Survei Google, Tingkat Penggunaan Internet di Kalangan ibu Tumbuh Pesat

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 Februari 2018 - 15:52 WIB

Ilustrasi Pengguna Smartphone ( ist)
Ilustrasi Pengguna Smartphone ( ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penelitian baru dari Google bersama Kantar Worldpanel dan Kantar TNS mengungkap langkah-langkah offline dan online yang dilakukan konsumen di Indonesia sebelum membeli produk perawatan bayi.

Pada 2018, hampir 60% dari seluruh masyarakat Indonesia telah terhubung dengan Internet dan hampir 8 dari 10 pengguna Internet indonesia (79%) menggunakan Internet tiap hari terutama melalui smartphone.

Temuan yang mungkin mengejutkan adalah bahwa 1 dari 4 pengguna Internet Indonesia merupakan seorang ibu. Marketer yang ingin menyampaikan pesan kepada kelompok audiens ini perlu memastikan pesan mereka sesuai dengan cara para ibu Indonesia menjalankan peran mereka di masa sekarang.

Penelitian konsumen produk perawatan bayi ini menunjukkan bahwa:

Rumah tangga yang mengakses Internet lebih bernilai.Bagi brand produk perawatan bayi, rumah tangga yang menggunakan Internet 3,5x lebih bernilai daripada rumah tangga yang tidak.

Orang tua Indonesia melakukan riset online. Hampir 7 dari 10 (69%) pengguna Internet Indonesia melakukan riset produk perawatan bayi secara online. Dan untuk melakukannya, mereka menggunakan Google Penelusuran (poin kontak online pertama) dan situs brand (poin kontak kedua).

Orang Indonesia memanfaatkan video untuk belajar menjadi orang tua yang lebih baik. Video online menjadi sumber informasi yang semakin penting mengenai pengasuhan anak. Waktu tonton channel pengasuhan anak di YouTube bertambah hampir 5x (4,7x) secarayear-on-year di Indonesia pada 2017.

Penelitian ini memberikan gambaran menarik tentang cara-cara konsumen mencari dan memilih produk saat ini. Rata-rata pengguna Internet Indonesia memerlukan waktu 1 minggu untuk melakukan riset produk, tetapi (sebagian besar) riset dilakukan dalam hitungan jam dan menit sebelum pembelian.

Dengan memahami hal ini dan membagikan pesan yang relevan di momen-momen terakhir yang krusial tersebut, brand akan memiliki peluang untuk mengubah pikiran konsumen dan berhasil menjual produknya.

Para ibu menggunakan Internet untuk mencari segala macam informasi di semua tahap kehamilan dan pasca-kelahiran. Marketer cerdas harus menjangkau kelompok ini di media tempat mereka semakin banyak menghabiskan waktu dan mengambil keputusan membeli — yaitu di smartphonemereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.