Hanura Minta PT Dihapus, OSO Ingatkan Partai Besar

Oleh : Marlen Erikson | Kamis, 12 Januari 2017 - 16:04 WIB

Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang
Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta Odang

INDUSTRY.co.id - Partai Hanura meminta Parliamentary Threshold (PT) atau ambang batas masuk parlemen dihapus. Hal itu dianggap untuk mengakomodir sejumlah partai kecil.

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) mengingatkan, agar partai besar memberikan kesempatan kepada partai kecil untuk berkontribusi untuk negara.

"Kita akomodir kepentingan partai. Jangan partai besar merasa dirinya sudah besar, kita sama-sama berjuang untuk negara. Jangan ada dusta diantara kita," kata OSO, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/1).

Sebab, kata OSO, PT hanya untuk menghambat partai kecil masuk ke parlemen. Sehingga, PT dianggap tidak perlu dimasukkan dalam RUU Pemilu.

"Kita milih pakai hati nurani. Partai manapun ngga ada masalah. Tapi jangan mengunci partai kecil. Parliamentary threshold ngga perlu lagi," tegasnya.

Untuk itu, OSO akan mendatangi sejumlah ketua umum partai, untuk melobi agar keputusan di Pansus RUU Pemilu bulat menyetujui penghapusan PT. "Saya akan temui ketua-ketua partai sehingga dipansus akan bulat," tegasnya.

Diketahui, Partai Hanura hanya memperoleh 16 kursi di parlemen pada Pemilu 2014 yang lalu. Artinya, perolehan kursi Hanura sebagai partai yang paling buntut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 17:48 WIB

Mendag Enggar Jamin Harga Pangan Terkendali Jelang Ramadhan

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menjamin bahwa menjelang masuknya bulan Ramadhan, harga dan stok pangan pokok dalam kondisi yang terkendali dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan oleh…

Mantan Direktur Utama Pertamina,Elia Massa Manik (ist)

Jumat, 20 April 2018 - 17:41 WIB

Lima Alasan Kementerian BUMN Copot Dirut Pertamina

- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPS LB) PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Jumat, mencopot Direktur Utama PT Pertamina…

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita

Jumat, 20 April 2018 - 17:00 WIB

TEI 2018 Incar Pasar Negara-Negara Afrika

Pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 mengincar peluang pasar yang ada di negara-negara Afrika dengan berupaya mendatangkan banyak pelaku usaha dari negara-negara…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Jumat, 20 April 2018 - 16:57 WIB

Dihadapan Mahasisawa Tandulako, Menperin Dorong Generasi Milenial Jadi Enterpreneur

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong generasi milenial khususnya di Provinsi Palu, Sulawesi Tengah untuk menjadi enterpreneur atau start-up muda.

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 20 April 2018 - 16:30 WIB

TEI 2018 Targetkan Transaksi 1,5 Miliar Dolar

Ajang pameran dagang terbesar Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 menargetkan total transaksi sebesar 1,5 mliar dolar Amerika Serikat (AS), dan diharapkan mampu meningkatkan kinerja ekspor Indonesia…