Revolusi Toilet, Cara Tibet Benahi Pariwisata

Oleh : Irvan AF | Kamis, 12 Januari 2017 - 14:05 WIB

Wisatawan berkunjung ke salah satu kuil di Lhasa, Tibet. (Johannes Eiselle/AFP)
Wisatawan berkunjung ke salah satu kuil di Lhasa, Tibet. (Johannes Eiselle/AFP)

INDUSTRY.co.id, Lhasa - "Revolusi toilet" siap dimulai tahun ini dengan penanaman modal besar di Wilayah Otonomi Tibet di bagian barat-daya China guna meningkatkan kondisi kebersihan dan mendorong pariwisata.

Wilayah tersebut akan menghabiskan 1,2 miliar yuan (US$173 juta) dalam pembangunan dan perbaikan 2.000 toilet pada 2017, kata Losang Jamcan, Ketua Pemerintah Regional seperti dilansir Xinhua, Kamis (12/1/2017).

Dalam satu dasawarsa belakangna, sebagian toilet kering di berbagai kota besar Tibet telah diganti dengan toilet siram, tapi toilet kering tetap ada di daerah pedesaan.

Sebanyak 2.000 toilet akan dibangun terutama di tempat wisatawa, di sepanjang jalan raya utama dan di tempat umum yang menjadi pusat warga lokal dan wisatawan, kata Sonam Nyima, Direktur Departemen Pembangunan Perkotaan-Pedesaan dan Perumahan Tibet.

Pengolahan sampah harus sejalan dengan keperluan perlindungan lingkungan hidup dan menjamin tak ada kerusakan lingkungan hidup, katanya.

Pemerintah Kota Shannan di Tibet Selatan berencana membuat 200 toilet baru di lokasi wisata pada tahun ini.

"Revolusi toilet" juga diselenggarakan di tempat lain China. Standard nasional mengharuskan toilet "bersih" di rumah pedesaan memiliki tembok, atap, pintu dan jendela dan setidaknya memiliki luas dua meter persegi.

Toilet tersebut boleh berupa toilet siram atau toilet kering dengan tangki penampungan di dalam tanah.(iaf/xin)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…