Yang Penting Persija Menang, Saya Bangga!

Oleh : Jaya Suprana | Senin, 19 Februari 2018 - 15:38 WIB

Foto Paspamres berbisik ke Gubernur DKI Aneis Baswedan (TribunAceh)
Foto Paspamres berbisik ke Gubernur DKI Aneis Baswedan (TribunAceh)

INDUSTRY.co.id - Gubernur  DKI Jakarta, Anies Baswedan berada di tribun VVIP bersama presiden Jokowi menyaksikan final piala Presiden 2018 di mana tim Persija menaklukkan Bali United 3-0 di stadion utama Gelora Bung Karno.

Ketika Gubernur Anies akan mendampingi Jokowi menyerahkan Piala Presiden 2018, seorang lelaki berbaju safari yang diduga adalah Paspampres menghalangi Anies agar tidak ikut mendampingi Jokowi dan Anies pun terlibat percakapan dengannya. Setelah itu, Anies kembali duduk di tribun VVIP, sementara para pejabat lainnya yang semula duduk bersama  Anies ikut mendampingi Jokowi.

Seharusnya secara etika protokoler Gubernur DKI Jakarta mendampingi Presiden dalam menyerahkan Piala Presiden 2018 dimana Persija yang keluar sebagai pemenang dalam turnamen tersebut. Sejarah mencatat pada Piala Presiden 2015 di mana Persib menjadi juara, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil diundang naik ke panggung dalam penyerahan piala.

Menghargai, Mengagumi, Menghormati

Saya tidak melibatkan diri ke dalam kemubaziran polemik tafsir negatif dan destruktif, namun saya memilih untuk menyimak sikap positif dan konstruktif para tokoh bangsa. Maka saya menghargai kenyataan sikap bijak Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto meminta seharusnya Paspampres bersikap lebih bijak.

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno keren dengan mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia dan Presiden Jokowi sehingga Persija setelah 17 tahun berhasil menjuarai turnamen Piala Presiden.

Saya mengagumi budi pekertikesatria plus negarawan mantan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo yang melalui sms jalur pribadi legowo mengaku bersalah dalam melatih dan mendidik Paspampres sehingga melakukan sesuatu yang tidak pantas yang bukan fungsi mereka tetapi fungsi protokol dan bukan kesalahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang belum tiga bulan bertugas.

Saya persembahkan salut hormat kepada Gubernur Anies Baswedan yang alih-alih protes malah bijak bersabda "Saya di mana tidak penting. Yang penting Persija menang, saya merasa bangga!"

Jaya Suprana: Pendiri Sanggar Pembelajaran Kebudayaan

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Jumat, 21 September 2018 - 05:38 WIB

Indonesia Food Watch Sebut Menko Darmin Sudah Pikun Data Pangan

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Indonesia Food Watch membuka suara terkait polemik impor beras saat ini sehingga terjadi pro kontra kebijakan impor. Apalagi baru-baru…

Anto Kepala Bid Hub Antar Lembaga Forjim saat mengisi training JICBS

Jumat, 21 September 2018 - 05:32 WIB

Forjim Latih Jurnalistik 3000 Dai Parmusi

INDUSTRY.co.id -

Jakarta Forum Jurnalis Muslim (Forjim) menjalin kerja sama program dengan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi). Forjim akan mengisi pelatihan…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…