Pengerjaan Tol Palindra Seksi Pemulutan-Rambutan Dikebut

Oleh : Herry Barus | Jumat, 23 Februari 2018 - 13:04 WIB

Pembangunan jalan tol (Ist)
Pembangunan jalan tol (Ist)

INDUSTRY.co.id - Palembang- Kontruksi Jalan Tol Palembang Indralaya (Palindra) untuk seksi II Pemulutan-KTM Rambutan terus dikebut karena hingga kini baru tercapai 50 persen.

Manager Proyek Hutama Karya Divisi Tol Palindra Hasan Turcahyo di Palembang, Kamis,(22/2/2018) mengatakan, progres dari pengerjaan seksi II ini sangat menentukan apakah jalan tol ini rampung sebelum Asian Games XVIII pada Agustus mendatang.

"Sejauh ini masih ruas tol seksi I yakni Palembang-Indralaya sejauh 7 kilometer yang sudah dinikmati masyarakat sejak Lebaran tahun lalu, untuk seksi II Pemulutan-KTM Rambutan masih dikebut, sedangkan untuk Seksi III KTM Rambutan-Inderalaya sudah 97 persen," kata Hasan.

Ia mengatakan, seksi II Pemulutan-KTM Rambutan sejauh 5 kilometer masih dalam proses pengerjaan kontruksi, sedangkan seksi III KTM Rambutan-Indralaya dalam pengerjaan finishing dengan progres mencapai 97 persen.

Untuk pengerjaan seksi II ini dihadapkan sejumlah kendala mengingat saat ini sedang musim penghujan sehingga proses penimbunan tanah terkadang harus dihentikan jika hujan deras.

"Untuk seksi III tinggal finishing seperti marka jalan, pemasangan penerangan jalan dan sebagainya. Namun untuk seksi II karena sempat terganjal masalah pembebasan lahan jadi progresnya pun lambat," kata dia.

Jalan Tol Palindra untuk seksi III saat ini dalam tahap pengaspalan jalan, namun sebagian besar dalam tahapan penimbunan dan pengerjaan vakum.

Selain fokus pada pengerjaan ruas jalan tol, Hutama Karya juga tengah mengerjakan akses jalan keluar KTM Rambutan sekitar 1 kilometer dan 1 akses interchange serta sejumlah akses jalan Selain itu, demi menjaga kelancaran pembangunan proyek tol tersebut, Hutama Karya juga memasang sejumlah CCTV atau kamera pengintai. Ke depan, HK akan memasang di semua titik sehingga dapat merekam semua aktivitas yang terjadi di ruas jalan tol.

"Di interchange, kami sudah lakukan pengangkatan material konstruksi. Ini yang membutuhkan crane untuk mengangkat girder (balok) setinggi 6 meter tetapi kegiatan ini sudah selesai pada 16 Februari lalu," kata dia.

Oleh karena itu, pengerjaan Tol Palindra diyakini pada Mei 2018 sudah selesai secara keseluruhan karena saat ini sudah mencapai 80 persen.

"Bahkan pada Juli 2018 sudah bisa digunakan masyarakat," kata Hasan.

Provinsi Sumatera Selatan sejak lama menantikan hadirnya infrastruktur tol, layaknya provinsi-provinsi di Jawa, untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah yang bertumpu pada sektor perkebunan.

Lahirnya proyek strategis nasional Tol Transsumatera dari Aceh hingga Lampung memunculkan gairah baru di Sumsel yang sejak lama berkutat pada persoalan akut, yakni kelancaran transportasi antarkabupaten dan provinsi.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) berinteraksi dengan pelanggan GraPARI TelkomGroup Medan dalam rangkaian acara Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2024 di Medan, beberapa waktu lalu.

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Safari Ramadan 1445 H TelkomGroup: Tinjau Kesiapan Infrastruktur Layanan Telekomunikasi dan Salurkan Bantuan CSR

Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali melaksanakan kegiatan tahunan Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup…

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan Dankodiklat TNI

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI, dari Letjen TNI Eko Margiyono kepada…

Usai Emban Misi Kemanusiaan, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Tiba Di Tanah Air

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:24 WIB

Usai Emban Misi Kemanusiaan, KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Tiba Di Tanah Air

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, bertindak sebagai inspektur upacara saat menyambut kedatangan KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 seusai mengemban misi kemanusian bantuan korban konflik…