PLN Gandeng Perguruan Tinggi Kembangkan SDM Ketenagalistrikan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Maret 2018 - 15:30 WIB

Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menggandeng tujuh perguruan tinggi negeri di Indonesia sebagai upaya memberdayakan sumber daya manusia dalam penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan.

Ketujuh perguruan tinggi tersebut yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) dan Universitas Udayana.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh para rektor/wakil rektor dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir yang disaksikan langsung Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, Rabu (28/2/2018)

"Ini lanjutan pertemuan sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan kita memproduksi juga meningkatkan sumber daya manusia kita. Saya sangat senang telah terealisasi untuk melakukan kerja sama ini," kata Rini.

Rini mengaku akan terus mendorong agar BUMN bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi guna meningkatkan kemampuan bangsa.

"Saya harap kerja sama erat ini dapat berkembang terus dan memb eri hasil terbaik untuk bangsa. Selama ini riset dan pengembangan Indonesia masih lemah. Ini jadi cara di mana BUMN besar bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi sehingga bisa meningkatkan kemampuan kita," ujarnya.

Direktur PLN Sofyan Basir menjelaskan kerja sama antara PLN dan ketujuh perguruan tinggi meliputi program magang bersertifikat sesuai kompetensi bidang ketenagalistrikan.

"Program magang bertujuan utnuk menghasilkan SDM unggul dan akan dimulai awal Juni 2018," katanya.

Kemudian, penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nasional di Bangka berkapasitas 2x50 MW yang akan dimulai 2019 dan beroperasi 2022.

"Ruang lingkup kerja samanya meliputi desain proyek, kajian kelayakan proyek, konsultasi terkait hingga pembuatan dokumen spesifikasi. Ini jadi mimpi kami karena setelah 70 tahun berdiri, kita tidak satupun membangun pembangkit mandiri," katanya kepada awak media.

Selain itu, penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan untuk proyek kendaraan listrik yang akan dioperasikan di area terbatas seperti Bandara Soekarno Hatta yang ditargetkan beroperasi 2019.

Terakhir, kerja sama itu meliputi diseminasi bidang ketenagalistrikan baik nasional maupun internasional.

Rektor UGM Panut Mulyono menyambut hangat jalinan kerja sama yang diinisiasi BUMN kelistrikan itu. Menurut dia, kerja sama tersebut menjadi salah satu cara mendorong kemandirian bangsa lantaran riset di perguruan tinggi akan dapat diaplikasikan dalam pembangunan nasional.

"Betapapun hebatnya penemuan di perguruan tinggi, kalau tidak ada kerja sama dengan industri, akan sulit ke penghiliran riset itu. Ini awal kita bisa mandiri di teknologi sehingga produk-produk kita bisa dibuat di dalam negeri sehingga pengurangan impor pasti akan terjadi," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…