Din Syamsuddin: Masyarakat Jangan Cuek pada Hoax

Oleh : Herry Barus | Rabu, 28 Februari 2018 - 10:16 WIB

Prof Dr KH Din Syamsuddin MA (Foto Ist)
Prof Dr KH Din Syamsuddin MA (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin meminta masyarakat tidak cuek pada hoaks atau berita bohong yang merusak kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Masyarakat harus peduli dan aktif melakukan pengamatan sebagai antisipasi. Jangan cuek dan terkesan tidak peduli," kata Din di Jakarta, Selasa (27/2/2018)

Ia berharap seiring berjalannya waktu masyarakat sudah bisa mengenal berita palsu, berita yang provokatif, serta berita yang menyejukkan.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) itu mengatakan hoaks adalah bahaya besar karena bisa menjadi kendaraan pihak tertentu untuk melakukan adu domba dan fitnah.

"Jelas sangat bahaya kalau sampai terjadi persebaran hoaks yang dalam bahasa agama dikatakan fitnah. Kalaupun berita itu benar, tetapi dipakai untuk menyudutkan pihak lain tentunya hal tersebut tidak dibenarkan juga oleh agama apa pun," ujarnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2005-2015 ini meminta kepada umat beragama, terutama umat Islam untuk selalu harus berhati-hati terhadap berita yang belum tentu kebenarannya.

Ia berharap hoaks tidak bertebaran menjelang pemilihan kepala daerah serentak tahun ini yang bisa membuat keruh suasana.

"Berita hoaks diembuskan dan disebarkan oleh kelompok-kelompok pendukung fanatik bagi sebuah kepentingan politik tertentu. Apalagi menjelang Pilkada, itu yang banyak terjadi, kemudian ditanggapi oleh fanatikus-fanatikus. Ini tidak boleh dibiarkan begitu saja," katanya.

Agar hoaks tidak muncul terus menerus di masyarakat, Din meminta aparat bertindak tegas dengan melakukan pendekatan hukum secara adil tanpa pandang bulu. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…