Djarot-Sihar Sambangi NU Sumut

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 Februari 2018 - 07:35 WIB

Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Foto Dok Industry.co.id)
Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- Calon gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat bersama wakilnya Sihar Sitorus menyambangi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) untuk berbagi ide dan menerima masukan tentang pembangunan.

Dalam kunjungan di kantor NU Sumut di Medan, kamis, Djarot-Sihar disambut Wakil Ketua PW NU Sumut yang juga Bupati Deliserdang Ashari Tambunan, Sekretaris PW NU Sumut HM Hatta Siregar dan puluhan pengurus lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Djarot-Sihar berdiskusi panjang dengan kader dan pengurus NU Sumut mengenai kondisi dan perkembangan provinsi itu.

Sebagai warga yang lahir di Jawa Timur, Djarot Saiful Hidayat mengaku sudah sangat familiar dengan NU, apalagi provinsi itu merupakan basis salah satu ormas terbesar di Indonesia tersebut.

"Kalau Jawa Timur, biasa ahlussunah waljamaah. Jawa Timur itu mayoritas NU," katanya.

Kepada kader dan pengurus NU Sumut, Djarot memaparkan misinya untuk menurunkan tingkat pengangguran di Sumut yang kini mencapai 10,5 persen menjadi dibawah 7 persen.

Demikian juga dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sumut yang masih mencapai angka 72 dan ingin ditingkatkan minimal minimal 76.

"Di Jakarta itu sudah 79,5. Kalau mencapai angka 80, sudah kategori negara maju," katanya.

Cagub yang didukung PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut yakin mampu mewujudkan misi itu karena Sumut kaya dengan potensi yang dapat dikembangkan.

Wakil Sekretaris PW NU Sumut Ibnu Affan mempertanyakan bentuk kepedulian Djarot-Sihar tersebut keluarga besar NU, terutama anak-akan nahdliyin yang ingin melanjutkan pendidikan.

Meski warga NU banyak yang memiliki status ekonomi yang baik, tetapi pihaknya tidak membantah jika banyak anak-anak nahdliyin yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menanggapi pertanyaan itu, Djarot menjelaskan bawa pihaknya telah menyiapkan program untuk mendukung peningkatan kualita pendidikan dan kesehatan di Sumut.

Untuk bidang pendidikan, pihaknya akan memberikan "Kartu Sumut Pintar" yang ditujukan bagi pelajar SMA sederajat karena tingkat SD dan SMP menjadi kewenangan kabupaten/kota.

Dengan program Sumut Pintar tersebut, pelajar Sumut yang memiliki prestasi akademik yang bagus juga akan dibantu agar dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

"Kalau pintar, bisa melanjutkan kuliah, nanti kita beri beasiswa. Satu bulan dianggarkan Rp1 juta per orang," katanya.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, pihaknya memprogramkan "Kartu Sumut Sehat" dengan mengikutkan warga miskin dalam kepesertaan Badan Jaminan Perlindungan Sosial (BPJS) untuk kategori kelas 3.

"Untuk kelas 3 ini, mereka tidak perlu bayar," ujar Djarot.

Usai melakukan dialog, Wakil Ketua PW NU Sumut Ashari Tambunan mengaku adanya suasana kebatinan yang terjalin sangat baik dengan Djarot-Sihar. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.