Menperin Optimis Sektor IKTA Mampu Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Oleh : Ridwan | Senin, 19 Februari 2018 - 11:30 WIB

Menperin Airlangga Hartarto reker dengan Komisi VI DPR RI (Foto Humas)
Menperin Airlangga Hartarto reker dengan Komisi VI DPR RI (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Sektor industri merupakan salah satu sektor yang mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut tercermin dari peranan sektor industri pengolahan di tahun 2017 yang mencapai 20,16% terhadap total PDB nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, perkembangan terkini sektor industri pengolahan nonmigas pada tahun 2017 cukup baik dengan pertumbuhan sebesar 4,48%.

"Sementara itu, kinerja ekspor industri pengolahan juga mengalami peningkatan sebesar 13,14% jika dibandingkan tahun 2016 menjadi USD 125,02 miliar," ujar Airlangga dalam acara "Breakfast Meeting Akselerasi Pertumbuhan Melalui Pengalaman Struktur Industri dan Peningkatan Ekspor Sektor Industri Kimia, Tekstil dan Aneka," di kantor Kemenperin, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Ia menambahkan, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi lagi, pada tahun 2018 ini kami menargetkan pertumbuhan sektor industri pengolahan nonmigas sebesar 5,67% dengan total target investasi mencapai Rp345 triliun.

"Berbagai upaya akan terus kita lakukan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, termasuk di sektor IKTA. Oleh karena itu, ditahun 2018 ini kami mengharapkan konstribusi sektor IKTA sebesar Rp117 triliun terhadap total investasi," terangnya.

Menperin mencontohkan, seperti industri kimiab dan barang kimia yang mayoritas bahan baku dan intermediate product masih diimpor. Dimana padabtahun 2017 mencapai US$ 20,51 miliar.

"Seandainya kalau dapat diproduksi di dalam negeri tentunya akan meningkatkan nilai tambah sektor ini," kata Airlangga.

Disamping itu, lanjut Menperin, ada juga sektor industri tekstil dan produk tekstil (TPT) yang menyumbang PDB sebesar Rp 15p,43 triliun. Nilai ekspor sektor ini mencapai US$ 12,58 miliar di tahun 2017.

Menurutnya, dengan utilisasi produksi pada industri TPT yang masih belum optimal atau rata-rata 57,48%, potensi peningkatan ekspor masih sangat terbuka melalui peningkatan utikisasi yang ada maupun penambahan investasi baru.

"Selain itu, potensi peningkatan ekspor semakin terbuka jika produk TPT kita dikarenakan tarif yang sama dengan Vietnam dan Bangladesh," ungkap Menperin.

Menperin berharap koordinasi antar stakeholder terus terjalin dalam upaya akselerasi untuk mencapau pertumbuhan yang telah kita tetapkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…