Jembatan Cisomang Aman dilalui Kendaraan Golongan I Non Bus

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Januari 2017 - 17:28 WIB

Jembatan Cisomang
Jembatan Cisomang

INDUSTRY.co.id -  Jakarta, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan, saat ini kondisi jembatan Cisomang Purwakarta aman untuk dilalui kendaraan kecil (golongan I non bus).

"Hal ini berdasarkan hasil pengamatan Jasa Marga sejak dilakukannya pembatasan lalu lintas yang melintas di Jembatan Cisomang pada 23 Desember 2016," ujar AVP Corporate Communication Dwimawan Heru melalui siaran pers, Kamis (12/1).

Jasa Marga di bawah koordinasi dan supervisi Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), terus melakukan upaya–upaya perbaikan dan perkuatan Jembatan Cisomang.

Saat ini progres pekerjaan yang dilakukan adalah Pekerjaan grouting yang sudah dilakukan di Pilar A1, P0, P1, P2, dan P5
; Persiapan pekerjaan wrapping dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) di pilar P1 dan P2; Pekerjaan strutting baja dalam proses cutting dan pengelasan material H-Beam, serta penggalian tanah di sekitar pilecap P2 dan P3; Pekerjaan unloading (cutting lereng) di sekitar abutment A1 pilar P1; Persiapan pekerjaan ground anchor pada P0 Persiapan platform kerja untuk  serta pekerjaan belt boredpile.

"Selain melakukan perbaikan terhadap struktur Jembatan Cisomang, Jasa Marga juga saat ini tetap melakukan monitoring terhadap posisi pilar menggunakan metode verticality dan arah xyz (3D Model), serta monitoring pergerakan Jembatan Cisomang dalam waktu 24 jam menggunakan alat ukur otomatis Robotic Total Station yang dapat mengukur pergerakan jembatan hingga satuan milimeter (mm)," ujar Dwimawan.

Manajemen menghimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati memperhatikan rambu dan petunjuk yang ada serta mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas terkini di ruas jalan tol Jasa Marga yang bisa didapatkan melalui Jasa Marga Traffic Information Center (14080), twitter @PTJASAMARGA, live streaming www.jasamargalive.com, serta Mobile App JMCARe. (Hry/ imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Michael Essien. (Foto: IST)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:44 WIB

Essien Tidak Peduli Kritik Media Internasional

Mega Bintang Persib Bandung, Michael Essien tidak memedulikan kritikan yang dialamatkan kepadanya oleh berbagai media Internasional karena dianggap berlabuh di tim yang tidak diketahui sebelumnya.

Ketiga siswi SMA NU 2 Gresik mengolah jantung pisang (bg)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:39 WIB

Wow Tiga Siswi SMA Ini Sulap Jantung Pisang Jadi Obat Diabetes

Ditangan tiga siswi SMA NU 2 Gresik, jantung pisang yang biasanya cuma dijadikan sayur tersebut bisa disulap jadi obat kencing manis (diabetes).

Ilustrasi demonstasi buruh menuntut kenaikan UMK. (Bay Ismoyo/AFP)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:23 WIB

Batam Menjadi Kota dengan UMK Tertinggi di ASEAN

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri, Ir Cahya mengatakan, Pulau Batam sebagai tujuan investasi benar-benar tidak menarik lagi sekarang. Hal itu disebabkan, selain perizinan yang…

Kementerian Pariwisata dan Akademi Gastronomi Indonesia menyelenggarakan Dialog Gastronomi Nasional ke-2 dan Promosi Kuliner Wakatobi (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:20 WIB

Menpar Haruskan Food Street Segera Tersertifikasi

Wisata kuliner di Indonesia sangat beragam cita rasa. Untuk melestarikan kuliner khas Indonesia, perlu promosi terus menerus. Maka dari itu telah ditetapkan 'Soto' sebagai makanan nasional khas…

Abrasi di Pulau Tikus, Bengkulu. (Foto: IST)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:20 WIB

Abrasi Pulau Tikus Bengkulu Makin Parah

Para nelayan di Kota Bengkulu menyebutkan abrasi atau pengikisan daratan Pulau Tikus, pulau tak berpenghuni berjarak 10 mil laut dari Kota Bengkulu semakin parah yang membuat daratan pulau itu…