Pengusaha Industri Logistik Keluhkan Tingginya Biaya Labuh

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 Februari 2018 - 11:41 WIB

Ilustrasi kapal (Ist)
Ilustrasi kapal (Ist)

INDUSTRY.co.id - Makassar- Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat mendorong pertumbuhan ekonomi dengan cara meningkatkan efisiensi biaya labuh yang dinilainya sangat membebani karena tingginya biaya tersebut.

"Tarif jasa labuh di Indonesia ini yang termahal di Asia Tenggara. Makanya, melalui rapat kerja ini kita mengharapkan efisiensi biaya bisa menjadi perhatian dari para pemangku kepentingan," ujar Ketua ALFI Sulselbar, Syaifuddin Ipho di Makassar, Selasa (13/2/2018)

Ia mengatakan, tarif jasa biaya labuh menjadi perhatian dari semua pengusaha, apalagi Menteri Perhubungan Budi juga mendukung adanya rencana pemangkasan tarif jasa labuh serta beberapa jenis tarif yang menjadi komponen penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Ipho menjelaskan, rapat kerja dengan menghadirkan dewan pengurus wilayah seluruh Indonesia ini juga membahas tentang akselerasi logistik dan konektivitas perdagangan yang efesien di Indonesia timur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan menekankan pada kompetensi SDM dan inovasi layanan logistik sebagai penggerak perusahaan logistik nasional yang tangguh, harapannya akan banyak muncul hasil-hasil rekomendasi," katanya seperti dilansir Antara.

Lebih lanjut, Ipho menambahkan, dalam raker juga akan ada penyampaian dari masing-masing wilayah tentang apa saja yang menjadi masalah dalam hal pengiriman logistik sehingga nantinya bisa dicarikan solusinya.

Di tempat yang sama kepala dinas perdagangan Sulawesi Selatan Hadi Basalamah mengatakan bahwa logistik menjadi kontribusi besar bagi PDB Indonesia dan hari ini menjadi pertemuan yang baik untuk membahas logistik khususnya di Indonesia bagian timur.

"Jadi bagaimana mendekatkan dan mengefisiensikan biaya-biaya logistik antara kita yang di bagian timur dengan Indonesia menjadi harapan dari sulsel yang kita usulkan untuk dibahas di raker ini" ucap Hadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…