BPJS Ketenagakerjaan Raih Penghargaan Sustainability Reporting Award (SRA) 2017

Oleh : Wiyanto | Senin, 26 Februari 2018 - 07:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan raih penghargaan
BPJS Ketenagakerjaan raih penghargaan

INDUSTRY.co.id - BPJS Ketenagakerjaan berhasil meraih penghargaan diajang Sustainability Reporting Award (SRA) 2017. Penganugerahan penghargaan tersebut digelar di Lor In Hotel Surakarta pada Sabtu (24/2).

Meski baru pertama kali mengikuti ajang ini, BPJS Ketenagakerjaan sudah mampu memperoleh hasil yang sangat baik yaitu keluar sebagai runner up pada kategori Best Government Institution Sustainability Report.

SRA 2017 adalah gelaran ajang tahun ke-13 yang diselenggarakan oleh Nasional Center of Sustainability Reporting (NCSR), suatu organisasi independen yang mempromosikan dan mengembangkan sistem laporan berkelanjutan di Indonesia melalui training yang terkreditasi oleh Global Reporting Initiative (GRI), yang berpusat di Amsterdam, Belanda.

Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan, Evi Afiatin, menuturkan bahwa pencapaian ini adalah bentuk komitmen institusi untuk terus meningkatkan transparansi dan kepedulian terhadap lingkungan.

Evi menjelaskan, Program-program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BPJS Ketenagakerjaan sendiri terdiri dari 4 pilar. Jembatan Kesejahteraan sebagai bentuk kepedulian yang bertujuan untuk mengurangi beban hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, seperti program sembako murah yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dan program mudik gratis bersama BPJS Ketenagakerjaan yang sudah memberangkatkan lebih dari 50 ribu pekerja.

Berikutnya adalah Jembatan Kelestarian yang mempunyai tujuan untuk pemeliharaan dan pelestarian lingkungan seperti pengolahan sampah menjadi bahan baku produksi yang bisa memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat di Jawa Barat.

Jembatan Kemandirian yang bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat menjadi lebih mandiri. Hal ini diwujudkan dengan pemberian bantuan fasilitas usaha kepada para pekerja disabilitas di Bali dan Jawa Barat.

Terakhir adalah Jembatan Hati yang bertujuan untuk menunjukkan kepedulian dan empati terhadap masyarakat seperti pemberian bantuan kepada korban bencana alam di seluruh Indonesia.

"Kedepannya kami akan terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, yang merupakan komitmen kami sebagai badan hukum publik", tambah Evi.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga mempunyai program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran). Program ini bertujuan untuk menggalang solidaritas pelaku usaha swasta, BUMN/ BUMD melalui CSR dan masyarakat untuk aktif berkontribusi memberikan perlindungan kepada para pekerja rentan. BPJS Ketenagakerjaan juga sedang mengembangkan Landmark atau Ruang Terbuka Hijau untuk wahana masyarakat umum bersosialisasi dan pelestarian lingkungan di Bali dan Makasar.

Sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan juga telah berhasil menjadi finalis dalam ajang Sustainability Report Internasional, The Asia Sustainability Reporting Award 2017 di Singapura.

"Annual dan Sustainability Report adalah hal yang sangat penting dilakukan institusi sebagai wujud keterbukaan terhadap publik. Kami akan perbaiki terus kualitas pelaporan kami. Tahun depan kami bertekad untuk menjadi yang terbaik", tutup Evi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…