Konferensi Musik Indonesia (KAMI) Akan Digelar di Ambon

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 15 Februari 2018 - 09:58 WIB

Glenn Fredly, Dirut TVRI Helmi Yahya, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Dir. Pemberitaan TVRI. Apni Jaya. (Foto: AMZ)
Glenn Fredly, Dirut TVRI Helmi Yahya, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Dir. Pemberitaan TVRI. Apni Jaya. (Foto: AMZ)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,-- Untuk pertamakalinya Konperensi musik Indonesia (KAMI) akan digelar dalam rangka menata ekosistem permusikan di tanah air. Rencananya kegiatan yang akan melibatkan semua pemangku kepentingan dalam dunia musik ini  akan dilangsungkan di Kota Ambon, Provinsi Maluku, pada 7-9 Maret 2018 ini.

Glenn Fredly sebagai penggagas dan Ketua Komite KAMI mengatakan bahwa konferensi nanti akan membahas topik-topik umum seputar industri musik yang melibatkan pelaku musik dengan pemerintah. Hasilnya diharapkan mampu menciptakan pembaharuan tatanan ekosistem musik yang berkelanjutan. Sehingga menjadi salah satu kekuatan ekonomi kreatif Indonesia.

Selanjutnya Glenn  menjelaskan, KAMI 2018 nantinya bakal mengusung tema Raya Nada untuk Indonesia. Kemudian, pelaku dan peserta yang dilibatkan dalam konferensi tersebut terdiri dari tiga golongan, yakni pelaku musik, pemerhati musik, dan pemerintah, serta pengusaha. "Dibutuhkan kerja sama dan penting tidak hanya ekosistem musik, tapi pemerintah dan jajaran terkait, dari swasta juga," jelasnya.

Glenn menambahkan, banyak topik yang nantinya dibahas dalam KAMI 2018. Tetapi, fokusnya pada upaya memajukan musik sebagai kekuatan ekonomi Indonesia di masa mendatang. Di antaranya, tata keloka industri musik di era digital, musik dalam pemajuan kebudayaan, musik, diplomasi budaya, dan pariwisata, dan musik sebagai alat perdamaian dan pemersatu bangsa.

Selain agenda tersebut, masih banyak acara yang diadakan dalam KAMI 2018. Salah satunya yakni rencana kehadiran Presiden Joko Widodo, sekaligus merayakan Hari Musik Indonesia pada 9 Maret 2018.

Sementara itu Kepala badan Ekonomi Kreatif  mengatakan bahwa musik adalah salah satu kekayaan ekonomi kreatif Indonesia. Konferensi ini bagian dari berjuang memajukan ekosistem musik," ujarnya.

Direktur utama TVRI, Helmy Yahya menyambut gembira adanya gagasan menyelenggarakan Konperensi Musik Di Ambon. Pihaknya sebagai Lembaga Penyiaran Publik akan melakukan penayangan soal konferensi musik ini serta dukungan lainnya. “Pokoknya sesuai dengan misi TVRI yang akan menjadi penopang budaya bangsa, kita akan lakukan yang terbaik dengan segala keterbatasannya,” ujar Helmy yang baru menjabat Dirut selama 76 hari ini.

TVRI, lanjut Helmy, bahkan membuat dua acara khusus untuk menyambut Konferensi musik. “Ini sebagai bentuk dukungan kami. Sebaliknya kami juga mohon dukungan para musisi untuk kembali ikut mengisi acara-acara TVRI. Jangan lihat bayarannya tapi lihat manfaatnya,” pungkas mantan presenter sejumlah acara kuis dan variaety show lain. (AMZ)

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DFSK Glory 580

Rabu, 15 Agustus 2018 - 19:44 WIB

DFSK Glory 580 Raih Penghargaan The Most Tested Automobile di GIIAS 2018

Respon positif pengunjung GIIAS 2018 memotivasi DFSK untuk membuktikan komitmennya dalam menghadirkan produk berkualitas

Ilustrasi Palu Hakim (Foto Ist)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 19:30 WIB

KY Telah Usulkan 657 Hakim Diberikan Sanksi

Sejak pertama kali berdiri hingga Juni 2018, Komisi Yudisial (KY) telah mengusulkan penjatuhan sanksi kepada 657 orang hakim yang dinyatakan terbukti melanggar Kode Etik dan Pedoman Perilaku…

Foto Ilustrasi Pabrik Rokok

Rabu, 15 Agustus 2018 - 19:00 WIB

Kebijakan Penyederhanaan Pastikan Persaingan Sehat Industri Rokok

Anggota Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat Ahmad Najib mengatakan bahwa kebijakan penyederhanaan struktur tarif cukai rokok bertujuan memastikan persaingan sehat antarpabrikan rokok.

Pertamina (Foto: Ist)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 19:00 WIB

Tekan Impor, Pertamina Diwajibkan Beli Minyak Mentah Seluruh Indonesia

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewajibkan PT Pertamina (Persero) untuk membeli minyak mentah yang menjadi jatah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di Indonesia…

Konferensi E-commerce Exabytes eCommerce Conference 2018 Digelar di Indonesia

Rabu, 15 Agustus 2018 - 18:54 WIB

Pertama kali, Konferensi E-commerce Exabytes eCommerce Conference 2018 Digelar di Indonesia

Exabytes eCommerce Conference (EEC) 2018, sebuah konferensi eCommerce tahunan yang mempertemukan para pemain besar eCommerce terkemuka dan inspiratif, resmi di gelar untuk pertama kalinya di…