Hanwha Life Lepas Saham Asing ke Publik

Oleh : Herry Barus | Jumat, 13 Januari 2017 - 08:04 WIB

Ilustrasi Asuransi (bisnisasuransiindo.com)
Ilustrasi Asuransi (bisnisasuransiindo.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan asuransi jiwa asal Korea Selatan, Hanwha Life, berencana melepas saham asing yang dimiliki melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

"Sesuai harapan Hanwha menjadi top 10 perusahaan asuransi jiwa, kami ingin terus mengembangkan bisnis dan menjadi perusahaan IPO atau perusahaan terbuka yang dimiliki masyarakat Indonesia," kata CEO Hanwha Life Insurance Indonesia, Hyun Jung Seop, di Jakarta, Kamis (12/1/2017).

Peningkatan dana tersebut nantinya untuk merestrukturisasi modal sebagai upaya mencapai target pertumbuhan perusahaan secara optimal dan mengembangkan bisnis dalam tiga jalur yakni keagenan, bancassurance dan grup bisnis.

Finance Accounting Head Hanwha Life Insurance Indonesia, Robertus Deddy Gunawan, mengatakan pada IPO nanti rencananya porsi asing akan diturunkan menjadi 80 persen dari 99 persen sesuai dengan regulasi.

"Kami rencanakan ke publik secara porsi 20 persen. Kami akan berupaya menjalin komunikasi dari emiten ke pasar mengenai langkah-langkah korporasi agar pasar mengetahui ekspektasi yang disampaikan dan bagaimana realisasinya," ucap dia.

Robertus mengaku belum dapat memperhitungkan jumlah dana raihan dari pelepasan 20 persen. Namun, dana tersebut dipastikan akan digunakan untuk pengembangan sarana dan perekrutan SDM.

"Target dana IPO belum diperhitungkan, tapi kalau profit kami perkirakan Rp50 miliar pada 2020 dan selanjutnya berkembang hingga 2025 bisa mencapai Rp398 miliar berdasarkan proyeksi yang dibuat dalam 10 tahun ke depan," kata dia.

Melalui proses IPO, Hanwha Life juga berharap dapat meningkatkan transparansi dan mekanisme pengawasan terintegrasi dengan melibatkan publik, sehingga pada akhirnya berdampak kepada pertumbuhan industri asuransi yang sehat.

Hanwha Life masuk ke Indonesia sejak 24 Oktober 2013. Per Desember 2016, collected premium Hanwha Life telah mencapai Rp209 miliar dengan total aset kelolaan senilai Rp475 miliar.

Jumlah agen asuransi Hanwha Life hingga saat ini berjumlah lebih dari 3.100 agen.

Hanwha Life juga telah memiliki 12 kantor pemasaran yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, dan ditargetkan akan terus bertambah di tahun 2017 sebanyak 18 kantor pemasaran dan 11 general agency office.(Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan KH Maruf Amin (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 21:32 WIB

Jokowi-Ma`ruf Amin Nomor Urut 1, Prabowo - Sandiaga Uno Nomor Urut 2

Pasangan Joko Widodo-KH. Ma`ruf Amin mendapatkan nomor urut 1 dalam Pemilu Presiden 2019. Dengan demikian, pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga S Uno memperoleh nomor urut 2.

Ilustrasi Rokok Ilegal ((Ist)

Jumat, 21 September 2018 - 19:59 WIB

Dampak Peredaran Rokok Ilegal, Negara Dirugikan Rp 1 Triliun Pertahun

Peredaran rokok ilegal (tanpa cukai) di Tanah Air ternyata masih cukup besar. Berdasar temuan tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui survei cukai rokok ilegal sepanjang tahun 2018, ditemukan…

Hikvision Luncurkan EZVIZ

Jumat, 21 September 2018 - 19:50 WIB

Dolar AS Naik, Pasar CCTV Alami Penurunan Penjualan

Nilai tukar rupiah masih menunjukan tren pelemahan. Kurs mata uang Garuda masih bertengger di level Rp 14.898 per dolar Amerika Serikat.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 21 September 2018 - 19:30 WIB

Menperin Yakinkan Investor Singapura untuk Tingkatkan Investasi di Indonesia

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto meyakinkan kepada investor dan pelaku usaha Singapura untuk meningkatkan investasinya di Indonesia.

Beras Impor (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 19:20 WIB

Polemik Impor Beras, Siapa Layak Dievaluasi ?

Hembusannya seperti menemukan momentum saat terjadi polemik impor beras antara Dirut Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) dan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita.