Tren FullView Display dan Bezel-less Masih Jadi Andalan Smartphone Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Februari 2018 - 16:27 WIB

Smartphone FullView dan Bezel-less
Smartphone FullView dan Bezel-less

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tren layar smartphone penuh FullView Display semakin ramai dipasar global. Layar smartphone yang lebih lebar ini tentunya didukung oleh aspect ratio, atau perbandingan antara panjang dan lebar smartphone, yang berubah, dari umumnya 16:9, menjadi 18:9.

Bezel atau bingkai pun bukan hanya memperkuat struktur smartphone, namun juga memberi tempat bagi kamera depan, dan tombol navigasi. Kini, dengan inovasi desain bezel-less, area bezel dikurangi untuk membuat area layar dapat diperbesar, tanpa meningkatkan ukuran smartphone.

Selain itu, menghilangkan tombol fisik yang biasa terdapat dibawah layar, desain bezel-less membuat area layar dapat semakin lebar. Beberapa brand seperti Vivo dengan V7 mengangkat fitur Bezel-less “FullView Display”sebagai salah satu keunggulan utamanya. Resmi memperkenalkan FullView Display di penghujung tahun lalu, Vivo V7 juga mengintegrasikan layar Bezel-Less 18:9 ini dengan customized optimization pada game mode. 

Bukan hanya basis teknologi, hadirnya smartphone dengan Bezel-less 18:9 juga didorong oleh perubahan tren konsumen global.  Beberapa perubahan tersebut, antara lain:

Meningkatnya konten video

Berdasarkan riset YouTube, jumlah jam yang dihabiskan untuk menonton video meningkat hingga 60% per-tahunnya, dengan pertumbuhan tercepat pada 2 tahun terakhir. Seiring dengan perkembangan Konsumen semakin terbiasa menggunakan smartphone secara vertikal, dan membutuhkan layar smartphone yang lebih lebar. Rasio 18:9 atau 2:1 membuat lebar smartphone menjadi 2X panjang layar dan tentunya, semakin menunjang aktivitas menonton video.

Mobile Gaming

Sama seperti video streaming, aktivitas bermain game di smartphone juga dilakukan secara vertikal, dari game sederhana  hingga Multiplayer Online Based Arena. Rasio layar 8:9 membuat area permainan tampil lebih optimal, dan untuk tipe game petualangan atau Battle. Dengan ukuran smartphone saat ini umumnya 5.5 inci, Membuat smartphone bezel-less rasio 18:9 tetap nyaman digenggam, namun menghadirkan visual lebih maksimal.

Kebutuhan Multitasking

Melakukan beberapa aktivitas sekaligus pada smartphone dalam satu waktu, bukan hal baru saat ini.Android Nougat membuat fitur layar-ganda atau screen-splitsemakin umum digunakan, misalnya chatting sambil streaming. Layar 5.5 inci dengan rasio 16:9 tentu saja membuat pengguna harus lebih fokus untuk mencegah kesalahan pengetikan, atau ukuran konten yang terlalu kecil. Layar smartphone 18:9 membuat tampilan konten 12.5% lebih banyak, dan tentu saja membuat area keyboard semakin luas untuk mengurangi kesalahan pengetikan.

Tren smartphone 18:9 bezel-Less diprediksi masih akan berlanjut sebagai salah satu desain yang akan terus hadir. Disatu sisi, beberapa brand smartphone global sepertinya sedang bersiap untuk menghadirkan inovasi selanjutnya untuk layar. Smartphone dengan layar almost-zerobezel pun dirumorkan akan meramaikan pasar smartphone tahun ini. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:46 WIB

Ke Ternate, Menteri BUMN Tinjau Kondisi Korban KMP Bandeng

Pasca insiden karamnya Kapal Motor Penumpang (KMP) Bandeng milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) di perairan Loloda, Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara pada Rabu (15/8) lalu, Menteri Badan…

Presiden Jokowi dan Ibu negara Iriana Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 18:39 WIB

Gubernur Olly Akui Presiden Jokowi Perhtikan Kesejahteraan Veteran

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang memperhatikan kesejahteraan seluruh veteran di Indonesia dengan menaikkan tunjangan kehormatan sebesar…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…