Semen Indonesia Bangun Fasilitas Sarana Air Bersih Untuk Tiga Desa di Rembang

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 Februari 2018 - 13:38 WIB

Semen Indonesia Bangun Fasilitas Air Bersih
Semen Indonesia Bangun Fasilitas Air Bersih

INDUSTRY.co.id - Rembang - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Semen Gresik membangun fasilitas sarana air bersih untuk masyarakat yang berada di 3 desa sekitar pabrik Rembang yakni Desa Kajar, Timbrangan dan Ngampel.

Pembangunan infrastruktur air bersih ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Direktur Utama Semen Gresik Mukhamad Saifudin dan Bupati Rembang Abdul Hafidz Di Dukuh Jatimalang Desa Kajar Kecamatan Gunem.

"Bantuan fasilitas sarana air bersih yang diberikan perusahaan kepada 3 desa tersebut berupa fasilias Pompa, Pipanisasi dan Tandon air. Biaya yang digunakan mencapai sebesar Rp600 juta," kata Direktur Utama Semen Gresik Mukhamad Saifudin di Rembang, Rabu (14/2/2018).

Ia mengatakan, pembangunan sarana air bersih di 3 desa dengan jumlah penduduk 600 KK atau 1800 jiwa dan ditargetkan rampung dalam waktu 45 hari kedepan. Air berasal dari sumber air yang sudah ada di desa Kajar dan Ngembel, Sedangkan untuk Desa Timbrangan berasal dari sumur bor warga.

Melalui bantuan infrastruktur sarana air bersih ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat utamanya untuk penyediaan pelayanan dasar masyarakat tentang air bersih, peningkatan kualitas kesehatan, meningkatkan budaya bersih di masyarakat, mengembangkan sanitasi lingkungan, ujarnya.

Untuk mewujudkan sarana air bersih dan sanitasi yang berkesinambungan dibutuhkan pengelola sarana yang mampu mengelola, mengoperasikan dan memelihara sarana tersebut dengan baik.

"Maka nantinya pengelola tersebut kami serahkan kepada masyarakat melalui BUMDES desa yang sudah terbentuk untuk pemerataan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkas Mukhamad Saifudin.

Sementara, Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, pemerintah Rembang sangat mengapresiasi atas bantuan yang diberikan Semen Indonesia. "Bantuan ini membuktikan komitmen Semen Indonesia untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pemerintah Kabupaten Rembang menyadari bahwa angka kemiskinan di Kabupaten Rembang cukup tinggi. Adanya perusahaan diharapkan dapat menggerakkan potensi ekonomi dan mengurangi kemiskinan. Bupati berharap masyarakat dapat mendukung adanya industri di Kabupaten Rembang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…