KI Jorong Bisa Jadi Contoh Kawasan Industri Luar Jawa yang Dapat Bersaing di Asia

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 Februari 2018 - 07:30 WIB

Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur Kawasan Industri Jorong, Wishnu Soehardjo (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto bersama Presiden Direktur Kawasan Industri Jorong, Wishnu Soehardjo (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Presiden Direktur PT Jorong Port Development (Kawasan Industri/ KI Jorong) Wishnu Soehardjo melaporkan perkembangan KI Jorong kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

"Kami melaporkan terkait perkembangan kawasan industri Jorong ke Menperin. Selain itu, kami juga keluhkan masalah perizinan," ujar Wishnu kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Ia menuturkan, saat ini investor masih wait and see, dikarenakan masih menuggu perizinan yang belum didapat. "Yang mau masuk pending, nunggu perizinan selesai," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, posisi Jorong sangat strategis, karena posisinya sendiri tepat ditengah Indonesia. Dan kawasan industri Jorong ini tidak hanya bersaing secara lokal, namun berharap bisa bersaing secara nasional dengan negaranegara lain.

"Posisi kita sangat strategis, ada pelabuhan yang akan selesai tahun ini. Selain itu, ada trans kalimantan rail road, lokasi kita dekat dari bandara Samsudin Noor, nanti juga akan dibangun bandara Mauluka Baulin, jadi semuanya terintegrasi," ungkapnya.

Menurutnya, lokasi kawasan industri Jorong akan dikelilingi oleh beberapa darmaga yang akan mendukung dua klastering industri yaitu hilirisasi besi baja dan di bidang pertanian serta perkebunan.

"Selain itu, nantinya juga akan ada kawasan logistik, sarana transportasi dan lainnya," kata Wishnu.

Ia melanjutkan, Menperin Airlangga berharap kawasan industri Jorong bisa dijadikan proyek percontohan kawasan industri di luar Jawa khususnya di Kalimantan.

"Kemenperin akan membantu percepatan perizinan antara lain dengan koordinasi dengan instansi-instansi terkait seperti Kementrian ATR/BPN dan Pemda," imbuhnya.

Wishnu berharap kawasan industri Jorong dapat beroperasi pada Januari 2019, sesuai dengan terget yang telah ditetapkan. "Untuk itu, kami berharap perizinan bisa selesai bulan Maret 2018, sehingga kami bisa mulai melakukan pembangunan pada bulan April 2018," ucap Wishnu.

Sejalan dengan harapan Menperin, Wishnu yakin kawasan industri Jorong bisa jadi percontohan bagi kawasan industri diluar jawa yang bisa bersaing dengan kawasan-kawasan industri lain di Asia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pelabuhan (Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:15 WIB

PORT Bidik Rights Issue Senilai Rp1,1 Triliun

INDUSTRY.co.id - PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) siap melakukan rights issue 1,5 miliar lembar saham.

Ilustrasi Ekspor (ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 20:00 WIB

Komoditi Indonesia Tertekan Perang Dagang AS-China

INDUSTRY.co.id - Perang dagang AS dan China diperkirakan akan berdampak ke ekonomi Indonesia. AS menerapkan tarif hingga 25 persen dari barang impor China, tak mau kalah China akan membalas…

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Juni 2018 - 19:00 WIB

Pariwisata Kalteng Miliki Potensi Luar Biasa Tapi Kurang Promosi

Ketua Komisi C DPRD Kalimantan Tengah, Syamsul Hadi, menilai objek wisata di provinsi ini memiliki potensi yang luar biasa, namun promosinya sangat minim sehingga kurang optimal dalam menarik…

OPEC (Foto Ist)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:54 WIB

AS-China Turunkan Harga Minyak, OPEC Akan Tentukan Produksi Minyak

INDUSTRY.co.id - Saudi Arabia Pemimpin Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) dan Rusia mengusulkan pengurangan produksi namun ditentang sebagian anggota OPEC lainnya. Hal…

Megawati Sukarno Putri. (Foto: IST)

Selasa, 19 Juni 2018 - 18:00 WIB

Ketum PDI-P Dijadwalkan Hadiri Haul Bung Karno di Blitar

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dijadwalkan menghadiri acara haul ayahnya, Soekarno (Bung Karno), yang masih dalam satu rangkaian peringatan bulan Bung Karno di kawasan makam, Kelurahan…