PLN Gandeng Perguruan Tinggi Kembangkan SDM Ketenagalistrikan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Maret 2018 - 15:30 WIB

Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir. (Rizki Meirino/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menggandeng tujuh perguruan tinggi negeri di Indonesia sebagai upaya memberdayakan sumber daya manusia dalam penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan.

Ketujuh perguruan tinggi tersebut yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS) dan Universitas Udayana.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dilakukan langsung oleh para rektor/wakil rektor dan Direktur Utama PLN Sofyan Basir yang disaksikan langsung Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta, Rabu (28/2/2018)

"Ini lanjutan pertemuan sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan kita memproduksi juga meningkatkan sumber daya manusia kita. Saya sangat senang telah terealisasi untuk melakukan kerja sama ini," kata Rini.

Rini mengaku akan terus mendorong agar BUMN bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi guna meningkatkan kemampuan bangsa.

"Saya harap kerja sama erat ini dapat berkembang terus dan memb eri hasil terbaik untuk bangsa. Selama ini riset dan pengembangan Indonesia masih lemah. Ini jadi cara di mana BUMN besar bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi sehingga bisa meningkatkan kemampuan kita," ujarnya.

Direktur PLN Sofyan Basir menjelaskan kerja sama antara PLN dan ketujuh perguruan tinggi meliputi program magang bersertifikat sesuai kompetensi bidang ketenagalistrikan.

"Program magang bertujuan utnuk menghasilkan SDM unggul dan akan dimulai awal Juni 2018," katanya.

Kemudian, penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nasional di Bangka berkapasitas 2x50 MW yang akan dimulai 2019 dan beroperasi 2022.

"Ruang lingkup kerja samanya meliputi desain proyek, kajian kelayakan proyek, konsultasi terkait hingga pembuatan dokumen spesifikasi. Ini jadi mimpi kami karena setelah 70 tahun berdiri, kita tidak satupun membangun pembangkit mandiri," katanya kepada awak media.

Selain itu, penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan untuk proyek kendaraan listrik yang akan dioperasikan di area terbatas seperti Bandara Soekarno Hatta yang ditargetkan beroperasi 2019.

Terakhir, kerja sama itu meliputi diseminasi bidang ketenagalistrikan baik nasional maupun internasional.

Rektor UGM Panut Mulyono menyambut hangat jalinan kerja sama yang diinisiasi BUMN kelistrikan itu. Menurut dia, kerja sama tersebut menjadi salah satu cara mendorong kemandirian bangsa lantaran riset di perguruan tinggi akan dapat diaplikasikan dalam pembangunan nasional.

"Betapapun hebatnya penemuan di perguruan tinggi, kalau tidak ada kerja sama dengan industri, akan sulit ke penghiliran riset itu. Ini awal kita bisa mandiri di teknologi sehingga produk-produk kita bisa dibuat di dalam negeri sehingga pengurangan impor pasti akan terjadi," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…