Tren FullView Display dan Bezel-less Masih Jadi Andalan Smartphone Tahun Ini

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Februari 2018 - 16:27 WIB

Smartphone FullView dan Bezel-less
Smartphone FullView dan Bezel-less

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tren layar smartphone penuh FullView Display semakin ramai dipasar global. Layar smartphone yang lebih lebar ini tentunya didukung oleh aspect ratio, atau perbandingan antara panjang dan lebar smartphone, yang berubah, dari umumnya 16:9, menjadi 18:9.

Bezel atau bingkai pun bukan hanya memperkuat struktur smartphone, namun juga memberi tempat bagi kamera depan, dan tombol navigasi. Kini, dengan inovasi desain bezel-less, area bezel dikurangi untuk membuat area layar dapat diperbesar, tanpa meningkatkan ukuran smartphone.

Selain itu, menghilangkan tombol fisik yang biasa terdapat dibawah layar, desain bezel-less membuat area layar dapat semakin lebar. Beberapa brand seperti Vivo dengan V7 mengangkat fitur Bezel-less “FullView Display”sebagai salah satu keunggulan utamanya. Resmi memperkenalkan FullView Display di penghujung tahun lalu, Vivo V7 juga mengintegrasikan layar Bezel-Less 18:9 ini dengan customized optimization pada game mode. 

Bukan hanya basis teknologi, hadirnya smartphone dengan Bezel-less 18:9 juga didorong oleh perubahan tren konsumen global.  Beberapa perubahan tersebut, antara lain:

Meningkatnya konten video

Berdasarkan riset YouTube, jumlah jam yang dihabiskan untuk menonton video meningkat hingga 60% per-tahunnya, dengan pertumbuhan tercepat pada 2 tahun terakhir. Seiring dengan perkembangan Konsumen semakin terbiasa menggunakan smartphone secara vertikal, dan membutuhkan layar smartphone yang lebih lebar. Rasio 18:9 atau 2:1 membuat lebar smartphone menjadi 2X panjang layar dan tentunya, semakin menunjang aktivitas menonton video.

Mobile Gaming

Sama seperti video streaming, aktivitas bermain game di smartphone juga dilakukan secara vertikal, dari game sederhana  hingga Multiplayer Online Based Arena. Rasio layar 8:9 membuat area permainan tampil lebih optimal, dan untuk tipe game petualangan atau Battle. Dengan ukuran smartphone saat ini umumnya 5.5 inci, Membuat smartphone bezel-less rasio 18:9 tetap nyaman digenggam, namun menghadirkan visual lebih maksimal.

Kebutuhan Multitasking

Melakukan beberapa aktivitas sekaligus pada smartphone dalam satu waktu, bukan hal baru saat ini.Android Nougat membuat fitur layar-ganda atau screen-splitsemakin umum digunakan, misalnya chatting sambil streaming. Layar 5.5 inci dengan rasio 16:9 tentu saja membuat pengguna harus lebih fokus untuk mencegah kesalahan pengetikan, atau ukuran konten yang terlalu kecil. Layar smartphone 18:9 membuat tampilan konten 12.5% lebih banyak, dan tentu saja membuat area keyboard semakin luas untuk mengurangi kesalahan pengetikan.

Tren smartphone 18:9 bezel-Less diprediksi masih akan berlanjut sebagai salah satu desain yang akan terus hadir. Disatu sisi, beberapa brand smartphone global sepertinya sedang bersiap untuk menghadirkan inovasi selanjutnya untuk layar. Smartphone dengan layar almost-zerobezel pun dirumorkan akan meramaikan pasar smartphone tahun ini. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Asosiasi Wartawan Korea (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:37 WIB

Wartawan Negeri K-Pop Kunjungi Pulau Bali

Presiden Asosiasi Wartawan Korea Jung Kyu Sung disertai sembilan orang wartawan Korea Selatan saat ini tengah berada di Pulau Dewata. Selama tujuh hari, 24-31 Mei, para wartawan negeri K-Pop…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.