Yang Penting Persija Menang, Saya Bangga!

Oleh : Jaya Suprana | Senin, 19 Februari 2018 - 15:38 WIB

Foto Paspamres berbisik ke Gubernur DKI Aneis Baswedan (TribunAceh)
Foto Paspamres berbisik ke Gubernur DKI Aneis Baswedan (TribunAceh)

INDUSTRY.co.id - Gubernur  DKI Jakarta, Anies Baswedan berada di tribun VVIP bersama presiden Jokowi menyaksikan final piala Presiden 2018 di mana tim Persija menaklukkan Bali United 3-0 di stadion utama Gelora Bung Karno.

Ketika Gubernur Anies akan mendampingi Jokowi menyerahkan Piala Presiden 2018, seorang lelaki berbaju safari yang diduga adalah Paspampres menghalangi Anies agar tidak ikut mendampingi Jokowi dan Anies pun terlibat percakapan dengannya. Setelah itu, Anies kembali duduk di tribun VVIP, sementara para pejabat lainnya yang semula duduk bersama  Anies ikut mendampingi Jokowi.

Seharusnya secara etika protokoler Gubernur DKI Jakarta mendampingi Presiden dalam menyerahkan Piala Presiden 2018 dimana Persija yang keluar sebagai pemenang dalam turnamen tersebut. Sejarah mencatat pada Piala Presiden 2015 di mana Persib menjadi juara, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil diundang naik ke panggung dalam penyerahan piala.

Menghargai, Mengagumi, Menghormati

Saya tidak melibatkan diri ke dalam kemubaziran polemik tafsir negatif dan destruktif, namun saya memilih untuk menyimak sikap positif dan konstruktif para tokoh bangsa. Maka saya menghargai kenyataan sikap bijak Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto meminta seharusnya Paspampres bersikap lebih bijak.

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno keren dengan mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia dan Presiden Jokowi sehingga Persija setelah 17 tahun berhasil menjuarai turnamen Piala Presiden.

Saya mengagumi budi pekertikesatria plus negarawan mantan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo yang melalui sms jalur pribadi legowo mengaku bersalah dalam melatih dan mendidik Paspampres sehingga melakukan sesuatu yang tidak pantas yang bukan fungsi mereka tetapi fungsi protokol dan bukan kesalahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang belum tiga bulan bertugas.

Saya persembahkan salut hormat kepada Gubernur Anies Baswedan yang alih-alih protes malah bijak bersabda "Saya di mana tidak penting. Yang penting Persija menang, saya merasa bangga!"

Jaya Suprana: Pendiri Sanggar Pembelajaran Kebudayaan

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

(Kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:00 WIB

Penempatan PRT dengan Sistem One Channel Sebaiknya Berlaku untuk Semua Negara Timur Tengah

Ciloto-Pemerintah diminta untuk tidak malu-malu membuka penempatan pekerja rumah tangga (PRT) atau pekerja migran Indonesia (PMI) ke negara-negara Timur Tengah (Timteng).

Presiden Jokowi meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3).

Sabtu, 23 Maret 2019 - 17:33 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung Jadi Ikon Smart Heritage Market

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan moderen, pasar…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:45 WIB

Kementan: Kedaulatan Pangan Harus Berdampak Pada Kesejahteraan Petani

Indramayu - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong petani di Kabupaten Indramayu untuk bisa mencapai target produksi padi hingga lebih dari 1,8 juta ton gabah kering pungut di tahun 2019.…

Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto

Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:36 WIB

BNI Syariah Siapkan Strategi Untuk Hadapi Era Disrupsi

Jakarta - BNI Syariah sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi era disrupsi. Era disrupsi ini terjadi ditunjukkan dengan perubahan yang cukup cepat dan mengganggu eksisting bisnis.

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.