Penggunaan 90 Persen Bahasa Jawa di Film Yo Wis Ben Menuai Pujian

Oleh : Amazon Dalimunthe | Rabu, 21 Februari 2018 - 10:57 WIB

salah satu adegan film "Yo Wis Ben" dengan Pemeran Utama Bayu Skak dan Cut Meyriska
salah satu adegan film "Yo Wis Ben" dengan Pemeran Utama Bayu Skak dan Cut Meyriska

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Sebuah film musikal yang berlatar belakang salah satu suku yang ada di Indonesia yakni Jawa khususnya Jawa Timur akan beredar di bioskop tanggal 22 februari 2108 besok. Film yang berjudul Yo Wis Ben dibintangi oleh Bayu Skak sebagai tokoh utama, kemudian ada Cut Meyriska, Brandon Salim, Joshua Suherman, Glence Chysara, Aliyah Faizah dan Tutus Thomson dan diproduksi oleh Kharisma Starvision.

Film ini sebagian besar menggunakan bahasa Jawa dalam dialognya. Untuk memudahkan penonton yang non Jawa memahami film ini, disediakan teks terjemahan. Tapi tidak terjemahan langsung tapi makna dari kata atau kalimat yang diucapkan para pemainnya, kata Bayu Skak.

Sebagai penggagas cerita film ini mengatakan penggunaan bahasa Jawa dalam film ini mencakup 80 persen. Penggunaan bahasa Jawa menjadi hal yang sengaja ingin ia tonjolkan. saya ingin menunjukkan keragaman suku suku yang ada di Indonesia. Dulu ada film menggunakan bahasa Bugis yang berjudul Uag Panai dan berhasil meraih penonton yang banyak, maka saya juga berharap hal yang sama, ujarnya.

Tentang kota Malang yang jadi latar belakang cerita, Bayu Skak tidak menampik bahwa ia memang ingin memberi sesautu bagi kota kelahiraannya itu. Saya lahir di Malang. Besar di Malang. Jadi saya ingin berkarya sesuatu hal tentang tanah kelahiran saya, ujar Bayu.

Sementara itu Chand Parwez Servia selaku produser mengatakan penggunaan bahasa ibu di perfiman nasional adalah bukti keragaman Indonesia. Ia mengapresiasi kreativitas Bayu dalam penggunaan bahasa Jawa.Saya paham Yowis Ben ini harus tetap memakai dialog bahasa Jawa dengan terjemahan karena mengambil lokasi syuting di Malang, ujar Parwez.

Saya dulu pernah bikin film berbahasa Sunda berjudul Kabayan. Dan masyarakat mau menerimanya. Saya harap juga Yo Wis Ben bisa diterima oleh masyakarat pengguna bahasa daerah lainnya, tambah Parwez.

Sementara itu, sutrada film Fajar Nugros mengatakan meskipun film ini menggunakan bahasa Jawa, namun penonton dipastikan tidak akan kesulitan memahami dialog dalam film. Ada terjemahan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dalam film.

Dalam proses penggarapan film, Bayu juga duduk sebagai co director sehingga penerjemahan bahasa bisa berjalan dengan baik. Fajar berharap film ini bisa dinikmati oleh remaja, khususnya di Jawa Timur dan Jawa tengah, dan remaja seluruh Indonesia pada umumnya. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…