KI Jorong Bisa Jadi Contoh Kawasan Industri Luar Jawa yang Dapat Bersaing di Asia

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Februari 2018 - 07:30 WIB

Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur Kawasan Industri Jorong, Wishnu Soehardjo (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur Kawasan Industri Jorong, Wishnu Soehardjo (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Presiden Direktur PT Jorong Port Development (Kawasan Industri/ KI Jorong) Wishnu Soehardjo melaporkan perkembangan KI Jorong kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Kami melaporkan terkait perkembangan kawasan industri Jorong ke Menperin. Selain itu, kami juga keluhkan masalah perizinan," ujar Wishnu kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Ia menuturkan, saat ini investor masih wait and see, dikarenakan masih menuggu perizinan yang belum didapat. "Yang mau masuk pending, nunggu perizinan selesai," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, posisi Jorong sangat strategis, karena posisinya sendiri tepat ditengah Indonesia. Dan kawasan industri Jorong ini tidak hanya bersaing secara lokal, namun berharap bisa bersaing secara nasional dengan negaranegara lain.

"Posisi kita sangat strategis, ada pelabuhan yang akan selesai tahun ini. Selain itu, ada trans kalimantan rail road, lokasi kita dekat dari bandara Samsudin Noor, nanti juga akan dibangun bandara Mauluka Baulin, jadi semuanya terintegrasi," ungkapnya.

Menurutnya, lokasi kawasan industri Jorong akan dikelilingi oleh beberapa darmaga yang akan mendukung dua klastering industri yaitu hilirisasi besi baja dan di bidang pertanian serta perkebunan.

"Selain itu, nantinya juga akan ada kawasan logistik, sarana transportasi dan lainnya," kata Wishnu.

Ia melanjutkan, Menperin Airlangga berharap kawasan industri Jorong bisa dijadikan proyek percontohan kawasan industri di luar Jawa khususnya di Kalimantan.

"Kemenperin akan membantu percepatan perizinan antara lain dengan koordinasi dengan instansi-instansi terkait seperti Kementrian ATR/BPN dan Pemda," imbuhnya.

Wishnu berharap kawasan industri Jorong dapat beroperasi pada Januari 2019, sesuai dengan terget yang telah ditetapkan. "Untuk itu, kami berharap perizinan bisa selesai bulan Maret 2018, sehingga kami bisa mulai melakukan pembangunan pada bulan April 2018," ucap Wishnu.

Sejalan dengan harapan Menperin, Wishnu yakin kawasan industri Jorong bisa jadi percontohan bagi kawasan industri diluar jawa yang bisa bersaing dengan kawasan-kawasan industri lain di Asia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…