Australian International Coffee Awards Kembali Digelar

Oleh : Irvan AF | Kamis, 12 Januari 2017 - 07:49 WIB

Ilustrasi penyajian kopi. (Jeremy Piper/Bloomberg via Getty Images)
Ilustrasi penyajian kopi. (Jeremy Piper/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Melbourne - Pendaftaran untuk ajang Australian International Coffee Awards (AICA) 2017 telah dibuka. Menjawab tren industri, inovasi dan tingginya minat dari pasar, AICA 2017 akan menghadirkan kelas Immersion Coffee yang menggantikan kelas Plunger and Syphon.

Mengacu pada besarnya respon publik, kelas ini akan menggunakan metode Clever Coffee Dripper karena metode ini dikenal sebagai teknik penyeduhan kopi yang dapat menghasilkan racikan kopi yang murni presisi dan konsisten.

Melissa Caia, Sensory Judge bersertifikasi World Coffee Events untuk ajang World Barista Championship dan Manager Coffee Academy akan bertindak sebagai Juri Kepala AICA. Dia mengatakan kalau penggunaan metode penyeduhan baru ini akan memungkinkan jajaran juri untuk merasakan sampel kopi yang lebih konsisten pada tahapan pencicipan.

"Tentunya sangatlah penting bagi kita untuk mengimplementasikan berbagai teknik dan peralatan penyeduhan serta barista terbaik selama tahapan penjurian untuk memastikan para juri dapat menilai tiap sajian kopi dengan akurat sesuai kriteria penilaian, dan untuk memperkuat kredibilitas dan reputasi ajang penghargaan ni," ujar Caia.

Untuk menjaga kualitas penyeduhan selama kompetisi ini, Queensland Barista Champion 2015 dan Technical Operations Manager of Pullman Espresso Accessories, Adam Metelmann ditunjuk sebagai Head Barista untuk ajang ini, yang akan memimpin tim barista profesional terpilih.

AICA adalah kompetisi coffee roasting bertaraf internasional pertama dan satu-satunya di Australia, yang diikuti oleh 658 peserta dari 143 coffee roaster dalam (Australia) dan luar negeri pada 2016, yang diantaranya meliputi Selandia Baru, Malaysia, Hong Kong, Indonesia, Singapura, Kanada, AS, dan Inggris.

Melalui ajang ini, para partisipan akan dapat mengukur kualitas produk kopi mereka dengan standar industri, memperoleh tanggapan dari para pakar industri independen, memasarkan kopi mereka yang berkualitas yang dibuktikan dengan penghargaan atau piala, dan mempromosikan produk-produk mereka ke berbagai event terkait.

Pendaftaran mulai dibuka hari ini hingga Jumat 24 Februari 2017.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 09:20 WIB

IHSG Dalam Zona Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG masih akan bergerak pada zona negatif meskipun terbatas dengan rentan pergerakan 5781-5903. Saham-saham yang masih dapat…

Gondola Climbing

Rabu, 26 September 2018 - 08:50 WIB

Jebsen &Jessen; dan Solusinya Industri Indonesia untuk Tingkatkan National Competitiveness

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Chairman Jebsen & Jessen (SEA), Heinrich Jessen mengemukakan bahwa group perusahaan memberikan dukungan terhadap agenda pertumbuhan ekonomi…

Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Rabu, 26 September 2018 - 08:20 WIB

Gandeng PMI, Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Samsung Peduli Lombok Bersama PMI Bangun 500 Hunian Sementara, Pengadaan 200.000 liter Air Bersih, dan Layanan Kesehatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Rabu, 26 September 2018 - 08:02 WIB

Menteri PUPR Dukung BUMN Karya Kembangkan Sayap Go International

Kemampuan memenuhi standar mutu internasional diperlukan untuk meningkatkan ekspor jasa konstruksi nasional. Salah satu negara yang telah menjadi tujuan ekspor jasa konstruksi Indonesia adalah…

TP-Link Hadirkan Rangkaian Produk Inovatif

Rabu, 26 September 2018 - 07:54 WIB

Maksimalkan Internet of Things, TP-Link Hadirkan Rangkaian Produk Inovatif

Kehadiran IoT yang Didukung Perangkat Internet Canggih Membuat Aktivitas Manusia Menjadi Semakin Mudah