Resmikan Batavia Cafe, Pemerintah Dorong Potensi Wisata Kuliner

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 01 Maret 2018 - 06:50 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Batavia Cafe untuk mendorong hadirnya wisata kuliner unggulan
Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Batavia Cafe untuk mendorong hadirnya wisata kuliner unggulan

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Industri makanan di Indonesia menjadi salah satu industri yang sangat cepat berkembang, bahkan nilainya ribuan triliun pertahun. Karenanya, Kementerian Pariwisata terus mendorong hadirnya destinasi wisata kuliner.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam meresmikan Batavia Café yang berlokasi di pusat perbelanjaan Lotte Mart Bintaro, Jakarta Selatan. Kemenpar telah menetapkan ada top tiga destinasi wisata kuliner yang ditetapkan yakni Bali, Bandung, Joglosemar (Joglo, Solo dan Semarang).

“Diplomasi sosial ekonomi yang terbaik ialah melalui kuliner. Pemerintah akan berikan insentif kepada industri kuliner dengan memenuhi tiga syarat, mempopulerkan national food, mempopulerkan tiga destinasi dan terakhir mereka yang telah mempunyai kafe / restoran di luar,” kata Arief Yahya, di Bintaro, Rabu (28/2/2018)

Adapun makanan Nusantara yang ditetapkan sebagai top five adalah Soto, Rendang, Nasi Goreng, Sate, dan Gado-gado. "Dan rendang jadi nomor satu. Rendang tak terkalahkan, asli Indonesia. Tapi untuk makanan saya sarankan kepada Bekraf, putuskan Soto jadi makanan nasional," imbuh Arief.

Kemenpar sepakat menjadikan kopi sebagai minuman nasional. Bukan tanpa alasan, menurut Arief, kopi dipilih lantaran setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kopi masing-masing yang top.

Sementara itu, CEO Batavia Café Susanty Widjaya mengatakan hadirnya Batavia Café akan menjadi penyeimbang gencarnya dominasi ekspansi bisnis kuliner asing, dan membuka peluang investasi baru disektor peluang bisnis/lisensi yang dapat memberikan manfaat dalam perekonomian mikro.

Batavia Café menghadirkan ragam kuliner disertai sajian kopi nusantara. Varian kopi yang disajikan berasal dari ragam daerah unggulan antara lain. Kopi Gayo, Mandailing, Sidikalang dari Sumatera, Bajawa dari Flores NTT, Kopi Toraja dari Sulsel, Kopi Bali, Kopi Papua, Kopi Ijen Jawa Timur, Luwak, Kopi West Java Estate, Cold Brew Wine dan lainnya

Dan di era milenial ini pihaknya juga menghadirkan kopi ‘Selfi Drink’ yang dapat melukis wajah konsumen pada bagian atas minuman latte. Teknologi yang digunakan food grade ingredients sehingga tetap aman dikonsumsi.

Tak hanya kopi, menu makanan unggulan di Batavia Café antara lain Nasi Bakar, Soto Betawi, Soto Daging, Sop Buntut, Nasi Goreng, Nasi Kuning, Ayam Geprek dan lainnya. Pihaknya menggunakan rempah-rempah pilihan terbaik serta mempertahankan outlet Batavia tempo doeloe dan menjadi salah satu tempat yang tepat untuk berwisata kuliner.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Barang Impor (Ist)

Rabu, 26 September 2018 - 10:07 WIB

Pemerintah Terapkan TKDN, Cukupkah Suplay ?

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyatakan investor asing sangat berminat masuk ke Indonesia, meskipun memasuki tahun politik.

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 09:53 WIB

Fundamental Stabil Hari Ini Cermati Sepuluh Saham

INDUSTRY.co.id

Jakarta - IHSG saat ini jelang pergantian bulan sekaligus pergantian kuartal dimana rilis data perekonomian awal bulan suku bunga dan inflasi yang…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 09:20 WIB

IHSG Dalam Zona Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG masih akan bergerak pada zona negatif meskipun terbatas dengan rentan pergerakan 5781-5903. Saham-saham yang masih dapat…

Gondola Climbing

Rabu, 26 September 2018 - 08:50 WIB

Jebsen &Jessen; dan Solusinya Industri Indonesia untuk Tingkatkan National Competitiveness

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Chairman Jebsen & Jessen (SEA), Heinrich Jessen mengemukakan bahwa group perusahaan memberikan dukungan terhadap agenda pertumbuhan ekonomi…

Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Rabu, 26 September 2018 - 08:20 WIB

Gandeng PMI, Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Samsung Peduli Lombok Bersama PMI Bangun 500 Hunian Sementara, Pengadaan 200.000 liter Air Bersih, dan Layanan Kesehatan