Kembangkan Energi Baru dan Terbarukan, Len MOU dengan IPS Bulgaria

Oleh : Ridwan | Kamis, 22 Februari 2018 - 15:15 WIB

Penandatanganan MoU PT Len Industri dengan IPS Bulgaria (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)
Penandatanganan MoU PT Len Industri dengan IPS Bulgaria (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta, PT Len Industri (Persero) jalin kerja sama dengan International Power Supply (IPS) perusahaan Bulgaria yang berpengalaman dalam pengembangan dan konversi teknologi energi.

Kerja sama yang disepakati adalah memaksimalkan kemampuan para pihak untuk peningkatan sumberdaya dan keahlian dalam pendidikan, penelitian dan pengembangan teknologi energi baru terbarukan dan ketenagalistrikan.

Direktur Utama Len, Zaky Gamal Yasin menjelaskan, kerja sama dengan IPS ini terkait pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia.

"Kerja sama ini dalam bentuk mengembangkan energi terbarukan di Indonesia bersama dengan ITB & Unhan agar dapat segera di gunakan dengan lebih efisien dan efektif" kata Zaky dalam konferensi pers di Renewable Innovation Forum di Hotel Kempinski Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Acara yang diselenggarakan oleh The Purnomo Yusgiantoro Center turut menghadirkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, CEO IPS Alexander Rangelov serta Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria Astari Rasjid.

Zaky menambahkan, dalam kerja sama ini, Len bersama IPS akan mengembangkan teknologi baru agar investasi dalam solar energy ini semakin murah. "Rencana akan disusun agar sesuai dengan kebutuhan dan rencana pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia," terangnya.

Selain itu, Zaky mengatakan, ke depannya juga akan dibentuk tim perancang kerja sama. "Dengan adanya tim ini, diharapkan dapat menyusun secara rinci hal-hal yang akan dikerjasamakan antara Len dan IPS," kata Zaky.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi adanya kerja sama antara Len dan IPS tersebut. Jonan berharap ke depannya Len bersama IPS dapat mengembangkan energi baru terbarukan di Indonesia.

"Saya senang akhirnya Len dan IPS menjalin kerjasama seperti ini, IPS yang telah memiliki pengalaman dalam energi baru terbarukan dapat diaplikasikan bersama Len," ungkap Jonan.

Jonan berharap dengan kerja sama ini dapat membantu mengembangkan dan mengaplikasikan energi baru terbarukan di Indonesia. "Rencana kerja nya harus sesuatu yang bisa diimplementasikan dengan cepat lalu dikembangkan setiap tahunnya." Harap Jonan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Eksekutif IHW Ikhsan Abdullah saat bedah buku karyanya berjudul Mere(i)butkan Sertifikasi Halal di Jakarta, Selasa (11/12) (INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 05:08 WIB

Jaga Iklim Usaha, Pemerintah Diminta Jalankan Sertifikasi Halal

Lembaga advokasi Indonesia Halal Watch (IHW) mendorong pemerintah untuk menjalankan Undang-Undang No 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH). Dengan memperkuat LPPOM MUI melalui…

Kue jajanan (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:35 WIB

Waspada! Banyak Jajanan Sekolah Tak Higienis

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya menyatakan masih banyak ditemukan jajanan sekolah di Jawa Timur tidak higienis meski temuan jajanan pangan di tempat pendidikan yang mengandung…

Institut Pertanian Bogor IPB (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:29 WIB

IPB-USM Sepakat Kembangkan Lingkungan Maritim Era 4.0

Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama dengan Universitas Sains Malaysia (USM) yang fokus pada pembangunan dan pemberdayaan lingkungan maritim serta pesisir dengan pendekatan inovatif…

Halal makanan (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:23 WIB

MUI Diminta Ambil Alih Sementara Sertifikasi Halal

Majelis Ulama Indonesia diminta mengambil alih sementara proses sertifikasi halal yang sifatnya wajib (mandatory) sesuai Undang-undang Jaminan Produk Halal karena Badan Penyelenggara JPH belum…

Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 04:20 WIB

Hoaks Membuat Anak Bangsa Saling Membenci

Ulama ternama dari Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr H Muhammad Zainul Majdi atau dikenal Tuan Guru Bajang (TGB) menyatakan berita bohong (hoaks) yang disebar melalui berbagai media membuat anak…