Masih Pakai Mesin Tua, Industri TPT Minta Revitalisasi Permesinan

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Februari 2018 - 09:30 WIB

Produksi Tekstil (Ilustrasi)
Produksi Tekstil (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sebagian besar industri tekstil dan produk tekstil (TPT) nasional hingga saat ini masih menggunakan peralatan mesin yang sudah berumur tua.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta (19/2/2018).

Menurut Sigit, hingga kini masih banyak pabrik TPT yang menggunakan mesin-mesin tua. Hal ini disebabkan minimnya insentif untuk revitalisasi permesinan di industri TPT.

"Kami akan mengusulkan untuk insentif tambahan terkait revitakisasi permesinan di industri TPT," ujar Sigit.

Sigit berharap dengan adanya insentif ini dapat memompa semangat para pelaku industri TPT untuk meningkatkan daya saing.

"Kedepannya, saya berharap insentif ini dapat berjalan dengan baik, karena sudah lama revitalisasi mesin indusri TPT tidak berjalan," terangnya.

Lebih lanjut, Sigit menegaskan, revitalisasi permesinan di industri TPT harus segera dilakukan. Mengingat semakin menurunya daya saing industri TPT nasional karena gempuran produk impor.

"Ini harus segera dilakukan, kita butuh US$ 400 miliar per tahun untuk revitalisasinya," tutur Sigit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mensos Idrus Marham dan Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto dan Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Rachmat Koesnadi

Minggu, 27 Mei 2018 - 08:30 WIB

Mensos: Pemerintah Pusat-Daerah Perlu Sinergi Tangani ODGJ

Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah serta dunia usaha perlu bersinergi untuk menangani "orang dengan gangguan jiwa" (ODGJ).

Tagana Kementerian Sosial (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 27 Mei 2018 - 08:20 WIB

Tagana Kemensos Dampingi Data Pengungsi Erupsi Merapi

Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kementerian Sosial melakukan pendampingan dan pendataan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Merapi.

Ilustrasi Berhenti Merokok (ist)

Minggu, 27 Mei 2018 - 07:00 WIB

Jadikan Bulan Ramadhan Momentum Berhenti Merokok

Kementerian Kesehatan menyarankan agar bulan suci Ramadhan menjadi momentum untuk berhenti merokok dengan adanya ibadah puasa dan dilanjutkan tidak merokok di bulan-bulan berikutnya.

 Haji DKI

Minggu, 27 Mei 2018 - 06:00 WIB

Pelunasan BPIH Tahap II Ditutup

Pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2018 tahap II ditutup pada Jumat sore (25/5/2018) dan masih menyisakan kuota 943 porsi sehingga sisa itu akan diisi jamaah cadangan.

Mensos Idrus Marham (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 27 Mei 2018 - 05:30 WIB

Mensos Idrus Borong Kaus Buatan Penderita HIV Sukabumi

Menteri Sosial Idrus Marham memborong 500 kaus buatan penderita HIV yang direhabilitasi di Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (ODHIV) Kahuripan Sukabumi, Jawa Barat.