Dirjen EBTKE Resmikan PLTH Berkapasitas 53 kW di Tapanuli Selatan

Oleh : Hariyanto | Senin, 26 Februari 2018 - 08:45 WIB

Diejen EBTKE Resmikan PLTH Berkapasitas 53 kW di Tapanuli Selatan
Diejen EBTKE Resmikan PLTH Berkapasitas 53 kW di Tapanuli Selatan

INDUSTRY.co.id - Tapanuli Selatan - Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Dan Konservasi Energi (EBTKE), Rida Mulyana meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Silangkitang Tambiski 53 kW di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (24/2/2018).

Hadir dalam peresmian yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti tersebut, Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu dan Bupati Tapanuli Selatan Syahrul Pasaribu.

"Terima kasih Bapak Dirjen EBTKE yang telah mengalokasikan bantuan PLTMH 53.000 Watt yang saat ini telah melistriki 150 KK dan 96 titik penerangan jalan umum. Dari total kapasitas yang ada, baru terpakai 1/3, jadi masih masih tersisa 2/3 lagi dan saya sudah bicara dengan Pak Camat itu jangan jadi barang mubazir, sebaiknya digunakan untuk menumbuhkan industri-industri rumah tangga," ujar Gus Irawan Pasaribu dalam sambutannya.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan akses energi kepada masyarakat dengan prioritas di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), melalui pembangunan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan.

"Energi listrik sudah menjadi kebutuhan vital bagi kehidupan masyarakat disamping makanan dan air, energi akan merubah kondisi suatu masyarakat karena energi merupakan pembuka peradaban," ujar Dirjen EBTKE, Rida Mulyana.

Beroperasinya PLTMH Silangkitang Tambiski diharapkan dapat menjadi pemacu bagi masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan produktif sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Silangkitang Tambiski.

"Anak-anak akan makin banyak belajar karena malam hari mereka bisa belajar, ibu dan bapak juga akan punya aktifitas lain di malam hari karena sekarang rumahnya sudah pada terang di malam hari," lanjut Rida.

PLTMH Silangkitang Tambiski 53 kW dalam pengoperasiannya melayani rumah tangga sejumlah 150 KK dan 13 fasilitas umum seperti kantor desa, Poliklinik Desa, sekolah, maupun sarana ibadah.

"Uang yang kita gunakan untuk membangun PLTMH ini adalah uang rakyat, uang kita semua, untuk itu saya titip betul jangan sampai uang rakyat ini sia-sia dan PLTMH ini digunakan untuk kita semua jadi tolong dirawat dan dijaga PLTMH ini manfaatnya bisa optimal dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama," pungkas Rida.

Pembangunan PLTMH untuk melistriki masyarakat merupakan juga bagian dari peningkatkan peran energi terbarukan dalam bauran enegi nasional yang ditargetkan dapat mencapai 23% dalam bauran energi primer tahun 2025 untuk melistriki daerah-daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…