Revisi Pajak Otomotif, Giring Pemilik Motor Beralih Beli Mobil

Oleh : Ridwan | Selasa, 13 Februari 2018 - 17:30 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto Menghadiri Seremoni Perakitan Pertama Unit Mercedes Benz E-Class (Ridwan/INDUSTRY.co.id)
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto Menghadiri Seremoni Perakitan Pertama Unit Mercedes Benz E-Class (Ridwan/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Revisi pajak produk otomotif, khususnya mobil sedan diprediksi akan menggoda pemilik motor untuk beralih membeli mobil.

Hal tersebut disampaikan Mentreri Perindustrian, Airlangga Hartarto seusai menghadiri acara "Breakfast Meeting" yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Inggris, British Chamber di Jakarta, Selasa (13/2/2018).

"Pasar otomotif motor itu sampai 7 juta. Tentu dengan peningkatan kemampuan dan daya beli, nanti ada migrasi pemilik motor ke sedan dengan harga yang lebih kompetitif," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan paket revisi pajak sedan ditargerkan selesai akhir Februari 2018. Dengan adanya revisi tersebut kemungkinan harga mobil sedan akan menjadi lebih murah dengan harga saat ini.

"Revisi tersebut dilakukan untuk meningkatkan utilisasi pabrik otomotif yang saat ini memiliki kapasitas produksi hingga 2 juta unit namun baru efektif sekitar 1,4 juta unit per tahun," terangnya.

Selain itu, revisi perpajakan itu diyakini mampu meningkatkan ekspor produk otomotif dalam negeri, di mana permintaan kendaraan berbagai negara di luar Indonesia lebih banyak untuk jenis sedan.

"Dengan adanya insentif maka kapasitasnya akan naik, karena yang diproduksi di Indonesia kan kebanyakan MPV (Multi Purpose Vehicle) dan SUV (Sport Utility Vehicle). Sedangkan, keperluan dunia itu ke sedan," tegas Airlangga.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian telah mengusulkan kepada Kementerian Keuangan melakukan revisi pajak sedan agar mobil ini tak dimasukan dalam kategori kendaraan mewah.

"Kami ingin revisi struktur perpajakan industri otomotif, termasuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah. Kami berharap untuk sedan tak lagi jadi barang mewah," katanya.

Menurutnya, jika tarif PPnBM sedan bisa diturunkan dan setara dengan produk mobil jenis lain, harga jualnya akan lebih terjangkau untuk pasar Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.