Masih Pakai Mesin Tua, Industri TPT Minta Revitalisasi Permesinan

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Februari 2018 - 09:30 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagian besar industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional hingga saat ini masih menggunakan peralatan mesin yang sudah berumur tua.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta (19/2/2018).

Menurut Sigit, hingga kini masih banyak pabrik TPT yang menggunakan mesin-mesin tua. Hal ini disebabkan minimnya insentif untuk revitalisasi permesinan di industri TPT.

"Kami akan mengusulkan untuk insentif tambahan terkait revitakisasi permesinan di industri TPT," ujar Sigit.

Sigit berharap dengan adanya insentif ini dapat memompa semangat para pelaku industri TPT untuk meningkatkan daya saing.

"Kedepannya, saya berharap insentif ini dapat berjalan dengan baik, karena sudah lama revitalisasi mesin indusri TPT tidak berjalan," terangnya.

Lebih lanjut, Sigit menegaskan, revitalisasi permesinan di industri TPT harus segera dilakukan. Mengingat semakin menurunya daya saing industri TPT nasional karena gempuran produk impor.

"Ini harus segera dilakukan, kita butuh US$ 400 miliar per tahun untuk revitalisasinya," tutur Sigit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Surat Utang Negara (SUN) (Antaranews.com)

Rabu, 26 September 2018 - 06:15 WIB

Lelang SUN Serap Rp 20 Triliun

Pemerintah menyerap dana sebesar Rp20 triliun dari lelang enam seri Surat Utang Negara (SUN) untuk memenuhi sebagian pembiayaan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dengan total penawaran…

Bank Indonesia

Rabu, 26 September 2018 - 06:00 WIB

BI Optimis Nilai Rupiah Kembali Stabil

Bank Indonesia (BI) optimistis nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat bisa stabil dari saat ini yang masih di kisaran Rp14.810.

KKP Dorong Industri Mutiara Nasional Bersaing di Kancah Dunia

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Investor Tiongkok akan Berinvestasi Budi Daya Mutiara di Flores Timur

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Flores Timur Yohanes Kopong mengatakan sebanyak lima perusahaan berminat menamamkan modalnya atau berinvestasi…

Presiden Jokowi hUT Kadin (Foto Herlambang)

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Bergabungnya Rosan ke TKN Tak Pengaruhi Netralitas Pengusaha

Bergabungnya Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf tidak memengaruhi netralitas pengusaha, kata Ketua Bidang Organisasi…

Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Hitsss)

Selasa, 25 September 2018 - 17:40 WIB

Ekonomi Kreatif Masa Depan Dunia

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan ekonomi kreatif merupakan sektor andalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.