten Garut Capai Rp 1,79 triliun

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya…