Berikut Rekam Jejak Kecelakaan Konstruksi Pemerintahan Jokowi

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 23 Februari 2018 - 07:10 WIB

Tiang ginder Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) (Foto Dok Industry.co.id)
Tiang ginder Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Upaya pemerintah dalam menggenjot pembangunan infrastruktur untuk pemerataan ekonomi di pelosok Indonesia patut diapresiasi, namun pada saat yang sama, banyaknya pembangunan infrastruktur telah meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja, khususnya di sektor konstruksi.

Berikut Deretan Kecelakaan Kerja Proyek Konstruksi ditahun 2018

1. Tiang pancang proyek tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu), Selasa (20/2/2018).

Tiang pancang proyek tol Becakayu roboh, Selasa (20/2/2018) pagi. Dilaporkan, tujuh pekerja tertimpa tiang pancang yang roboh itu, dan kini dalam keadaan kritis.

Seluruh korban pekerja kritis karena tiang girder ambruk, tulis twitter Polda Metro Jaya. Semua korban sudah berhasil dievakuasi dan dilarikan ke RS UKI dan RS Polri Kramat Jati.

Hingga saat ini petugas masih melakukan olah TKP dan melakukan evakuasi di lokasi kejadian.

2. Jalur Kereta Bandara Soekarno Hatta Longsor, Senin (5/2/2018).

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek mengakibatkan aktivitas di underpass jalur kereta Bandara Soekarno Hatta longsor, Senin 5 Februari 2018 terganggu. Selain mengganggu operasional kereta bandara, longsor yang berada tepat di Jalan Parimeter Selatan, Tangerang ini mengakibatkan sebuah mobil tertimbun.

Satu orang yang terjebak di dalam kendaraan yang tertimbun longsor dilaporkan tewas.

Saat longsor terjadi, kereta jurusan Bandara Soekarno Hatta sempat melintas. Namun, demi keselamatan penumpang, kereta yang sedang menuju ke bandara diminta mundur oleh warga.

3. Crane Pengangkut Beton Proyek DDT di Matraman, Jakarta Timur, Minggu (4/2/2018).

Crane pengangkut beton proyek Double Double Track (DDT) di Jalan Matraman Raya, Jatinegara, ambruk pada Minggu 4 Februari pagi. Kecelakaan ini menyebabkan empat pekerja tewas, sementara sejumlah pekerja lainnya luka-luka.

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu, kelima orang pekerja sedang menaikkan bantalan rel dengan menggunakan crane. Saat bantalan rel sudah di atas, dudukannya ternyata tidak pas, sehingga bantalan rel jatuh menimpa korban.

Dua pekerja tewas di lokasi kejadian, sementara dua lainnya meninggal di Rumah Sakit Premier Jatinegara dan Rumah Sakit Hermina Jatinegara.

4. Beton Girder Proyek LRT Pulo Gadung, Jakarta Timur, Senin (22/1/ 2018).

Konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT) di Jalan Kayu Raya, Pulo Gadung, Jakarta Timur, roboh, Senin 22 Januari 2018 dini hari. Akibatnya, lima pekerja proyek transportasi massal yang dikerjakan sejak pertengahan tahun 2016 itu terluka.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta merilis, peristiwa ambruknya girder beton LRT terjadi sekitar pukul 00.20 WIB. Lima korban luka akibat peristiwa tersebut mengalami luka ringan akibat reruntuhan material lain.

5. Beton girder proyek Jalan Tol Depok-Antasari, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2018).

Beton girder proyek Jalan Tol Depok-Antasari, Jakarta Selatan roboh, Selasa (2/1/2018), pukul 10.00 WIB. Beton girder ambruk diduga lantaran tersenggol alat berat. Tidak ada korban dalam insiden ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…