Tahun Ini Pertumbuhan Bank Syariah Membaik

Oleh : Arya Mandala | Minggu, 18 Februari 2018 - 10:10 WIB

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)
Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Tak hanya bank konvensional, bank syariah pun diperkirakan akan mengalami pertumbuhan positif di tahun 2018 ini.

Seperti disampaikan Presiden Direktur Karim Consilting Indonesia (KCI) Adiwarman Karim dalam paparan Proyeksi Perbankan Syariah 2018.

Setelah mengalami masa sulit periode 2015-2017, tahun 2018 akan menjadi titik tolak bagi perbankan syariah untuk tumbuh lebih baik.

Pertumbuhan positif tersebut menurut Adiwarman juga berharap dari dorongan dari Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) antara lain inisiasi pembentukan bank BUMN syariah besar, integrasi zakat, pengembangan gaya hidup halal yang berdampak pada perbankan syariah.

Dan pengembangan peran wakaf melalui lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) 'Bank Wakaf'.

Sementara untuk rasio pembiayaan bermasalah (non-performing financing/NPF) perbankan syariah pun diprediksi membaik.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memproyeksikan dapat menurun di 2018 dengan alasan perbankan syariah sudah mulai berbenah di tahun 2017.

Meski periode sebelumnya membaik, namun NPF bank syariah tercatat lebih tinggi dibandingkan bank konvensional.

OJK mencatat NPF gross bank syariah per Oktober 2017 mencapai 4,12 %sementara perbankan konvensional 2,96 % pada periode yang sama.

Di sisi lain, Sekjen Asosiasi Perbankan Syariah Indonesia (Asbisindo) Achmad K Permana melihat 2018 bukan tahun yang bagus bagi perbankan syariah untuk tumbuh agresif.

Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah masih di kisaran lima persen dan ditambah dengan tahun 2018 yang sudah menjelang tahun politik.

Menurut Achmad belum tepat untuk bank syariah bergerak agresif meski tidak juga menahan diri.

Masih menurut Achmad, jika pertumbuhan perbankan syariah pada 2018 bisa sama dengan 2017 saja sudah bagus.<>

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anto Kepala Bid Hub Antar Lembaga Forjim saat mengisi training JICBS

Jumat, 21 September 2018 - 05:32 WIB

Forjim Latih Jurnalistik 3000 Dai Parmusi

INDUSTRY.co.id -

Jakarta Forum Jurnalis Muslim (Forjim) menjalin kerja sama program dengan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi). Forjim akan mengisi pelatihan…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo bersamabDirektur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti saat konferensi pers Danone-AQUA (Foto: Dok. Danone-AQUA)

Kamis, 20 September 2018 - 20:20 WIB

Asian Games 2018 Berakhir, Semangat Kebaikan Terus Menginspirasi

Indonesia tidak hanya menuai sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi Asian Games 2018, tetapi juga telah berhasil menjadi tuan rumah yang baik bagi penyelenggaraan perhelatan olah raga terbesar…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.