KI Jorong Bisa Jadi Contoh Kawasan Industri Luar Jawa yang Dapat Bersaing di Asia

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Februari 2018 - 07:30 WIB

Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur Kawasan Industri Jorong, Wishnu Soehardjo (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur Kawasan Industri Jorong, Wishnu Soehardjo (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Presiden Direktur PT Jorong Port Development (Kawasan Industri/ KI Jorong) Wishnu Soehardjo melaporkan perkembangan KI Jorong kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Kami melaporkan terkait perkembangan kawasan industri Jorong ke Menperin. Selain itu, kami juga keluhkan masalah perizinan," ujar Wishnu kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Ia menuturkan, saat ini investor masih wait and see, dikarenakan masih menuggu perizinan yang belum didapat. "Yang mau masuk pending, nunggu perizinan selesai," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, posisi Jorong sangat strategis, karena posisinya sendiri tepat ditengah Indonesia. Dan kawasan industri Jorong ini tidak hanya bersaing secara lokal, namun berharap bisa bersaing secara nasional dengan negaranegara lain.

"Posisi kita sangat strategis, ada pelabuhan yang akan selesai tahun ini. Selain itu, ada trans kalimantan rail road, lokasi kita dekat dari bandara Samsudin Noor, nanti juga akan dibangun bandara Mauluka Baulin, jadi semuanya terintegrasi," ungkapnya.

Menurutnya, lokasi kawasan industri Jorong akan dikelilingi oleh beberapa darmaga yang akan mendukung dua klastering industri yaitu hilirisasi besi baja dan di bidang pertanian serta perkebunan.

"Selain itu, nantinya juga akan ada kawasan logistik, sarana transportasi dan lainnya," kata Wishnu.

Ia melanjutkan, Menperin Airlangga berharap kawasan industri Jorong bisa dijadikan proyek percontohan kawasan industri di luar Jawa khususnya di Kalimantan.

"Kemenperin akan membantu percepatan perizinan antara lain dengan koordinasi dengan instansi-instansi terkait seperti Kementrian ATR/BPN dan Pemda," imbuhnya.

Wishnu berharap kawasan industri Jorong dapat beroperasi pada Januari 2019, sesuai dengan terget yang telah ditetapkan. "Untuk itu, kami berharap perizinan bisa selesai bulan Maret 2018, sehingga kami bisa mulai melakukan pembangunan pada bulan April 2018," ucap Wishnu.

Sejalan dengan harapan Menperin, Wishnu yakin kawasan industri Jorong bisa jadi percontohan bagi kawasan industri diluar jawa yang bisa bersaing dengan kawasan-kawasan industri lain di Asia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan dalam acara penghargaan Industri Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:40 WIB

Penerapan Industri Hijau Mampu Hemat Energi Sebesar Rp1,8 Triliun dan Air Mencapai Rp 27 Miliar

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, hasil assessement penghargaan industri hijau tahun 2018, diperoleh penghematan energi sesebesar Rp 1,8 miliar dan air sebesar Rp 27 miliar.

Mayjen Hafil digadang-gadang jadi pimpinan PB POBSI

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:36 WIB

‎19 Pengprov POBSI Alihkan Dukungan ke Mayjen Hafil

Jakarta - Sebanyak 19 Pengurus Provinsi Persatuan Olah Raga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) mengalihkan dukungannya ke Mayjen TNI A Hafil sebagai Ketua Umum PB POBSI. Sebelumnya dukungan ini…

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 13:22 WIB

Menperin: Konsumsi Olahan Buah Masih Rendah, Indonesia Miliki Peluang Besar di Industri Mamin

Menteri Airlangga mengatakan, Indonesia sebagai negara tropis penghasil buah-buahan eksotis mempunyai potensi dalam pengembangan produk olahan buah seperti buah dalam kaleng, minuman sari buah,…

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 12:42 WIB

Dukung Industri 4.0, Re.juve Datangkan Teknologi High-Pressure Pertama di Indonesia

PT Sewu Segar Primatama (anak perusahaan PT Sewu Sentral Primatama), perusahaan nasional pemroduksi coId-pressed juice dengan merek dagang Re.juve, meresmikan Real CoId-Pressed Facility (CPF)…

Para Pemain, Sutradara, dan Produser film Down Swan

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:54 WIB

Film Down Swan Angkat Tema Tentang Anak Down Syndrom

Di tengah booming-nya film horor, production house (PH) baru bernama Adiksi Film siap memproduksi film drama keluarga yang bercerita seputar dunia anak anak berkebutuhan khusus, berjudul Down…