Tren FullView Display dan Bezel-less Masih Jadi Andalan Smartphone Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Februari 2018 - 16:27 WIB

Smartphone FullView dan Bezel-less
Smartphone FullView dan Bezel-less

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tren layar smartphone penuh FullView Display semakin ramai dipasar global. Layar smartphone yang lebih lebar ini tentunya didukung oleh aspect ratio, atau perbandingan antara panjang dan lebar smartphone, yang berubah, dari umumnya 16:9, menjadi 18:9.

Bezel atau bingkai pun bukan hanya memperkuat struktur smartphone, namun juga memberi tempat bagi kamera depan, dan tombol navigasi. Kini, dengan inovasi desain bezel-less, area bezel dikurangi untuk membuat area layar dapat diperbesar, tanpa meningkatkan ukuran smartphone.

Selain itu, menghilangkan tombol fisik yang biasa terdapat dibawah layar, desain bezel-less membuat area layar dapat semakin lebar. Beberapa brand seperti Vivo dengan V7 mengangkat fitur Bezel-less “FullView Display”sebagai salah satu keunggulan utamanya. Resmi memperkenalkan FullView Display di penghujung tahun lalu, Vivo V7 juga mengintegrasikan layar Bezel-Less 18:9 ini dengan customized optimization pada game mode. 

Bukan hanya basis teknologi, hadirnya smartphone dengan Bezel-less 18:9 juga didorong oleh perubahan tren konsumen global.  Beberapa perubahan tersebut, antara lain:

Meningkatnya konten video

Berdasarkan riset YouTube, jumlah jam yang dihabiskan untuk menonton video meningkat hingga 60% per-tahunnya, dengan pertumbuhan tercepat pada 2 tahun terakhir. Seiring dengan perkembangan Konsumen semakin terbiasa menggunakan smartphone secara vertikal, dan membutuhkan layar smartphone yang lebih lebar. Rasio 18:9 atau 2:1 membuat lebar smartphone menjadi 2X panjang layar dan tentunya, semakin menunjang aktivitas menonton video.

Mobile Gaming

Sama seperti video streaming, aktivitas bermain game di smartphone juga dilakukan secara vertikal, dari game sederhana  hingga Multiplayer Online Based Arena. Rasio layar 8:9 membuat area permainan tampil lebih optimal, dan untuk tipe game petualangan atau Battle. Dengan ukuran smartphone saat ini umumnya 5.5 inci, Membuat smartphone bezel-less rasio 18:9 tetap nyaman digenggam, namun menghadirkan visual lebih maksimal.

Kebutuhan Multitasking

Melakukan beberapa aktivitas sekaligus pada smartphone dalam satu waktu, bukan hal baru saat ini.Android Nougat membuat fitur layar-ganda atau screen-splitsemakin umum digunakan, misalnya chatting sambil streaming. Layar 5.5 inci dengan rasio 16:9 tentu saja membuat pengguna harus lebih fokus untuk mencegah kesalahan pengetikan, atau ukuran konten yang terlalu kecil. Layar smartphone 18:9 membuat tampilan konten 12.5% lebih banyak, dan tentu saja membuat area keyboard semakin luas untuk mengurangi kesalahan pengetikan.

Tren smartphone 18:9 bezel-Less diprediksi masih akan berlanjut sebagai salah satu desain yang akan terus hadir. Disatu sisi, beberapa brand smartphone global sepertinya sedang bersiap untuk menghadirkan inovasi selanjutnya untuk layar. Smartphone dengan layar almost-zerobezel pun dirumorkan akan meramaikan pasar smartphone tahun ini. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.

Dirut BTN Maryono (Fot Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:00 WIB

Himbara: Industri Perbankan Memerlukan Pengaturan Suku Bunga Deposito

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memandang saat ini industri perbankan masih memerlukan pengaturan suku bunga deposito agar tidak terjadi perlombaan kenaikan suku bunga yang "tidak kondusif"…

Ilustrasi Gula Rafinasi (ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 06:00 WIB

Kemenperin: Kebutuhan GKR untuk Industri Naik 6 Persen per Tahun

Kementerian Perindustrian memproyeksi kebutuhan gula kristal rafinasi (GKR) untuk sektor industri makanan dan minuman serta industri farmasi naik sebesar 5-6 persen per tahun.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:30 WIB

BCA Pastikan Akuisisi Bank Kecil Selesai Tahun Ini

PT Bank Central Asia Tbk memastikan proses akuisisi bank umum kegiatan usaha I (BUKU I) atau bank bermodal di bawah Rp1 triliun akan selesai pada tahun ini, setelah rencana tersebut tak kunjung…

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 05:00 WIB

Garuda Sudah Turunkan Tarif di Sejumlah Rute

PT Garuda Indonesia sudah menurunkan tarif penerbangan di sejumlah rute menyusul hasil konsolidasi Kementerian Perhubungan dan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Inaca) soal lonjakan…