Citilink Kaji Penerbangan Internasional ke Bandara Banyuwangi

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Februari 2018 - 13:29 WIB

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (Ist)
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (Ist)

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi- Maskapai penerbangan Citilink Indonesia sedang mengkaji kemungkinan membuka rute penerbangan internasional langsung ke Bandara Banyuwangi, Jawa Timur.

Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo saat bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Kamis (22/2/2018)  mengatakan bahwa pihaknya ingin ikut berkontribusi menggerakkan sektor pariwisata di wilayah paling timur Pulau Jawa itu.

"Kami optimistis bisa ikut membantu Banyuwangi mendatangkan wisatawan, menggerakkan perekonomian daerah," katanya.

Mulai pertengahan Februari 2018, anak usaha Garuda Indonesia yang dikenal sebagai maskapai berbiaya murah itu telah membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi sekali dalam sehari.

Juliandra menjelaskan kajian terkait dengan pembukaan rute internasional ke Banyuwangi itu seiring dengan upaya pemerintah untuk menjadi Bandara Banyuwangi sebagai bandara internasional. Sejumlah rute langsung yang ingin dijajaki, antara lain, dari Malaysia.

"Akan kami buat kajian. Saya kira prospeknya bagus. Ada banyak objek dan atraksi wisata di Banyuwangi ini. Selain itu, juga dekat dengan Bali yang tentu menguntungkan untuk paket wisata bersama," ujarnya.

Menurut Juliandra, momentum pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia pada bulan Oktober 2018 di Bali yang akan dihadiri ribuan delegasi seluruh dunia adalah kesempatan untuk menyiapkan beragam keperluan rute internasional.

Dalam ajang itu, kata dia, Bandara Banyuwangi telah ditetapkan sebagai bandara pendukung, sebagian delegasi resmi kenegaraan dari sejumlah negara akan mendarat di Bandara Banyuwangi.

"Sudah banyak yang mendukung Bandara Banyuwangi menjadi bandara internasional. Dukungan itu menunjukkan Banyuwangi punya potensi. Bandaranya juga keren, terminalnya berkonsep hijau dan unik, green terminal pertama di Indonesia," ujarnya seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, Direktur Utama Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Banyuwangi M. Awaluddin mengatakan bahwa pihaknya menginvestasikan dana Rp400 miliar, antara lain, untuk memperpanjang runway dan memperluas apron guna menjadi bandara internasional.

Selain itu, Angkasa Pura telah menjajaki kerja sama dengan maskapai internasional, salah satunya Jetstar, maskapai asal Australia untuk membuka rute internasional di Bandara Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan banyak pihak untuk kemajuan Banyuwangi, terutama di sektor wisata.

"Citilink punya segmen sendiri, misalnya kuat di kalangan traveler muda. Ini akan makin menambah banyak kunjungan wisatawan ke Banyuwangi dari Jakarta yang menjadi pasar terbesar wisatawan domestik dan hub terbesar kedua wisatawan mancanegara setelah Bali," ujar Anas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi aset kripto

Selasa, 19 Maret 2024 - 16:06 WIB

Bitcoin Koreksi Setelah Cetak ATH, Ini Strategi yang Perlu Dipertimbangkan

Minggu lalu  menjadi perjalanan rollercoaster bagi investor Aset Kripto, karena Bitcoin (BTC) mencapai rekor tertinggi sepanjang masa sebesar $73,000 pada Kamis (14/3/2024), namun aksi profit-taking membawa…

Prof. Budi Soesilo Supanji

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:48 WIB

President University Perkenalkan Budaya Indonesia di East-West Center AS

Ketua Yayasan President University Prof Budi Susilo Supanji akan bertolak ke Amerika Serikat (AS) dalam rangka menghadiri undangan East-West Center yang dibangun oleh Presiden John F Kennedy…

IFG Life

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:22 WIB

Sabet Penghargaan Asuransi, IFG Life Tegaskan Komitmen Pulihkan Kepercayaan Publik

Dalam menjalankan bisnisnya, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian. Perusahaan juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi untuk…

Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:12 WIB

GrabFood Hadirkan Fitur Pendukung Baru: Group Order Sekarang Bisa Langsung Split Bill dan Pengembalian Dana 100% untuk Dine-in Voucher

Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, hadirkan ragam fitur pendukung baru yang memanjakan pengguna layanan GrabFood untuk menikmati makanan dengan lebih praktis dan terjangkau. Untuk pemesanan…

Konten Dinamis Media Luar Griya AMG

Selasa, 19 Maret 2024 - 15:00 WIB

Adaptasi Inovasi Teknologi Periklanan OOH, Alternative Media Group Hadirkan Dynamic OOH

Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak ketinggalan turut mengadaptasi inovasi teknologi dalam periklanan OOH (Luar Griya) dengan menghadirkan…