Istana Tegaskan Tak Cegah Gubernur Anies Dampingi Presiden Jokowi

Oleh : Herry Barus | Minggu, 18 Februari 2018 - 20:09 WIB

Presiden Jokowi dan Tim Persija Juara Piala Presiden 2018 (Foto Setkab)
Presiden Jokowi dan Tim Persija Juara Piala Presiden 2018 (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Istana Kepresidenan menegaskan bahwa tidak ada arahan apapun untuk mencegah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mendampingi Presiden Joko Widodo saat penyerahan Piala Presiden 2018 kepada Persija Jakarta, Sabtu (17/2/2018) malam.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (18/2/2018)  menyebutkan bahwa Paspampres hanya mengikuti daftar nama dari panitia saat penyerahan piala dalam pertandingan final sepakbola Piala Presiden 2018.

"Tindakan tersebut merupakan prosedur pengamanan karena Paspampres berpegang pada daftar nama pendamping Presiden yang disiapkan panitia," sebutnya.

Oleh karena itu, Paspampres hanya mempersilakan nama-nama yang disebutkan oleh pembawa acara untuk turut mendampingi Presiden Joko Widodo.

Hal itu disampaikan Bey, mengingat usai pertandingan final Piala Presiden 2018, beredar video pendek saat-saat menjelang penyerahan piala.

Dalam video terlihat anggota Paspampres mencegah Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk turun mendampingi Presiden.

Bey menegaskan bahwa tidak ada arahan apapun dari Presiden untuk mencegah Anies.

Mengingat acara ini bukan acara kenegaraan, panitia tidak mengikuti ketentuan protokoler kenegaraan mengenai tata cara pendampingan Presiden oleh Kepala Daerah, sebutnya.

Selama pertandingan, Presiden Jokowi dan Gubernur Anies sangat menikmati jalannya pertandingan final.

Keduanya menonton dengan rileks, sangat informal, serta akrab. Presiden menyampaikan selamat dan menyalami Anies saat Persija mencetak gol.

Karena bukan acara resmi, Presiden juga masih perlu menunggu selama 15 menit di lapangan hingga selesainya pemberian penghargaan lain sebelum menyerahkan Piala Presiden kepada Persija yang keluar sebagai pemenang dalam kompetisi tersebut.

Persija Jakarta merebut Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Bali United pada pertandingan final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/2/2018) malam, dengan skor 3-0.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Selasa, 19 Maret 2024 - 06:15 WIB

Menteri Basuki Tegaskan Komitmen Kementerian PUPR Gunakan Produk Dalam Negeri

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terus mendorong pemanfaatan produk dalam negeri dalam pembangunan infrastruktur di Kementerian PUPR.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (kanan) berinteraksi dengan pelanggan GraPARI TelkomGroup Medan dalam rangkaian acara Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idul Fitri) 2024 di Medan, beberapa waktu lalu.

Selasa, 19 Maret 2024 - 05:33 WIB

Safari Ramadan 1445 H TelkomGroup: Tinjau Kesiapan Infrastruktur Layanan Telekomunikasi dan Salurkan Bantuan CSR

Bersamaan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri 1445 H, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali melaksanakan kegiatan tahunan Safari Ramadan sebagai bagian dari program TelkomGroup…

Mesin Honda

Senin, 18 Maret 2024 - 21:47 WIB

Lindungi Konsumen, HPPI Himbau Distributor Hindari Penyebaran Produk Palsu

PT Honda Power Products Indonesia (HPPI) sebagai produsen mesin serbaguna Honda (Honda Power Products) mengingatkan adanya indikasi penyebaran produk mesin tenaga serbaguna palsu dengan merek…

Zona pameran Huawei di MWC Barcelona.

Senin, 18 Maret 2024 - 21:30 WIB

Sambut Komersialisasi Jaringan 5.5G, Huawei Pertemukan Operator Global di MWC Barcelona

Huawei ingin mempromosikan transformasi digital dan pintar di berbagai industri, membangun ekosistem industri yang berkembang pesat, mempercepat siklus bisnis positif 5G, serta bersiap menyambut…