Menko Luhut Sebut AirAsia akan Jadikan Bandara Silangit Hub

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 20 Februari 2018 - 15:30 WIB

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)
Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bos AirAsia, Tony Fernandes, akan menjadikan Bandara Internasional Silangit di Siborong-Borong, Sumatera Utara, menjadi hub penerbangan.

"Tony Fernandes, dia mau investasi, mau bikin Silangit jadi hub," kata Luhut ditemui di Kemenko Maritim Jakarta, Senin (19/2/2018) setelah memggelar pertemuan dengan CEO Grup AirAsia itu.

Menurut mantan Menko Polhukam itu, dengan jadi hub, bandara yang berada di kawasan Danau Toba itu akan dapat dibanjiri wisatawan dari berbagai negara yang menggunakan layanan maskapai asal Malaysia itu.

Terlebih, jaringan AirAsia diklaim merupakan yang terluas di Asia dan Australia.

"Nanti dari India, Pakistan, Kuala Lumpur, Singapura, China, Thailand (bisa ke Silangit) nanti dia akan bikin hub (di Silangit)," katanya.

Meski tidak menjelaskan secara rinci kapan rencana masuknya rute penerbangan AirAsia, Luhut meminta agar rencana tersebut bisa terealisasi sebelum perhelatan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali, Oktober mendatang.

"Pokoknya saya bilang sebelum nanti 'Anuual Meeting IMF-World Bank' sudah jadi. Dia (Tony) bilang ya, sebelum itu sudah jadi," katanya.

Sebelumnya, saat menghadiri World Economic Forum di Davos, Swiss, awal Februari lalu, Luhut sempat bertemu dengan CEO AirAsia Tony Fernandes.

Tony bahkan berjanji akan membawa wisatawan mancanegara (wisman) dari beberapa negara untuk berkunjung ke Danau Toba, yang kini menjadi destinasi wisata baru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.