Hanura Minta PT Dihapus, OSO Ingatkan Partai Besar

Oleh : Marlen Erikson | Kamis, 12 Januari 2017 - 16:04 WIB

Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang
Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang

INDUSTRY.co.id - Partai Hanura meminta Parliamentary Threshold (PT) atau ambang batas masuk parlemen dihapus. Hal itu dianggap untuk mengakomodir sejumlah partai kecil.

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengingatkan, agar partai besar memberikan kesempatan kepada partai kecil untuk berkontribusi untuk negara.

"Kita akomodir kepentingan partai. Jangan partai besar merasa dirinya sudah besar, kita sama-sama berjuang untuk negara. Jangan ada dusta diantara kita," kata OSO, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/1).

Sebab, kata OSO, PT hanya untuk menghambat partai kecil masuk ke parlemen. Sehingga, PT dianggap tidak perlu dimasukkan dalam RUU Pemilu.

"Kita milih pakai hati nurani. Partai manapun ngga ada masalah. Tapi jangan mengunci partai kecil. Parliamentary threshold ngga perlu lagi," tegasnya.

Untuk itu, OSO akan mendatangi sejumlah ketua umum partai, untuk melobi agar keputusan di Pansus RUU Pemilu bulat menyetujui penghapusan PT. "Saya akan temui ketua-ketua partai sehingga dipansus akan bulat," tegasnya.

Diketahui, Partai Hanura hanya memperoleh 16 kursi di parlemen pada Pemilu 2014 yang lalu. Artinya, perolehan kursi Hanura sebagai partai yang paling buntut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Michael Essien. (Foto: IST)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:44 WIB

Essien Tidak Peduli Kritik Media Internasional

Mega Bintang Persib Bandung, Michael Essien tidak memedulikan kritikan yang dialamatkan kepadanya oleh berbagai media Internasional karena dianggap berlabuh di tim yang tidak diketahui sebelumnya.

Ketiga siswi SMA NU 2 Gresik mengolah jantung pisang (bg)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:39 WIB

Wow Tiga Siswi SMA Ini Sulap Jantung Pisang Jadi Obat Diabetes

Ditangan tiga siswi SMA NU 2 Gresik, jantung pisang yang biasanya cuma dijadikan sayur tersebut bisa disulap jadi obat kencing manis (diabetes).

Ilustrasi demonstasi buruh menuntut kenaikan UMK. (Bay Ismoyo/AFP)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:23 WIB

Batam Menjadi Kota dengan UMK Tertinggi di ASEAN

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kepri, Ir Cahya mengatakan, Pulau Batam sebagai tujuan investasi benar-benar tidak menarik lagi sekarang. Hal itu disebabkan, selain perizinan yang…

Kementerian Pariwisata dan Akademi Gastronomi Indonesia menyelenggarakan Dialog Gastronomi Nasional ke-2 dan Promosi Kuliner Wakatobi (Chodijah Febriyani/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:20 WIB

Menpar Haruskan Food Street Segera Tersertifikasi

Wisata kuliner di Indonesia sangat beragam cita rasa. Untuk melestarikan kuliner khas Indonesia, perlu promosi terus menerus. Maka dari itu telah ditetapkan 'Soto' sebagai makanan nasional khas…

Abrasi di Pulau Tikus, Bengkulu. (Foto: IST)

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:20 WIB

Abrasi Pulau Tikus Bengkulu Makin Parah

Para nelayan di Kota Bengkulu menyebutkan abrasi atau pengikisan daratan Pulau Tikus, pulau tak berpenghuni berjarak 10 mil laut dari Kota Bengkulu semakin parah yang membuat daratan pulau itu…