Industri Keramik Masih Eksis Karena Pasar Yang Masih Terus Tumbuh

Oleh : Hariyanto | Rabu, 28 Februari 2018 - 16:08 WIB

Konferensi pers Keramika 2018
Konferensi pers Keramika 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejalan dengan pertumbuhan properti, pasar milenial pun turut tumbuh dan menjadi pasar potensial yang akan terus meningkat. Hal tersebut turut mempengaruhi pertumbuhan industri kreatif subsektor arsitektur dan interior. 

Pasar milenial yang melihat ide dan keunikan desain properti juga akan turut berdampak pada kebutuhan keramik dalam negeri. Oleh karenanya konsumen diharapkan dapat lebih cerdas untuk memilih produk lokal. 

“Industri keramik masih bisa eksis karena pasar yang masih terus tumbuh, baik berfokus pada pasar domestik namun berekspansi secara strategis ke kawasan seperti Tiongkok, Vietnam dan Timur Tengah," kata Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI), Elisa Sinaga pada Konferensi pers pameran KERAMIKA 2018 di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

"Untuk itu kami mengajak ayo Cintailah Keramik Indonesia agar keramik Indonesia bisa menjadi pilihan utama di dalam negeri maupun pasar regional.” lanjut Elisa. 

Industri keramik di Indonesia telah mampu menghasilkan produk berkualitas dunia dan menggunakan teknologi mutakhir dalam dunia manufaktur keramik. 

Indonesia bahkan telah menghasilkan merek-merek ternama yang memiliki produk kompetitif di dunia, seperti Roman, KIA, Arwana dan produsen genteng berglazur Kanmuri yang sudah ekspor ke mancanegara. 

Pameran KERAMIKA 2018 akan menampilkan teknologi terkini industri keramik  'Compaction' yaitu teknologi manufaktur dunia yang mampu mencetak keramik berukuran besar (big slab), menyesuaikan dengan lebar dan panjang yang diinginkan – bahkan mesin ini mampu mencetak keramik dengan panjang yang tak terbatas. 

Teknologi ini memudahkan produsen untuk mencetak keramik dengan kepadatan serta ketebalan yang beragam mulai dari 6mm hingga 20mm. 

Bila dikombinasikan dengan teknologi digital printing maka akan menghasilkan keramik dengan teksktur alami seperti kayu, bebatuan dan lainnya. Teknologi ini dapat mendorong inovasi desain dan konstruksi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat menghadiri Musyawarah Inkindo Provinsi DKI Jakarta

Sabtu, 21 April 2018 - 18:30 WIB

Sandiaga Uno Minta Inkindo Bermitra Dengan Pemprov DKI

Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) menyelenggarakan musyawarah provinsi untuk memilih ketua tingkat DPP Provinsi DKI Jakarta. Pembukaan musyawarah ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur…

Ibu Negara Iriana Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 April 2018 - 18:00 WIB

Ibu Negara Iriana Peringati Hari Kartini di Istana Bogor

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) menggelar peringatan Hari Kartini di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu. (21/4/2018)

Menko PMK Puan Maharani (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 April 2018 - 17:40 WIB

Menko PMK Puan: Perempuan Turut Berkontribusi Majukan Bangsa

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan peringatan Hari Kartini menjadi momentum menegaskan peran perempuan turut serta dan berkontribusi…

Lima menteri perempuan Kabinet Kerja (Foto: Setpres)

Sabtu, 21 April 2018 - 17:20 WIB

Menteri PPPA Berharap Perempuan Indonesia Utamakan Pendidikan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise berharap kaum perempuan muda Indonesia mampu menentukan masa depannya dengan mengutamakan pendidikan.

Jungkook BTS. (Foto: Allkpop)

Sabtu, 21 April 2018 - 17:15 WIB

Kritikus Musik Korea Sebut Jungkook BTS Sangat Memikat

Salah satu kritikus musik asal Korea Selatan yakni Kim Young Dae kembali memposting video komentar di akun YouTube miliknya pada 13 April lalu. Dalam postingannya kali ini, ia membahas lagu…