Reliance Group Akuisisi Saham BNII di WOM Finance

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 13 Januari 2017 - 09:30 WIB

Anton Budidjaja, Direktur Utama Reliance Group (Foto:reliance-life)
Anton Budidjaja, Direktur Utama Reliance Group (Foto:reliance-life)

INDUSTRY.co.id, Jakarta – PT Reliance Capital Management (Reliance Group) mengakuisisi 68,55% saham di PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF) alias WOM Finance. Saham tersebut milik PT Maybank Indonesia Tbk (BNII). Tindakan korporasi itu diindikasikan oleh penandatanganan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat (PPSB) antara Reliance Group dengan BNII.
 
“Akuisisi ini adalah langkah strategis Reliance Group dalam mengembangkan bisnis sebagai penyedia jasa keuangan kepada masyarakat di Indonesia,” ujar Anton Budidjaja, Direktur Utama Reliance Group, di Jakarta, Kamis (12/01/2017).
 
Selain itu, demikian Anton, akuisisi tersebut juga untuk meningkatkan sinergi bisnis antara bisnis WOM Finance di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dengan bisnis yang dikelola Reliance Group di sektor investasi, perlindungan dan pembiayaan. Karena itu, akuisisi tersebut akan melengkapi layanan jasa keuangan Reliance Group, khususnya di sektor pembiayaan sepeda motor dan multiguna.
 
Saat ini, Reliance Group memiliki 7,5 juta nasabah. Karena itu, akuisisi yang dilakukan terhadap WOM Finance yang memiliki jutaan nasabah akan mendorong pertumbuhan jumlah nasabah Reliance Group yang ditargetkan mencapai 50 juta nasabah pada 2020 mendatang.
 
Anton mengemukakan, Reliance Group akan mengembangkan bisnis WOM Finance agar dapat menjadi perusahaan jasa keuangan bertaraf internasional di Indonesia dengan menjalankan bisnis pembiayaan kendaraan bermotor dan multiguna.
 
Disamping itu, menurut Anton, kendati telah menguasai saham mayoritas di WOM Finance, Reliance Group akan tetap bekerjasama dengan seluruh kreditur dan pemegang obligasi WOM Finance, serta Maybank Indonesia sebagai salah satu mitra strategis, terutama dalam hal pembiayaan bersama (joint financing).***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…