Investor Korea Tertarik Bangun PLTU Bangka Tengah

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Februari 2018 - 13:10 WIB

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)
Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Koba- Investor dari Korea tertarik untuk menanamkan modalnya membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pembangunan PLTU tetap menjadi program kami, tetap lanjut dan malah sekarang ada perusahaan dari Korea, saya lupa namanya sudah masuk itu dan sudah saya disposisi ke bagian perizinan," kata Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh di Koba, Kamis (22/2/2018)

Ia menjelaskan pembangunan PLTU tersebut masih berproses dan pemerintah daerah berupaya secepatnya bisa direalisasikan karena dampaknya sangat luas untuk kemajuan daerah.

"Rencana pembangunan tidak berhenti, sekarang masih dalam proses dan memang ada kendala di antaranya perizinan namun kami optimistis bisa terealisasi," katanya.

Terkait pembebasan lahan, kata dia, disediakan sekitar 1.000 hektare atau lebih luas dari perencanaan awal yang hanya 300 hektare untuk kawasan PLTU itu.

"Rencana kami tidak hanya pembangunan PLTU saja, tetapi nanti disitu akan dijadikan kawasan terpadu yaitu industri, pariwisata dan jasa perdagangan," katanya kepada awak media.

Namun bupati tidak bisa memastikan kapan akan dimulai pembangunan PLTU dengan kapasitas 400 MW tersebut kendati sudah direncanakan sejak 2015.

"Belum bisa dipastikan kapan akan dimulai dan selesainya kapan, namun tetap berproses dan kami minta dukungan bersama karena kebutuhan energi daerah ini sudah sangat mendesak mengingat bersentuhan langsung dengan dunia investasi, jasa dan perdagangan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Apindo. (Foto: IST)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Dunia Usaha Mengeluh, Apindo Minta Pasal-Pasal RUU SDA Dianulir

RUU Sumber Daya Air yang saat ini sedang di godok di DPR menimbulkan banyak persoalan. Banyak pihak melihat pasal-pasal dalam RUU SDA harus di anulir. Hal itu disampaikan Tim Kajian Publik Asosiasi…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Menhub Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Keselamatan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia.

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Kecelakaan mobil di jalan raya (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

Libur Lebaran 2018, Angka Kecelakaan dan Pelanggaran di Jatim Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas (laka) dan pelanggaran pada "Operasi Ketupat Semeru 2018" untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Lebaran di wilayah Jawa Timur hingga hari ke-14 menurun…

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

DPR Desak Kemenhub Segera Benahi Semua Transportasi Air

Tim SAR Gabungan dan Posko Harian Mudik Nasional Kementerian Perhubungan diharapkan dapat bekerja maksimal mencari dan menemukan korban hilang pada tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan…