Jembatan Cisomang Aman dilalui Kendaraan Golongan I Non Bus

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Januari 2017 - 17:28 WIB

Jembatan Cisomang
Jembatan Cisomang

INDUSTRY.co.id -  Jakarta, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyatakan, saat ini kondisi jembatan Cisomang Purwakarta aman untuk dilalui kendaraan kecil (golongan I non bus).

"Hal ini berdasarkan hasil pengamatan Jasa Marga sejak dilakukannya pembatasan lalu lintas yang melintas di Jembatan Cisomang pada 23 Desember 2016," ujar AVP Corporate Communication Dwimawan Heru melalui siaran pers, Kamis (12/1).

Jasa Marga di bawah koordinasi dan supervisi Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ), terus melakukan upaya–upaya perbaikan dan perkuatan Jembatan Cisomang.

Saat ini progres pekerjaan yang dilakukan adalah Pekerjaan grouting yang sudah dilakukan di Pilar A1, P0, P1, P2, dan P5
; Persiapan pekerjaan wrapping dengan pemasangan Fiber Reinforced Polymer (FRP) di pilar P1 dan P2; Pekerjaan strutting baja dalam proses cutting dan pengelasan material H-Beam, serta penggalian tanah di sekitar pilecap P2 dan P3; Pekerjaan unloading (cutting lereng) di sekitar abutment A1 pilar P1; Persiapan pekerjaan ground anchor pada P0 Persiapan platform kerja untuk  serta pekerjaan belt boredpile.

"Selain melakukan perbaikan terhadap struktur Jembatan Cisomang, Jasa Marga juga saat ini tetap melakukan monitoring terhadap posisi pilar menggunakan metode verticality dan arah xyz (3D Model), serta monitoring pergerakan Jembatan Cisomang dalam waktu 24 jam menggunakan alat ukur otomatis Robotic Total Station yang dapat mengukur pergerakan jembatan hingga satuan milimeter (mm)," ujar Dwimawan.

Manajemen menghimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati memperhatikan rambu dan petunjuk yang ada serta mengantisipasi perjalanan melalui informasi kondisi lalu lintas terkini di ruas jalan tol Jasa Marga yang bisa didapatkan melalui Jasa Marga Traffic Information Center (14080), twitter @PTJASAMARGA, live streaming www.jasamargalive.com, serta Mobile App JMCARe. (Hry/ imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran Smartphone Digicoop di Cikarang, Jumat (20/1/2016)

Jumat, 20 Januari 2017 - 15:39 WIB

Rudiantara: Digicoop Ponsel yang Mampu Meminimalisir Konten Negatif

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, resmi memperkenalkan ponsel pintar perdana Digicoop besutan Koperasi Digital Indonesia Mandiri (KDIM). Tahap pertama, KDIM menyiapkan 5.000 unit…

Pedagang Pasar Senen mengalami kebakaran terjadi di Proyek Senen Blok I dan II pada Kamis 19 Januari 2017

Jumat, 20 Januari 2017 - 14:42 WIB

Pemerintah Akan Bantu UKM Pasar Senen Restrukturisasi Kredit

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan akan membantu para pedagang dan UKM yang menjadi korban kebakaran Pasar Senen Jakarta Pusat untuk merestrukturisasi kredit dengan perbankan…

Pembangunan Rusun Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta (Suara)

Jumat, 20 Januari 2017 - 14:20 WIB

Sangat Sulitnya Mendapatkan Data Rumah Susun di Jakarta

Ketua Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Indonesia (Apersi) Ibnu Tadji mengaku kesulitan memperoleh data tentang perkembangan rumah susun (rusun) atau apartemen di Jakarta.

Mantan Direktur Utama maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar. (Nicky Loh/Bloomberg via Getty Images)

Jumat, 20 Januari 2017 - 12:33 WIB

Korupsi Garuda Indonesia, Dirut BUMN Diminta Waspada

Direktur Perusahaan BUMN diminta untuk waspada dalam pelaksanaan barang dan jasa. Hal itu menyusul penetapan tersangka terhadap mantan Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar…

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Jumat, 20 Januari 2017 - 12:24 WIB

PLTU Mamuju Suplai Listrik Industri di Sulawesi Barat

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dibangun di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, akan menyuplai kebutuhan listrik untuk industri yang ada di wilayah provinsi…