AMD Hadirkan Pengolah Grafis Terintegrasi Terkuat di Dunia Pada Prosesor Desktop

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Februari 2018 - 18:00 WIB

RYZEN5 vega
RYZEN5 vega

INDUSTRY.co.id - Jakarta - AMD memperkenalkan pengolah grafis terkuat di dunia yang terintegrasi pada prosesor desktop dengan merilis dua prosesor desktop Ryzen dengan model built-in grafis Radeon Vega1. 

Kini tersedia, prosesor AMD Ryzen 5 2400G dan AMD Ryzen 3 2200G yang menggabungkan keempat core CPU terbaru "Zen" dengan arsitektur mutakhir Radeon "Vega" pada satu chip, menawarkan performa sistem dan grafis mumpuni yang dibanderol dengan harga Rp 2,399 Juta dan Rp 1,499 Juta.

“Ketika kami meluncurkan prosesor Ryzen pertama kami setahun yang lalu, kami mulai mengambil alih kemudi inovasi dan kompetisi di seluruh pasar PC. Kami tetap mendedikasikan diri kami pada misi ini sepanjang tahun 2018, saat kami memperkuat portofolio Ryzen kami dengan menambahkan dua APU kelas atas yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna PC dewasa ini," kata Jim Anderson, senior vice president and general manager, Computing and Graphics Business Group, AMD melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Selasa (13/2/2018). 

Ia menambahkan, APU Desktop AMD Ryzen merupakan contoh sempurna dari inovasi yang kami berikan ke pasar bagi para pengguna umum dan pengguna komersial. "Tergabung dari arsitektur GPU dan CPU berperforma tinggi, kategori baru prosesor Ryzen desktop ini dirancang untuk memberikan pengalaman komputasi menyeluruh yang halus, juga kemampuan untuk menikmati true 1080p HD gaming, eSports, maupun fitur-fitur display tingkat lanjut melalui kejelian visual dari grafis built-in Radeon Vega," katanya.

Sebuah fitur tingkat lanjut untuk lebih meningkatkan performa dari APU desktop Ryzen. Teknologi AMD SenseMI yang telah ditingkatkan memampukan penggunaan daya lebih rendah pada frekuensi yang lebih tinggi dan pengurangan memori laten. 

APU baru ini juga mendukung Precision Boost 2, sebuah alogaritma multi-core boost yang memampukan frekuensi lebih tinggi pada gaming dan aplikasi real-world. Juga, dengan grafis built-innya, prosesor-prosesor baru ini cocok dengan teknologi Radeon FreeSync dan display yang sesuai untuk dengan mudah memperhalus gameplay.

Prosesor Ryzen 5 2400G memberikan Performa grafis pada sebuah prosesor yang setara dengan kombinasi dari Intel Core i5-8400 seharga US$199 dan GPU gaming discrete NVIDIA GeForce GT 1030 seharga US$89. 

Performa grafis hingga156% lebih tinggi dari Intel Core i5-8400, Performa sistem hingga 21% lebih tinggi dari Intel Core i5-8400 dan Performa grafis hingga 39% lebih cepat ketika sudah dioverclock.

APU Desktop Ryzen mendukung infrastruktur Soket AM4 seperti CPU-CPU Desktop Ryzen. Adapun, prosesor ini cocok dengan ekosistem AM4 yang telah ada pada lebih dari 120 motherboards, dan hanya membutuhkan sebuah update simpel pada BIOSnya.

Seperti semua prosesor-prosesor Desktop AMD Ryzen, APU Desktop Ryzen memiliki tuning performa yang tidak terkunci baik pada penyetelan CPU, DRAM, maupun GPU melalui pengaturan overclocking AMD Ryzen Master untuk memampukan performa yang lebih jauh lagi bagi para pengguna yang mengapresiasi kebebasan untuk overclock.

Prosesor Desktop Ryzen dengan Grafis Radeon Vega sudah tersedia di seluruh dunia melalui retailers (penjual retail online) dan retailer bersama dengan banyak pilihan motherboard-motherboard AM4 yang tersedia di pasaran. Sistem OEM menarik yang ditenagai oleh Prosesor Desktop Ryzen dengan Grafis Radeon Vega diharapkan untuk hadir di pasaran pada bulan-bulan mendatang. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pabrik Elektronik

Jumat, 19 Oktober 2018 - 20:10 WIB

Kemenperin Dorong Penguatan Struktur Industri Elektronika Lewat Investasi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong penguatan struktur industri elektronika di dalam negeri melalui peningkatan investasi.

Kementerian PUPR Serah Terima Hibah Aset Senilai Rp 1,86 Triliun

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:22 WIB

Kementerian PUPR Serah Terima Hibah Aset Senilai Rp 1,86 Triliun

Aset tersebut adalah infrastruktur permukiman yang telah selesai dibangun oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya dan dikelola oleh Pemerintah Daerah/Lembaga.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:10 WIB

Pangkas Impor 20 Persen, Kemenperin Tingkatkan Suplai Bahan Baku Industri Komponen Elektronik

Salah satu unit pelayanan teknis (UPT) Kementerian Perindustrian, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung, berkomitmen melakukan penguatan terhadap industri komponen elektronika di…

Kementerian Kesehatan peringati Hari Osteoporosis

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:05 WIB

Cegah Osteoporosis Sejak Dini, Kementerian Kesehatan Ajak Masyarakat Indonesia Hidup Aktif Mulai dari Diri Sendiri

Sebagai rangkaian dari Hari Osteoporosis 2018. Kementerian Kesehatan RI mengadakan senam rekreasi bersama di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Borobudur Menteng, Jakarta Pusat.

Mola tv

Jumat, 19 Oktober 2018 - 19:00 WIB

Mola TV Memenangkan Hak Eksklusif Siarkan Premier League di Indonesia dan Timor Leste

Mola TV, perusahaan media AS-Indonesia yang baru saja dibentuk, telah memenangkan hak eksklusif untuk menyiarkan Premier League di Indonesia dan Timor Leste dan akan menyiarkan Premier League…