Dihadapan Menperin dan Wamen ESDM, Asosiasi Keramik Keluhkan Harga Gas Hingga Impor Keramik

Oleh : Ridwan | Senin, 19 Februari 2018 - 16:45 WIB

Menperin bersama Wamen ESDM di acara Breakfast meeting di jakarta (Ridwan/INDUSTRY.co.id)
Menperin bersama Wamen ESDM di acara Breakfast meeting di jakarta (Ridwan/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) kembali menyoroti wacana penurunan harga gas untuk industri yang tak kunjung menemui titik terang.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki), Elisa Sinaga mengharapkan ada solusi agar harga gas bisa mempengaruhi kompetisi industrinya baik di dalam dan luar negeri.

"Ketidakpastian terkait penurunan harga gas menjadi permasalahan yang kerap menggerus daya saing industri keramik nasional," ujar Elisa di Kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Ia emnambahkan, selain harga gas yang menyulitkan produsen bersaing secara harga, pengendalian keramik impor dirasa belum ketat.

"Saat ini saja impor keramik mulai marak. Setelah bea masuk mereka berkurang Impor berkemungkinan tumbuh hingga 40%," terang Elisa.

Lebih lanjut, ia menegaskan, seharusnya pemerintah khususnya Kementerian Perdagangan dapat mengendalikan impor keramik yang masuk ke Indonesia. Menurutnya, pengendalian keramik impor saat ini dirasa belum ketat.

"Kami minta impor dikendalikan. Ada sektor tertentu yang sebenarnya kita mampu produksi," katanya.

Seperti diketahui, impor produk keramik ke Indonesia terus meningkat dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 27% setiap tahun.

Berdasarkan catatan Asaki, produk keramik impor kebanyakan memiliki jenis homogenous atau granite tile yang impornya mencapai dua kali dari total produksi homogenous tile dalam negeri. Namun, untuk keramik tile biasa, kata Elisa, produsen dalam negeri relatif masih menguasai pangsa pasar dalam negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat menghadiri Musyawarah Inkindo Provinsi DKI Jakarta

Sabtu, 21 April 2018 - 18:30 WIB

Sandiaga Uno Minta Inkindo Bermitra Dengan Pemprov DKI

Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) menyelenggarakan musyawarah provinsi untuk memilih ketua tingkat DPP Provinsi DKI Jakarta. Pembukaan musyawarah ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur…

Ibu Negara Iriana Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 April 2018 - 18:00 WIB

Ibu Negara Iriana Peringati Hari Kartini di Istana Bogor

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) menggelar peringatan Hari Kartini di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu. (21/4/2018)

Menko PMK Puan Maharani (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 April 2018 - 17:40 WIB

Menko PMK Puan: Perempuan Turut Berkontribusi Majukan Bangsa

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan peringatan Hari Kartini menjadi momentum menegaskan peran perempuan turut serta dan berkontribusi…

Lima menteri perempuan Kabinet Kerja (Foto: Setpres)

Sabtu, 21 April 2018 - 17:20 WIB

Menteri PPPA Berharap Perempuan Indonesia Utamakan Pendidikan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise berharap kaum perempuan muda Indonesia mampu menentukan masa depannya dengan mengutamakan pendidikan.

Jungkook BTS. (Foto: Allkpop)

Sabtu, 21 April 2018 - 17:15 WIB

Kritikus Musik Korea Sebut Jungkook BTS Sangat Memikat

Salah satu kritikus musik asal Korea Selatan yakni Kim Young Dae kembali memposting video komentar di akun YouTube miliknya pada 13 April lalu. Dalam postingannya kali ini, ia membahas lagu…