16 Investor Amerika Berkunjung ke KEK Mandalika NTB

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 Februari 2018 - 07:56 WIB

KEK Mandalika (Ist)
KEK Mandalika (Ist)

INDUSTRY.co.id - Mataram- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York membawa sebanyak 16 investor Amerika Serikat ke Indonesia untuk melakukan kunjungan ke sejumlah daerah yang memiliki potensi bisnis, salah satunya Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Sesuai rencana, Senin (19/2), belasan investor itu akan diterima Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi bersama jajarannya dan pengusaha di pendopo. Kami dari Bank Indonesia diminta untuk mendampingi," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTB Achris Sarwani, dihubungi di Mataram, Minggu malam (18/2/2018)

Ia mengatakan rombongan investor dari New York, Amerika Serikat itu adalah tindak lanjut dari Forum Investor yang diselenggarakan oleh KJRI New York, dan BI Perwakilan Amerika Serikat. Mereka akan berada di Indonesia mulai 17-27 Februari 2018.

KJRI New York meminta Kantor Perwakilan BI NTB, Yogyakarta, dan Solo (Jawa Tengah) untuk memfasilitasi pertemuan dengan gubernur dan para pengusaha di daerah ini.

Sebelum menuju Lombok, para investor dari Negeri Paman Sam itu lebih dahulu singgah di Bali, Sabtu (17/2).

Selama berada di Pulau Dewata, mereka mengadakan pertemuan dengan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin), dan manajemen PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) ITDC atau Perseroan Terbatas Pengembangan Pariwisata Indonesia adalah BUMN yang bergerak di bidang pariwisata, dan mengelola area komersial Nusa Dua Bali menjadi destinasi wisata dunia di Indonesia. Saat ini pemerintah sedang mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Achris mengatakan, rombongan investor dari AS itu berada di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, sejak Minggu ini.

"Setelah pertemuan dengan Gubernur NTB, para investor itu akan mengadakan kunjungan ke lokasi KEK Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah. Kemudian Senin (19/2) malam, mengadakan pertemuan dengan pengurus KADIN sambil makan malam," ujarnya lagi.

Informasi yang diperoleh Kantor Perwakilan BI NTB dari KJRI New York, tujuan kunjungan kerja belasan investor Amerika Serikat itu meliputi penjajakan potensi investasi Indonesia pada sektor-sektor yang menjadi perhatian investor.

Selain itu, memberikan pemaparan dengan tema "How to attract investors from US investor perspective" dalam seminar investasi di Jakarta, pada 22 Februari 2018.

Seminar tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan promosi terpadu "Trade, Tourism and Investment" (TTI), yang akan dilakukan bersama Kelompok Kerja Ekonomi New York, pada Agustus 2016, di New York, Amerika Serikat.

Selama berada di Jakarta, para investor itu dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta pengurus pusat Kadin. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi cek kondisi mobil saat mudik Lebaran - Dokumentasi Lifepal.co.id

Sabtu, 30 Maret 2024 - 12:35 WIB

Siap-Siap Mudik, Pastikan Kondisi Mobil Prima

Jakarta- Mendekati Hari Raya Idul Fitri tahun ini, mudik menjadi salah satu hal yang sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari. Terutama, jika Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi.

SEVA hadirkan berbagai promosi pembelian mobil baru dan bekas untuk mudik lebaran.

Sabtu, 30 Maret 2024 - 12:13 WIB

SEVA Hadirkan Berbagai Promosi Pembelian Mobil Baru dan Bekas Untuk Mudik Lebaran

SEVA beri kemudahan beli mobil baru dan bekas untuk mudik lebaran melalui situs Seva.id.

ADEXCO Mengkolaborasikan Lintas Sektor dan Industri, Penanggulangan Bencana di Indonesia

Sabtu, 30 Maret 2024 - 12:05 WIB

ADEXCO Mengkolaborasikan Lintas Sektor dan Industri, Penanggulangan Bencana di Indonesia

Guna mendukung perkembangan dalam industri penanggulangan bencana di Indonesia, Asia Disaster Management and Civil Protection Expo & Conference (ADEXCO) kembali hadir di tahun ini dengan tema…

Kontroversi Penarikan Makalah Gunung Padang, Pihak Asing Ingin Kuasai Isi Gunung Padang?

Sabtu, 30 Maret 2024 - 11:53 WIB

Kontroversi Penarikan Makalah Gunung Padang, Pihak Asing Ingin Kuasai Isi Gunung Padang?

Para ahli Indonesia dari berbagai disiplin ilmu yang menekuni penelitian situs megalitikum Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat merasa sangat kecewa dengan penarikan yang semena-mena tanpa alasan…

Jajaran manajemen PT Sarana Multi Infratruktur (Persero)

Sabtu, 30 Maret 2024 - 11:50 WIB

SMI Catat Kinerja Gemilang, Pendapatan Capai Rp7,6 Triliun

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI mencatatkan kinerja yang cemerlang di tahun 2023. Pendapatan Perseroan melonjak sebesar 22,8% pada tahun lalu. PT SMI membukukan pendapatan senilai…