Australian International Coffee Awards Kembali Digelar

Oleh : Irvan AF | Kamis, 12 Januari 2017 - 07:49 WIB

Ilustrasi penyajian kopi. (Jeremy Piper/Bloomberg via Getty Images)
Ilustrasi penyajian kopi. (Jeremy Piper/Bloomberg via Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Melbourne - Pendaftaran untuk ajang Australian International Coffee Awards (AICA) 2017 telah dibuka. Menjawab tren industri, inovasi dan tingginya minat dari pasar, AICA 2017 akan menghadirkan kelas Immersion Coffee yang menggantikan kelas Plunger and Syphon.

Mengacu pada besarnya respon publik, kelas ini akan menggunakan metode Clever Coffee Dripper karena metode ini dikenal sebagai teknik penyeduhan kopi yang dapat menghasilkan racikan kopi yang murni presisi dan konsisten.

Melissa Caia, Sensory Judge bersertifikasi World Coffee Events untuk ajang World Barista Championship dan Manager Coffee Academy akan bertindak sebagai Juri Kepala AICA. Dia mengatakan kalau penggunaan metode penyeduhan baru ini akan memungkinkan jajaran juri untuk merasakan sampel kopi yang lebih konsisten pada tahapan pencicipan.

"Tentunya sangatlah penting bagi kita untuk mengimplementasikan berbagai teknik dan peralatan penyeduhan serta barista terbaik selama tahapan penjurian untuk memastikan para juri dapat menilai tiap sajian kopi dengan akurat sesuai kriteria penilaian, dan untuk memperkuat kredibilitas dan reputasi ajang penghargaan ni," ujar Caia.

Untuk menjaga kualitas penyeduhan selama kompetisi ini, Queensland Barista Champion 2015 dan Technical Operations Manager of Pullman Espresso Accessories, Adam Metelmann ditunjuk sebagai Head Barista untuk ajang ini, yang akan memimpin tim barista profesional terpilih.

AICA adalah kompetisi coffee roasting bertaraf internasional pertama dan satu-satunya di Australia, yang diikuti oleh 658 peserta dari 143 coffee roaster dalam (Australia) dan luar negeri pada 2016, yang diantaranya meliputi Selandia Baru, Malaysia, Hong Kong, Indonesia, Singapura, Kanada, AS, dan Inggris.

Melalui ajang ini, para partisipan akan dapat mengukur kualitas produk kopi mereka dengan standar industri, memperoleh tanggapan dari para pakar industri independen, memasarkan kopi mereka yang berkualitas yang dibuktikan dengan penghargaan atau piala, dan mempromosikan produk-produk mereka ke berbagai event terkait.

Pendaftaran mulai dibuka hari ini hingga Jumat 24 Februari 2017.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisata Kapal Layar (Foto ist)

Selasa, 20 November 2018 - 11:29 WIB

Nias Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatra Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2018.

Logo Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) (hukumonline)

Selasa, 20 November 2018 - 11:06 WIB

YLKI Terima 72 Aduan Terkait Fintech

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengaku telah menerima 72 pengaduan konsumen terkait layanan finansial teknologi sepanjang tahun 2018. Dan tercatat ada 29 Fintech yang diadukan kepada…

CEO Bank Sleman, Muhammad Sigit (tengah), menerima Penghargaan Bank Terbaik, yang diserahkan Pendiri Indonesia-Asia Institute - Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM dan disaksikan oleh Ketua Dewan Juri-APBI-VII-2018 Prof.Dr.Ir.Marsudi W

Selasa, 20 November 2018 - 11:02 WIB

Inilah Perbankan Terbaik Indonesia Peraih APBI-VII-2018 & ABPRI-VI-2018

Era Disrupsi digital membuat bank harus mengubah cara berpikir, sehingga lebih dinamis dalam dan aktif mencari konsumen, untuk terus berinovasi dalam menghadapi disrupsi Digital. Inilah perusahaan…

Kemenpar branding Wonderful Indonesia melalui bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.

Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Makin Agresif, Bus Wisata Wonderful Indonesia Keliling Australia

Promosi Wonderful Indonesia tidak henti-hentinya dilakukan Kementerian Pariwisata. Kali ini Australia menjadi target. Caranya, dengan mem-branding bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.…

Di ajang Indonesia Modification Expo 2018, Suzuki pamerkan Suzuki All New Ertiga berjiwa muda dan dinamis

Selasa, 20 November 2018 - 10:26 WIB

Suzuki All New Ertiga Tampil Trendi dan Berjiwa Muda di Ajang Modifikasi Expo

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali hadir dalam ajang Indonesia Modification Expo 2018. Dalam ajang kali ini Suzuki berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day untuk menyulap tampilan All New…