OKI Pulp and Paper Siap Ekspor 2 Juta Ton Pulp

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Januari 2017 - 03:59 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Palembang- Pabrik bubuk kertas dan tisu OKI Pulp And Paper di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, mulai berproduksi pada Januari 2017 setelah merampungkan masa uji coba pada tahun lalu, kata Direktur APP Sinarmas Suhendra Wiriadinata.

"Bulan ini pabrik mulai berproduksi," kata Suhendra di Palembang, Jumat (13/1/2017).

Ia mengatakan untuk tahap awal perusahaan belum membebani target produksi tapi lebih mengedepankan untuk mendapatkan data akurat mengenai kapasitas terpasang pabrik.

Hal ini penting mengingat produk yang dihasilkan pabrik OKI Pulp And Paper akan dilepas ke pasar dunia selain dikirim ke anak perusahaan yang memproduksi kertas dan tisu.

"Tentunya perusahaan yang menjadi mitra ingin mendapatkan kepastian berapa yang bisa diekspor secara berkesinambungan, dan tak kalah penting bukan hanya kuantitasnya tapi juga kualitasnya," kata dia kepada Antara.

Selain itu, perusahaan juga berupaya mempercepat realisasi pelabuhan internal yang berada dekat kompleks pabrik di Tanjung Tapa di Kecamatan Air Sugihan. Lokasi ini dipilih karena berdasarkan kajian berlokasi strategis dengan kedalaman dan luas yang sangat memadai untuk dilalui kapal berukuran besar.

"Untuk pelabuhan tidak ada masalah, semua dalam proses," kata dia.

Pabrik OKI Pulp And Paper disebut-sebut sebagai pabrik bubur kertas terbesar di Asia dengan teknologi terbaik dan terkini di dunia.

Pabrik ini dibangun dengan investasi sebesar Rp40 triliun dengan target mengekspor 2 juta ton pulp dan 500 ribu ton tisu dengan nilai mencapai 1,5 miliar dolar AS (Rp20 triliun) pada tahun pertama.

Keberadaan APP OKI ini diperkirakan akan mendongkrak ekspor Sumsel sebesar 32 persen, sedangkan PDRB sebesar 11 persen.

Menurut rencana, pabrik akan diresmikan pada April 2017 dengan target lanjutan yakni langsung melakukan ekspor perdana.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.