Petani Kolam Ikan Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat

Oleh : Dina Astria | Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:25 WIB

Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)
Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -  Jawa Barat - Puluhan ribu petani kolam jaring apung (KJA) waduk Jatiluhur mendukung calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan. Para petani KJA ini berharap pemimpin baru dari pasangan Hasanah ini dapat menaikan taraf hidup mereka yang selama ini menggantungkan hidup di perairan Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta.

"Kami petani KJA mendukung pasangan Hasanah, Kang Hasan dan Kang Anton menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur di Jawa Barat," kata Ketua RT Zona KJA, Atang usai berdialog dengan Kang Hasan di kawasan daerah aliran Sungai Citarum di Desa Cikao Bandung, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Sabtu(17/2).

Menurut Atang, sedikitnya 20 ribu petani KJA Waduk Jatiluhur terbagi dalam 4 zona, dimana 1 zona terdiri dari 5000 orang. Saat ini, mereka sedang resah lantaran  rencana Pemkab Purwakarta yang akan menertibkan seluruh kolam jaring apung yang ada di waduk Jatiluhur.

"Bagaimana nasib kami petani KJA bila usaha membudidayakan ikan di perairan waduk Jatiluhur yang sudah berlangsung selama puluhan tahun ditutup. Tentunya ini akan mematikan ekonomi para petani ikan yang jumlahhnya mencapai puluhan ribu orang," kata Atang.

Momentum pemilihan gubernur Jawa Barat ini, kata Atang, membawa pengharapan baru bagi petani KJA. Apalagi, kata dia, perputaran ekonomi di kolam jaring apung ini setiap hari beromset sekitar Rp 2 miliar yang bisa menghidupi belasan sampai ribuan orang terutama warga yang ada di sekitar waduk.

"Kami berharap pasangan Hasanah dapat menerima aspirasi kami dan memberikan solusi yang terbaik bagi kami petani KJA," tandas Atang. 

Sementara itu, calon gubernur Jawa Barat Kang Hasan mengaku akan meninjau langsung lokasi kolam jaring apung Waduk Jatiluhur.

"Iya nanti saya akan meninjau ke lokasi," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.