KI Jorong Bisa Jadi Contoh Kawasan Industri Luar Jawa yang Dapat Bersaing di Asia

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Februari 2018 - 07:30 WIB

Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur Kawasan Industri Jorong, Wishnu Soehardjo (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur Kawasan Industri Jorong, Wishnu Soehardjo (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Presiden Direktur PT Jorong Port Development (Kawasan Industri/ KI Jorong) Wishnu Soehardjo melaporkan perkembangan KI Jorong kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Kami melaporkan terkait perkembangan kawasan industri Jorong ke Menperin. Selain itu, kami juga keluhkan masalah perizinan," ujar Wishnu kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Ia menuturkan, saat ini investor masih wait and see, dikarenakan masih menuggu perizinan yang belum didapat. "Yang mau masuk pending, nunggu perizinan selesai," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, posisi Jorong sangat strategis, karena posisinya sendiri tepat ditengah Indonesia. Dan kawasan industri Jorong ini tidak hanya bersaing secara lokal, namun berharap bisa bersaing secara nasional dengan negaranegara lain.

"Posisi kita sangat strategis, ada pelabuhan yang akan selesai tahun ini. Selain itu, ada trans kalimantan rail road, lokasi kita dekat dari bandara Samsudin Noor, nanti juga akan dibangun bandara Mauluka Baulin, jadi semuanya terintegrasi," ungkapnya.

Menurutnya, lokasi kawasan industri Jorong akan dikelilingi oleh beberapa darmaga yang akan mendukung dua klastering industri yaitu hilirisasi besi baja dan di bidang pertanian serta perkebunan.

"Selain itu, nantinya juga akan ada kawasan logistik, sarana transportasi dan lainnya," kata Wishnu.

Ia melanjutkan, Menperin Airlangga berharap kawasan industri Jorong bisa dijadikan proyek percontohan kawasan industri di luar Jawa khususnya di Kalimantan.

"Kemenperin akan membantu percepatan perizinan antara lain dengan koordinasi dengan instansi-instansi terkait seperti Kementrian ATR/BPN dan Pemda," imbuhnya.

Wishnu berharap kawasan industri Jorong dapat beroperasi pada Januari 2019, sesuai dengan terget yang telah ditetapkan. "Untuk itu, kami berharap perizinan bisa selesai bulan Maret 2018, sehingga kami bisa mulai melakukan pembangunan pada bulan April 2018," ucap Wishnu.

Sejalan dengan harapan Menperin, Wishnu yakin kawasan industri Jorong bisa jadi percontohan bagi kawasan industri diluar jawa yang bisa bersaing dengan kawasan-kawasan industri lain di Asia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…