Pemprov Kaltim Targetkan Investasi Rp37,06 Triliun 2018

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Februari 2018 - 13:16 WIB

Kapal pengangkut batu bara (ist)
Kapal pengangkut batu bara (ist)

INDUSTRY.co.id - Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tahun ini menargetkan mampu menarik investasi lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yakni mencapai Rp37,06 triliun atau mengalami kenaikan Rp8,86 triliun dibandingkan realisasi investasi 2017 yang tercatat Rp28,20 triliun.

"Target investasi Rp37,06 triliun tahun ini terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA)," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah di Samarinda, Kamis (22/2/2018)

Ia optimistis target tersebut tercapai karena perekonomian global mulai membaik yang berdampak pada membaiknya perekonomian tingkat nasional hingga ke Kaltim, sehingga kondisi ini juga akan mampu mendongkrak masuknya investor ke Provinsi Kaltim baik untuk investasi sektor pertanian, pertambangan, konstruksi, dan jenis usaha lainnya.

Keyakinan itu didasarkan pada perkembangan ekonomi dalam dua tahun terakhir yang terus membaik, misalnya pertumbuhan ekonomi Kaltim sepanjang tahun 2017 yang tumbuh di kisaran tiga persen, atau mengalami perbaikan ketimbang tahun 2015 dan 2016 yang mengalami kontraksi.

Dalam pertumbuhannya, andil dari sektor pertambangan masih memberikan andil yang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Kaltim, yakni dibuktikan dengan kinerja pertambangan batu bara yang terus membaik akibat dari membaiknya harga komoditas ini di tingkat global.

Komoditas batu bara, lanjutnya, tahun ini diperkirakan akan kembali memicu laju pertumbuhan ekonomi Kaltim yang sempat mengalami negatif di tahun-tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ekonomi Kaltim yang menunjukkan ke arah membaik di tahun 2017, lanjutnya, juga berkorelasi positif terhadap rasio investasi.

Indikasinya adalah membaiknya rasio realisasi investasi terhadap rencana investasi PMA dan PMDN 2017 yang sebesar 35,10 persen, atau mengalami kenaikan 21,03 persen ketimbang 2016 yang sebesar 14,07 persen.

"Tren perkembangan ekonomi dalam dua tahun, termasuk tren naiknya investasi dari tahun 2016 ke 2017 itulah yang kemudian membuat kami optimis bahwa nilai investasi Kaltim untuk tahun 2018 bakal meningkat, apalagi berbagai kawasan industri juga terus dibangun di sejumlah kabupaten/kota di Kaltim," ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…